Apa Itu Ghost Kitchen, Kelebihan dan Kekurangannya

Apa Itu Ghost Kitchen
Apa Itu Ghost Kitchen, Kelebihan dan Kekurangannya. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Jika kamu berkecimpung di bidang kuliner, tentu tak asing dengan istilah ghost kitchen. Biasa disebut juga dark kitchen, bisnis unik ini memang sedang populer dan bikin penasaran banyak kalangan. 

Agar lebih tahu tentang pengertian, kelebihan hingga kekurangannya, dalam artikel ini akan dibahas lengkap. Tak perlu berlama-lama lagi, lanjutkan baca hingga tuntas, ya.

Apa Itu Ghost Kitchen?

Ghost kitchen adalah bisnis makanan yang memproduksi kuliner, namun hanya ada secara virtual. Artinya bisnis kuliner atau makanan ini tidak memiliki dapur atau restoran dan meminjam milik yang lain. 

Akan tetapi di Indonesia sendiri ada pula yang tidak meminjam dapur atau restoran milik orang lain melainkan menggunakan dapur pribadi untuk produksi. Bagaimana pembeli melakukan pemesanan? Tentu saja melalui aplikasi seluler atau situs khusus. 

Ketika kamu melakukan pembelian, hanya secara online dan tidak dapat menikmati di tempat secara langsung. Sistem bisnis seperti ini disebut juga ghost restaurant, dapur virtual, dapur bayangan, cloud kitchen atau dapur commissary.

Kemunculan dapur virtual karena beberapa hal, yaitu:

  • Pendapatan restoran tidak semuanya dapat berkembang dengan baik. Biaya operasional tinggi dengan pendapatan rendah membuat kebrangkutan secara perlahan.
  • Teknik tradisional sudah mulai tidak berjalan karena zaman sekarang didominasi millennial.
  • Penggunaan HP yang hampir telah dimiliki semua kalangan sehingga apapun lebih praktis dilakukan secara online.
  • Pembukaan restoran secara nyata membutuhkan biaya tidak sedikit dan belum tentu sesuai dengan hasil.

Baca juga: Pengertian, Manajemen, Konsep, dan Contoh Strategi Pemasaran Internasional

Kelebihan Model Bisnis Ghost Kitchen

Buat kamu yang tertarik dengan bisnis keren ini, perlu tahu berbagai kelebihan ghost kitchen. Bisnis yang mendulang banyak keuntungan dengan strategi marketing bagus. Apa saja kelebihannya, dapat cek dan bisa kamu jadikan acuan sebagai penyemangat ide bisnis.

1. Efisiensi Modal

Kelebihan utama dari bisnis ini adalah efisiensi modal yang sangat banyak. Mengapa bisa demikian?

  • Kamu tidak perlu memikirkan berbagai hal tentang dekorasi, bentuk kursi, tema restoran dan sebagainya, karena merupakan virtual restoran. 
  • Hanya fokus pada sajian menu yang akan dijual, maka mulailah bisnis dengan  mudah.
  • Tidak perlu membayar karyawan yang menjaga restoran.
  • Risiko dapat diminimalkan.

Modal yang ada dapat digunakan untuk memaksimalkan penjualan, tanpa harus repot memikirkan tampilan restoran secara nyata.

2. Tanpa Lokasi

Contoh mudahnya, saat kamu ingin membuka toko atau restoran butuh lokasi dan lain sebagainya. Beda dengan yang namanya ghost restaurant, tak perlu bingung mencari lokasi premium. Dengan demikian banyak hal baru yang akan menghemat banyak hal, yaitu:

  • Tidak butuh waktu untuk mencari lokasi dan lahan yang tepat.
  • Meminimalkan pengeluaran untuk kontrak tempat karena tidak membutuhkannya.
  • Mengurangi kerangka berpikir yang merepotkan diri.

Sangat praktis dan memudahkan cara memulai bisnis dengan modal tak begitu banyak.

3. Bebas Berkembang

Bebas berkembang sesuai kondisi merupakan keunggulan ghost kitchen berikutnya. Kamu bebas melakukan berbagai adaptasi baru sesuai perkembangan kuliner yang ada. 

Jika hari ini burger menjadi menu utama dengan banyak orderan, mungkin besok bisa berubah menjadi ayam bakar spesial. Perkembangan bisa dikatakan suka-suka kamu dengan melihat potensi pasar seperti apa.

