Melakukan Riset Kompetitor Bisnis dengan Cara yang Tepat

Melakukan Riset Kompetitor Bisnis
Melakukan Riset Kompetitor Bisnis dengan Cara yang Tepat. Photo by @anniespratt
Waktu baca: 3 menit

Riset kompetitor bisnis menjadi hal yang sangat penting ketika kamu ingin menjadi pemenang. Sayangnya, ini yang sering diabaikan. 

Kebanyakan para pebisnis hanya fokus untuk membesarkan perusahaan. Tentu itu bukan hal yang salah. Itu hal yang sangat wajar. Hanya saja, terkadang mereka merasa sudah di track yang benar. Faktanya tidak demikian.

Lalu, apa yang harus kamu lakukan untuk bisa riset kompetitor? Apakah kamu harus mengunjungi perusahaan kompetitormu satu per satu? Tentu saja tidak.

Mengapa Harus Riset Kompetitor?

Sebelum lebih jauh membahas mengenai cara riset kompetitor bisnis, ada baiknya kamu pahami mengapa hal ini sangat penting. Apa itu riset kompetitor? Ini merupakan kegiatan untuk mengetahui kondisi kompetitor yang menjalankan bisnis yang sama. Adapun hal yang ingin digali bisa berupa perkembangan, strategi, atau keuntungan yang sudah didapatkan oleh kompetitor.

Dari pengertian riset kompetitor seperti itu, apakah kamu sudah menangkap mengapa riset itu penting? Setidaknya ada dua hal yang menjadi alasan. Yang pertama, riset menjadi cara untuk mengetahui keunggulan perusahaan kompetitor. Dengan ini, kamu bisa meniru apa yang mereka lakukan. Atau bahkan kamu bisa meniru lalu sedikit melakukan modifikasi agar lebih unggul.

Yang kedua, untuk mengetahui kelemahan kompetitor. Dengan mengetahui hal ini, kamu bisa meningkatkan bagian tersebut di perusahaanmu. Itulah yang secara langsung menjadi keunggulan perusahaanmu dari kompetitor lainnya.

Jadi, seberapa penting melakukan riset kompetitor? Sangat penting, bukan? Untuk itu, penting sekali bagi pebisnis siapa saja untuk tahu cara riset kompetitor bisnis.

Apakah kamu membutuhkan jasa orang lain? Apakah kamu harus mengeluarkan banyak uang? Sebenarnya memang ada jasa konsultasi yang bisa melakukan riset. Hanya saja, untuk sementara, kamu bisa melakukannya sendiri. Caranya tidak sulit. Kamu hanya perlu meluangkan waktu untuk belajar cara riset kompetitor. Itu saja.

Baca juga: Apapun Gol Bisnismu, Pelajari Cara Capai Target Tahunan Ini

Tips Melakukan Riset Kompetitor Bisnismu 

Setidaknya, tiga hal yang perlu kamu lakukan ketika ingin melakukan riset, yaitu menentukan tujuan riset, cek perusahaan di Google, dan menerapkan metode SWOT. Penjelasan lebih lengkapnya berikut ini:

  1. Tentukan Apa Tujuanmu

Dalam melakukan sesuatu, apalagi itu membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup banyak, kamu harus menentukan tujuan. Jangan sampai kamu hanya menghabiskan waktu dan tenaga tanpa ada arah yang jelas. Begitu juga ketika kamu melakukan riset kompetitor.

Saat kamu riset, apa tujuan riset tersebut. Itu yang harus ada di pikiranmu di awal sebelum memulainya. Apakah kamu ingin tahu cara produksi produk mereka? Apakah kamu ingin tahu bagaimana strategi marketing mereka? Atau kamu ingin mencari tahu apa sih yang membuat produk mereka lebih laris manis daripada produk yang dibuat.

Kamu boleh saja menentukan lebih dari satu tujuan dari proses riset kompetitor bisnis. Hanya saja, kamu juga harus pastikan bahwa waktu yang disiapkan tidak begitu panjang. Jangan sampai waktumu habis hanya untuk riset. Kamu harus tentukan kapan deadline riset untuk mencapai tujuan. Setelah itu, hasil riset bisa kamu segera gunakan sebagai alasan untuk membuat sebuah keputusan.

  1. Cek Perusahaan yang Muncul di Halaman Pertama 

Siapa saja yang harus kamu riset? Sebaiknya, kamu meriset perusahaan-perusahaan yang website mereka muncul di halaman 1 Google.

Mengapa demikian? Di era digital seperti saat ini, orang cenderung menggunakan Google untuk mencari sesuatu, terutama ketika mereka ingin membeli suatu barang atau mencari jasa. Nah, yang muncul di halaman 1 Google adalah perusahaan-perusahaan yang sudah terkenal. Mereka sudah mengeluarkan biaya untuk optimasi website agar marketing online mereka berjalan dengan baik.

Dari sana, kamu akan menemukan daftar perusahaan apa saja yang website mereka bertengger di halaman 1. Buat list lalu periksa website mereka. Kamu bisa mulai melakukan riset, mulai dari produk yang mereka tawarkan, promo, hingga price list yang mereka sudah tetapkan.

  1. Terapkan Metode SWOT

Sudah punya daftar perusahaan kompetitor? Langkah berikutnya adalah melakukan analisis dengan metode SWOT. Apa itu?

SWOT ini singkatan dari strength, weakness, opportunity, dan treat. Dari perusahaan kompetitor, pastikan kamu mencari strength atau kekuatan serta weakness atau kelemahan mereka. Dari sana, kamu akan menemukan opportunity atau kesempatan di bagian mana perusahaanmu bisa dieksplor sehingga lebih baik daripada perusahaan kompetitor.

Akan tetapi, kamu harus sadari bahwa selalu ada treat atau ancaman. Ini juga bisa disebut dengan risiko. Jadi, setiap keputusan yang kamu ambil itu pasti ada risiko. Ini yang perlu diwaspadai.

Itulah 3 hal penting yang perlu kamu lakukan saat riset kompetitor bisnis. Jadi, sudah siap untuk riset?

Kamu bisa meniru keunggulan dari kompetitor. Di lain sisi, kamu juga bisa menemukan kelemahan mereka lalu memperkuat di perusahaanmu sehingga beda dengan kompetitor. 

Riset kompetitor tidak hanya baik untuk menilai perusahaan sendiri. Ini juga sebagai warning mengenai tingkat kompetisi dalam dunia bisnis. Seperti yang kamu tahu kompetisi semakin ketat seiring dengan perkembangan serta perubahan. 

Jadi, kapan kamu mulai melakukan riset kompetitor bisnismu?

Artikel Lainnya