Contoh Ide Bisnis Ramah Lingkungan Menguntungkan untuk Ditekuni

Contoh Ide Bisnis Ramah Lingkungan Menguntungkan untuk Ditekuni. Photo by Pexels
Contoh Ide Bisnis Ramah Lingkungan Menguntungkan untuk Ditekuni. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Banyak sekali contoh dari ide bisnis ramah lingkungan di sekitar. Bisnis ini pun mulai digeluti oleh sejumlah pebisnis. Karena, bisnisnya menawarkan keuntungan ketika ditekuni dengan baik.

Bisnis ramah lingkungan sendiri dikenal dengan bisnis industri hijau. Artinya adalah salah satu jenis bisnis yang memanfaatkan bahan berkelanjutan, bahan bakunya dapat didaur ulang sehingga mampu mengurangi emisi karbon dan jumlah sampah yang mencemari lingkungan.

Bisnis ini pun sedang naik daun. Pasalnya, masyarakat saat ini telah menaruh perhatian atas isu lingkungan seperti pencemaran lingkungan.

Sebagian masyarakat pun telah memegang prinsip ramah lingkungan. Maka dari itu, barang ramah lingkungan yang dirilis oleh pebisnis ini pun bisa diterima dengan baik.

Baca juga: Alasan Berani Memulai Bisnis, Jangan Ragu!

9 Ide Bisnis Ramah Lingkungan

Kesadaran akan isu lingkungan membuat masyarakat lebih selektif dalam memilih produk. Hal ini harusnya menjadi perhatian dari kalangan pebisnis. Dan membuka bisnis jualan produk ramah lingkungan tentunya sangat menjanjikan. Berikut ini beberapa ide bisnis ramah lingkungan yang menjanjikan untuk ditekuni:

1. Kerajinan Kaca

Kaca termasuk material yang sulit untuk terurai. Ketika sudah mengalami kerusakan, kebanyakan kaca ini akan terbuang menjadi sampah.

Meskipun begitu, material ini tetap masih bisa dimanfaatkan. Bahan ini masih bisa diolah menjadi sebuah kerajinan yang menarik. Bahkan, bisa diolah menjadi berbagai bentuk seperti kemasan dan lain sebagainya.

Kuncinya adalah kreativitas. Jika belum menguasainya, ikuti pelatihan mengenai bagaimana mengolah limbah kaca tersebut menjadi sebuah kerajinan.

Kerajinan yang terbuat dari kaca ini memiliki nilai tambah lebih. Sederhananya, harga jualnya lumayan sangat tinggi.

2. Bisnis Sayuran dan Buah Organik

Ide bisnis menjanjikan ini berkaitan dengan sayuran dan buah organik. Di sini, kamu bisa bertindak sebagai pekebun atau pun penjual hasil bumi secara organik.

Usaha ini tentunya lebih bersahabat dengan lingkungan. Pasalnya, kamu tidak memanfaatkan bahan kimia untuk proses penanaman.

Di samping itu, hasil yang didapatkan pun lebih sehat. Artinya, memiliki nilai lebih unggul ketimbang yang ditanam dengan memanfaatkan berbagai bahan kimia.

Menariknya, harga jualnya pun lebih tinggi. Bahkan, masyarakat pun telah memprioritaskannya lantaran lebih sehat.

3. Thrift Shop

Ide bisnis ramah lingkungan, thrift shop
Ide bisnis ramah lingkungan, thrift shop. Photo by Pexels

Thrift shop termasuk dalam ide green business yang mendapatkan perhatian dari masyarakat. Bisnis ini pun sudah digeluti oleh sejumlah pebisnis.

Usaha tersebut menawarkan keuntungan yang lebih tinggi. Selain itu, bisnis ini juga mampu mengurangi limbah tekstil yang berbahaya bagi lingkungan.

Betapa tidak, usaha ini memungkinkan item fashion yang sudah tidak digunakan oleh pemilik awal dapat dimanfaatkan orang lain. Yakni, dijual kembali dengan nilai lebih rendah.

Sementara bagi pebisnis, pebisnis mendapatkannya dengan harga yang lebih murah. Nilai pembelian yang rendah memungkinkannya dapat mengambil selisih ketika dijual kembali. Menariknya, item fashion ini tetap bagus. Bahkan, sebagian itemnya berasal dari Brand ternama.

4. Bisnis Pembuatan Tote Bag

Tote bag menjadi produk dengan prospek penjualan yang jauh lebih menguntungkan. Alasannya, tote bag ini menggantikan peran dari tas plastik yang telah dibatasi penggunaannya.

Konsumen pun telah didorong untuk menggunakan tote bag yang dinilai lebih ramah lingkungan. Dengan kata lain, permintaan atas tote bag ini juga lebih tinggi.

5. Bisnis Tumbler

Tumbler atau botol minuman ini juga sudah banyak digunakan. Masyarakat pun didorong untuk menggunakannya. Tujuannya untuk mengurangi sampah botol plastik sekali pakai.

Tumbler ini pun sudah menjadi produk yang paling banyak dicari. Selain menawarkan fungsi yang lebih baik, penggunaannya lebih hemat serta memiliki bentuk dan model yang bervariasi.

Ini sekaligus membuka peluang bagi pebisnis untuk menyediakannya. Ketika masyarakat mencarinya, kamu bisa menjualnya dan meraih keuntungan.

6. Bisnis Peralatan Makan

Banyak sekali peralatan makan yang dapat dijadikan ide bisnis ramah lingkungan. Di antaranya adalah sedotan, garpu, sendok hingga kotak makan.

Produk-produk ini sengaja disediakan untuk meminimalkan penggunaan peralatan makan sekali pakai. Dengan begitu, tidak ada sampah yang terbuang begitu saja.

Peralatan seperti ini juga menjanjikan keuntungan. Pasalnya, produk tersebut selalu digunakan dalam keseharian setiap orang.

7. Usaha Tisu Daur Ulang

Tisu termasuk produk yang menghasilkan sampah berbahan kertas. Sampah ini pun sering menumpuk. Kondisi ini mengakibatkan pada penumpukan sampah yang mencemari lingkungan.

Di samping itu, penggunaannya yang terlalu banyak membuat bahan bakunya semakin habis. Dan bahan baku utamanya adalah pohon.

Sebagai gantinya, tisu yang terbuat dari bahan dasar bambu dinilai jauh lebih baik. Karena, bambu sendiri bis tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan pohon.

8. Usaha Jualan Popok Kain

Contoh produk ramah lingkungan yang bisa dijadikan peluang bisnis adalah jualan popok kain. Popok seperti ini tidak akan menimbulkan sampah berlebih.

Alasannya, popok kain ini masih bisa digunakan kembali. Karena, kamu bisa mencucinya berulang kali ketika hendak memakaikannya untuk si kecil.

9. Bisnis Jualan Menstrual Cup

Menstrual cup menjadi produk pengganti dari pembalut. Produk ini lebih ramah lingkungan. Selain itu, produknya pun diminati oleh kaum hawa.

Tidak seperti pembalut yang sulit terurai, menstrual cup ini ternyata lebih ramah terhadap lingkungan. Jadi, tidak membahayakan atau mencemari lingkungan.

Ke depannya, produk ini akan semakin populer. Tidak menutup kemungkinan jika produk tersebut bakal menjadi pilihan utama bagi kaum wanita.

Demikianlah beberapa ide bisnis ramah lingkungan yang dapat ditekuni. Bisnisnya tidak hanya berorientasi pada keuntungan, tetapi juga mengedepankan pada ramah lingkungan.

Mungkin Anda juga menyukai