Perkembangan memiliki banyak arti positif, yaitu:

  • Target pasar selalu tercapai sesuai keinginan konsumen.
  • Selalu ada pembaharuan menu melihat kondisi yang sedang trend.
  • Progress perkembangan bisnis selalu ada dengan bertambahnya orderan dalam setiap harinya.
  • Dapat menggunakan beberapa merk sekaligus sehingga lebih menarik minat  konsumen baru.

4. Higienis dan Fasilitas Dapur Lengkap

Konsumen selalu menginginkan yang terbaik saat menerima orderan. Melalui bisnis kekinian ini kamu tak perlu khawatir karena tingkat higienis makanan sangat terjaga dengan baik. 

Kualitas bahan baku terjaga dengan baik dan kebersihan tak diragukan lagi. Penanganan urusan dapur tertangani dengan sempurna oleh ahlinya.

Fasilitas dapur yang digunakan lengkap sehingga pembuatan pesanan dapat dilakukan cepat. Tentu hal ini tidak berlaku buat kamu yang memulai melalui dapur pribadi saat memulai usaha.

5. Logistik Sederhana

Dalam bisnis, pengiriman menjadi hal penting selain produksi. Penggunaan aplikasi dalam satu sistem dan metode terstruktur rapi akan memudahkan pengiriman.

Dengan fokus ke pesanan dan pengiriman semua dapat berjalan lancar dan baik. Tingkat produksi sebanyak apapun sudah ada yang menangani sehingga tidak ribet dan aman terkendali. Fokus utama yang tentu diharapkan konsumen adalah makanan.

5 keunggulan di atas bisa kamu jadikan referensi dalam memulai bisnis. Ketika modal yang dimiliki tidak cukup banyak, bisa tetap berkembang dengan dapur virtual. Bisnis yang bisa dimulai dengan sedikit trik dan 

Kekurangan Model Bisnis Ghost Kitchen

Setelah mengetahui berbagai kelebihannya, tetap saja ada kekurangan ghost kitchen yang perlu kamu ketahui. Kekurangan adanya dapur virtual bisa disiasati dengan beberapa solusi. Cek langsung yuk.

1. Aplikasi Pemegang Kendali

Aplikasi pesan antar tetap memegang kendali. Bagaimanapun juga penggunaan aplikasi dalam promosi penjualan dan bisnis yang dilakukan menjadi sesuatu yang harus dipikirkan. Hal yang perlu dilakukan adalah:

  • Mengetahui secara mendalam cara kerja platform yang digunakan dan penggunaan aplikasinya.
  • Adanya layanan aplikasi menyulitkan untuk interaksi dengan pelanggan. Alangkah lebih  baik memaksimalkannya dengan promosi lewat media sosial sehingga terjalin komunikasi efektif.
  • Perlu progress strategi jitu dengan promosi menggandeng influencer dan blogger guna memaksimalkan order.

2. Melakukan Branding Sendiri

Salah satu kelemahan bisnis virtual kitchen adalah harus membentuk branding sendiri. Sebuah brand akan menciptakan konsumen baru tergantung dari pangsa pasarnya.

Hanya saja membentuk brand yang dikenal dan disukai masyarakat  bukan hal mudah. Kamu tentunya perlu trik jitu yang harus dilakukan secara berkesinambungan.

Agar brand lebih dikenal dapat memaksimalkan situs website, menggandeng blogger guna melakukan review. Selain itu dapat mengajak influencer berbayar.

3. Persaingan Ketat

Setiap bisnis memiliki kompetitornya masing-masing. Dengan penjualan secara virtual, artinya kamu tidak tahu mana pesaing di list utama karena tidak ada yang tahu bagaimana penjualannya.

Cara memenangkan pasar tentunya menggunakan strategi yang bagus agar kompetitor bukan lagi menjadi masalah. Adanya jenis kuliner baru dengan branding yang berbeda dapat dilakukan sehingga tidak hanya menjual satu produk yang perkembangannya tidak menentu.

Kamu  juga perlu memutar otak bagaimana cara agar brand muncul pada halaman awal mesin pencarian. Dalam hal ini membutuhkan ahli yang dapat memberikan saran dan solusi terbaik.

Jika kamu berangan-angan melakukan bisnis hemat modal, dapat mencoba memulai virtual kitchen. Semua memang melalui proses tapi banyak kelebihan yang dapat dimaksimalkan. Terlebih bagi kaum milenial yang suka segalanya serba praktis.Ghost kitchen dengan berbagai kelebihannya mampu lebih fokus menghasilkan keuntungan. Semua dengan teknik branding agar lebih dikenal luas.

Mungkin Anda juga menyukai