Tips Sederhana Cara Branding Produk di Social Media yang Ampuh

Cara Branding Produk di Social Media
Tips Sederhana Cara Branding Produk di Social Media yang Ampuh. Photo by Pexels
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Banyak sekali orang yang mencari tahu bagaimana cara branding produk di social media. Mereka memahami bahwa branding produk, terutama produk yang baru di launching itu sangat mudah jika mengoptimalkan media sosial. Namun, jarang yang tahu bagaimana cara memanfaatkan media tersebut dengan baik.

Yang pasti, semakin banyak orang yang menggunakan media sosial berarti semakin efektif menggunakannya untuk promosi dan juga branding. Meskipun memang kompetisinya juga semakin berat. Pasalnya, hampir semua pebisnis melakukan hal yang sama.

Namun, hal tersebut tidak seharusnya menjadi halangan. Kesempatan itu tetap ada. Dan kamu harus menggunakan kesempatan tersebut. Yang harus kamu lakukan hanya mempelajari dan menerapkan bagaimana cara branding produk di social media yang tepat.

Baca juga: Lifepal Ajak Pelaku Usaha Optimalkan Organic Marketing dan Miliki Proteksi di Tengah Ketidakpastiaan

4 Langkah Melakukan Branding Produk Menggunakan Social Media

Cara Branding Produk di Social Media
Branding menggunakan media sosial. Photo by Pixabay

Sebelum masuk ke bagian utama tentang tips branding di social media, harus dipahami dulu branding itu apa. Tujuan branding adalah membuat orang percaya dengan produk yang kamu pasarkan sehingga mereka mau membeli. Agar orang percaya, orang harus tahu.

Maka dari itu, yang harus dilakukan dalam penerapan cara branding di social media adalah membuat orang tahu dan akhirnya percaya bahwa produk yang kamu tawarkan sesuai dengan yang mereka butuhkan. Lalu, bagaimana caranya?

Pilih Jenis Social Media yang Tepat

Cara Branding Produk di Social Media
Pilih media sosial yang tepat. Photo by Pixabay

Ada banyak sekali media sosial saat ini. Sebut saja Instagram, Facebook, Twitter, LinkedIn, dan yang terbaru TikTok. Mana social media yang harus kamu gunakan?

Dalam hal ini, kamu harus mempertimbangkan mana media yang paling sering digunakan oleh calon konsumen kamu. Facebook biasanya digunakan oleh orang-orang yang usianya sudah tidak terlalu muda. Instagram dan Tiktok lebih didominasi oleh anak-anak dan remaja. Sementara itu, LinkedIn dan Twitter itu kalangan profesional.

Jadi, jangan salah pilih. Ibaratnya, social media tempat di mana orang-orang nongkrong. Pertanyaannya di mana calon konsumen kamu suka nongkrong?

Sesuaikan dengan Konten yang Diperlukan

Cara Branding Produk di Social Media
Sesuaikan dengan konten yang diperlukan. Photo by Pixabay

Setelah menentukan jenis social media, selanjutnya kamu harus membuat konten. Jenis konten juga harus disesuaikan dengan media sosial. Konten gambar dan short video lebih cocok di Instagram dan Tiktok. Tulisan bisa diposting di Facebook. Konten video panjang lebih tepat diposting di Youtube mengingat Youtube juga termasuk platform media sosial.

Suarakan Value, bukan Promosi

Cara Branding Produk di Social Media
Suarakan value. Photo by Pexels

Di poin sebelumnya, sudah dijelaskan bahwa cara branding produk di social media adalah dengan menggunakan konten. Dalam hal ini, pastikan konten yang kamu buat itu menyuarakan value atau nilai. Kamu bisa bercerita tentang hal-hal yang sifatnya emosional di balik pembuatan produk. Misalnya saja produk dibuat oleh ibu-ibu rumah tangga yang ada di sekitar rumah. Kamu membangun bisnis dengan memberdayakan ibu-ibu agar lebih produktif.

Apapun itu, value yang kamu ceritakan harus nyata, bukan tipuan atau palsu. Karena produk dengan brand yang kuat pasti memiliki value di baliknya.

Buatlah konten yang valuable seperti itu. Jangan terus menerus promosi di media sosial karena justru pengguna social media akan acuh dengan promosi yang terlalu sering kamu posting.

Konsisten

Konsistensi dari supplier.
Konsisten. Photo by Rawpixel

Pembuatan konten untuk branding di social media harus dilakukan secara konsisten. Kamu bisa membuat berapa kali posting pun tiap hari. Tidak masalah juga jika kamu posting satu konten per hari asalkan itu konsisten. Biarkan orang tahu seberapa konsisten kamu dalam memposting. Dan ketika konten kamu begitu bermanfaat, orang akan kangen dengan konten yang kamu buat. Secara otomatis, branding produk kamu pun akan terpatri dalam benak mereka.

Itu dia cara branding produk di social media. Karena ada produk yang harus kamu tampilkan, pastikan kamu menampilkan foto produk yang eye catching. Perhatikan desain dan juga kombinasi warna yang digunakan. Akan lebih baik lagi jika produk kamu memang sudah memiliki desain yang menarik. Itu akan sangat mempermudah kamu dalam melakukan branding.


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai