Liburan ke Thailand Butuh Uang Berapa?

Salah satu lokasi liburan di Thailand
Liburan ke Thailand Butuh Uang Berapa? Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Bagi sebagian orang, berlibur ke luar negri menjanjikan pengalaman tersendiri. Banyak sekali orang yang menginginkan untuk berwisata ke luar negeri namun terbebani dengan biaya, karena pasti akan mengira bahwa berwisata keluar negeri akan menelan biaya yang sangat besar.

Walaupun budget tetap harus dipersiapkan dengan matang, namun mahal atau tidaknya budget yang dihabiskan sepanjang berlibur termasuk luar negeri adalah tergantung kamu sendiri sebagai wisatawannya.

Di sini kami akan membahas tentang Thailand sebagai destinasi liburan dan menjawab pertanyaan liburan ke Thailand butuh uang berapa?

Berlibur murah ke Thailand

Mengenai biaya yang akan kamu habiskan selama liburan sebagian besar dipengaruhi oleh kebutuhan dan gaya liburan kamu sendiri. Secara umum jenis liburan seringkali dikenal dan diklasifikasikan menjadi dua macam,yaitu gaya liburan ala backpacker dan ala mewah.

Dua jenis gaya liburan tersebut adalah berdasarkan dengan jumlah budget yang disiapkan sehingga berpengaruh juga terhadap jenis akomodasi dan fasilitas yang dipilih selama berlibur. Ketika gaya liburan mewah memilih transportasi udara dengan kelas bisnis dan eksekutif serta memilih tinggal hotel yang mewah dengan segala fasilitas kelas satunya, gaya backpacker adalah berkebalikannya.

Kini gaya backpacker pun mulai banyak diminati karena dengan liburan yang serba terjangkau bukan berarti jauh dari kenyamanan liburan. Kini semakin banyak pilihan liburan dengan harga serba terjangkau namun tetap dapat dinikmati.

Jika ditanya kemana masyarakat Indonesia merencanakan liburannya, maka banyak sekali dari mereka yang ingin pergi mengunjungi Thailand, dan tidak salah karena Thailand dapat menyuguhkan wisata yang murah dan tetap dengan predikat ‘luar negri’. Lalu liburan ke Thailand butuh uang berapa?

Dikenal sebagai salah satu negara ‘termurah’ dalam hal wisata, tak heran Thailand menjadi salah satu destinasi wisata luar negeri andalan wisatawan Indonesia. Negara yang terkenal akan street food nya ini memiliki berbagai destinasi untuk para wisatawan contohnya adalah Bangkok, Pattaya dan Phuket.

Belum lagi tahun 2022 ini akan ada kunjungan dari dua tim raksasa liga Inggris, yaitu Liverpool dan Manchester United. Keduanya akan menggelar laga persahabatan di Stadion Rajamangala, Bangkok, 12 Juli 2022. Ini merupakan bagian dari tur pramusim ke Asia Tenggara yang sering dilakukan oleh banyak tim besar di Eropa.

Gimana TemanKlik? Makin tertarik untuk berlibur ke Thailand bukan? Nah untuk yang ingin tahu rancangan budget berwisata ke Thailand, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini ya!

Baca juga: Liburan Pake Kartu Kredit? Ini Untung dan Ruginya

Rancangan Budget Liburan ke Thailand

Untuk mengetahui dan menjawab pertanyaan liburan ke Thailand butuh uang berapa, mari kita analisis elemennya satu persatu.

  • Budget Transportasi

Untuk wisatawan dari Indonesia, pilihan pesawat untuk ke Thailand ada 2 yaitu penerbangan langsung dan transit yang harganya bervariasi tergantung dari maskapai dan bandara take off nya. Harga tiket penerbangan langsung bisa kamu dapatkan mulai dari 1 jutaan. Atau jika mendapatkan promo-promo manfaatkan ya agar bisa lebih murah.

  • Budget akomodasi

Kamu pasti paham bahwa biaya menginap adalah salah satu faktor yang dapat membuat biaya liburan membengkak. Tidak perlu khawatir karena di Thailand banyak sekali pilihan penginapan dengan harga yang bermacam-macam dan dapat kamu sesuaikan dengan budget liburanmu.

Jika kamu pandai mencari di aplikasi travel bahkan kamu bisa menemukan penginapan dengan harga 20 ribuan per malamnya dengan lokasi yang tidak jauh dari kota.

  • Transportasi

Jika kamu ingin menekan budget selama berwisata di Thailand, gunakanlah transportasi publik seperti bus, MRT dan juga BTS. Dengan tarif yang sangat terjangkau mulai dari 3 hingga 18 ribu rupiah saja tergantung dari jarak yang akan ditempuh.

  • Biaya Konsumsi

Dalam menjawab pertanyaan, liburan ke Thailand butuh uang berapa? Tentu kita juga harus mempertimbangkan tentang budget makanan. Untuk makanan ketika berada di Thailand, kamu tidak perlu khawatir. Karena street food dengan harga yang terjangkau dan rasa yang cocok di lidah orang Indonesia tersedia hampir dimana saja.

Perkiraan satu kali membeli makanan kamu hanya perlu mengeluarkan sekitar Rp10.000-25.000 saja. Hampir sama seperti di Indonesia bukan?

  • Internet

Jangan lupakan biaya internet ya TemanKlik! Sebab, ini menjadi hal yang sangat penting untuk dimiliki saat traveling.

Perlu diketahui, di Thailand tidak banyak wifi gratis. Maka dari itu, membeli sim card lokal lebih baik daripada tarif roaming yang akan kamu dapatkan nanti.

Adapun harga sim card yang bisa dibeli di bandara ialah sekitar Rp70 ribu. Itu sudah mencakup masa aktif selama 8 hari dan paket kuota internet yang cukup untuk digunakan selama kamu liburan di Thailand.

  • Tempat wisata

Secara umum, harga tiket masuk untuk tempat-tempat wisata di Thailand tidaklah mahal. Untuk mengunjungi kuil seperti Wat Pho dan Wat Arun, kamu hanya harus membayar Rp25.000-50.000 saja. Namun jika kamu ingin mengunjungi Grand Palace maka kamu harus mempersiapkan budget lebih sekitar Rp250.000 untuk tiket masuknya.

Jadi dari informasi di atas kamu sudah bisa memperhitungkan liburan ke Thailand butuh uang berapa dan juga menabung untuk memenuhi impian kamu untuk mengunjungi negara Gajah Putih ini.

Artikel Lainnya