Pengertian, Manajemen, Konsep, dan Contoh Strategi Pemasaran Internasional

Contoh Strategi Pemasaran Internasional.
Pengertian, Manajemen, Konsep, dan Contoh Strategi Pemasaran Internasional. Photo by @slidebean
Waktu baca: 4 menit

Bisnis akan berkembang dengan pemasaran yang baik secara lokal atau internasional. Untuk mencapai tingkat global butuh strategi pemasaran internasional yang mencakup banyak faktor. Baik manajemen, produktivitas dan hingga konsep yang jelas bisnis yang dijalankan.

Pengertian Pemasaran Internasional

Pemasaran internasional adalah upaya memperkenalkan produk pada calon konsumen di seluruh dunia secara global. Apa yang dimaksud pemasaran global? Pertanyaan ini bisa kamu jadikan acuan dalam pengertian pemasaran internasional yang sebenarnya. 

Artinya kemampuan menjalankan bisnis dengan rencana yang telah dipersiapkan dengan matang. Selain itu menetapkan harga, melakukan promosi dan mengatur alur produk barang atau jasa ke konsumen di berbagai negara sekaligus. 

Beberapa pakar memiliki pengertian yang memiliki perbedaan satu dengan yang lain, yaitu:

1. James E. Keegan

Pemasaran global adalah serangkaian kegiatan pemasaran suatu perusahaan guna menekankan efisiensi biaya. 

2. Kotabe dan Helsen

Pemasaran secara global yang mengacu kegiatan perusahaaan dalam upaya standarisasi dan koordinasi lintas pasar. 

3. Michael E. Czinkota

Pemasaran internasional merupakan proses perencanaan dengan transaksi lebih luas antar negara. 

Bisnis yang mendunia memberi banyak manfaat untuk peningkatan produktivitas. Perlu kamu tahu, manfaat pemasaran global ke banyak negara untuk memperbesar pendapatan dari perusahaan terkait. 

Baca juga: Cara Melakukan Riset Pasar Online agar Tahu apa yang Konsumen Inginkan

Manajemen Pemasaran Internasional

Guna mendapatkan hasil lebih optimal dalam pemasaran internasional dan pemasaran global membutuhkan manajemen yang baik. Adapun tahapan manajemen pemasaran internasional yang perlu kamu ketahui adalah:

1. Mengetahui Keadaan

Faktor utamanya mengetahui keadaan lingkungan internasional, negara yang dituju dalam pemasaran. Bagaimana adat budaya dan kebutuhan yang mereka inginkan.

2. Tujuan dan Kebijakan

Tujuan pemasaran dan kebijakan yang diambil harus jelas dan terstruktur rapi. Tujuan berpengaruh pada strategi pemasaran internasional.

3. Sasaran Pasar Jelas

Ketika melakukan ekspansi mendunia, perlu adanya sasaran pasar internasional secara jelas. Mengincar kebutuhan dunia yang memang bisa dioptimalkan.

4. Program Pemasaran

Jika kamu berkutat di bidang penjualan, program ini juga berlaku untuk pangsa internasional. Tak heran banyak riset pembuatan makalah tentang program pemasaran ini. Rencana matang agar sasarannya tercapai dengan jelas.

5. Organisasi Pemasaran

Menjual sendiri dan berombongan hasilnya tentu berbeda. Pastikan organisasi yang bagus dengan promo menarik.

6. Pengendalian dan Evaluasi

Tahapan pemasaran internasional membutuhkan pengendalian dan evaluasi secara berkala. Evaluasi dibutuhkan untuk perencanaan lebih lanjut menghasilkan banyak keuntungan.

Strategi Pemasaran Internasional

Strategi dibutuhkan dalam bisnis apapun, termasuk bisnis global mendunia. Adapun strategi pemasaran internasional yang perlu kamu ketahui adalah:

1. Experiential Marketing

Bagaimana sebuah produk dapat membuat konsumen merasakan secara emosi, logika akan produk tersebut sehingga produsen dan konsumen saling terhubung.

2. Customer Lifetime Value (CLV)

CLV adalah nilai profit sekarang di masa depan untuk konsumen dalam hubungannya dengan perusahaan. Strategi bertujuan agar konsumen puas dan menggunakan produk dalam jangka panjang.

3. Blue Ocean Strategy

Tujuan dari Blue Ocean Strategy adalah mendapatkan konsumen baru. Permintaan diciptakan bukan direbut agar konsumen yakin akan produk yang ditawarkan. Prinsip yang digunakan adalah:

  • Bersaing dengan sehat.
  • Menciptakan permintaan baru.
  • Padu padan kreativitas.
  • Sistem kompetisi terbaik.
  • Pertukaran value cost lebih optimal.

4. Kualitas Jasa

Keunggulan produk dicapai melalui kualitas jasa yang baik dengan elemen tertentu yaitu:

  • Fisik mencakup perlengkapan yang digunakan dan tampilan karyawan.
  • Responsif, mencakup kesiapan pekerja dalam menghadapi konsumen.
  • Empati keterkaitan karyawan memahami apa kemauan konsumen.
  • Handal dalam kaitannya dengan manajemen waktu.
  • Keamanan dalam kaitannya dengan kenyamanan transaksi.

Penanganan konsumen harus dilakukan sebaiknya agar kepuasan akan produk dan layanan bisa berlangsung dalam jangka waktu lama. 

5. Ekuitas Merek

Sebuah brand memiliki banyak faktor dalam proses pengembangannya. Ekuitas merek salah satu hal utama ketika konsumen sudah menjadi fans berat sebuah merek. Keuntungannya adalah:

  • Kredibilitas tinggi karena konsumen tidak mau pindah ke merk lain.
  • Harga lebih tinggi karena sudah menyangkut brand tertentu dan mendunia dengan tingkat kepercayaan tinggi.
  • Ketahanan harga aman dan tidak takut tersaingi kompetitor.
  • Pemasaran membutuhkan biaya kecil karena produk sudah dicari konsumen.
  • Posisi kuat dalam pemasaran.

6. Manajemen Hubungan Pemasaran

Tingkatan hubungan pemasaran mencakup:

  • Financial bond yang hanya berbasis transaksi.
  • Social bond yaitu hubungan dengan ikatan sosial.
  • Business bond merupakan hubungan bisnis.
  • Structural bond yaitu hubungan bersifat struktural.

7. Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Perusahaan yang baik perlu taat dengan aturan yang berlaku. Mencakup hal ini adalah taat hukum, etika, aturan internasional, fokus strategi pemasaran internasional, branding dan konsisten.

8. Network Marketing

Networking berpengaruh pada pemasaran secara optimal guna mendapatkan keuntungan yang baik. Jaringan yang baik meliputi sistem, produk dan sumber daya  manusianya sendiri.

Contoh Pemasaran Internasional

Contoh strategi pemasaran internasional yang dapat kamu lihat dengan mudah adalah beberapa perusahaan besar yang bergerak dalam berbagai bidang. Branding yang bagus dan terpercaya konsumen membuat merek tersebut telah memiliki pangsa pasarnya sendiri.

Contoh pemasaran globalnya adalah:

1. Coca Cola

Coca Cola memiliki strategi keren dalam pertumbuhannya. Salah satunya adalah aksi sosial yang merata dalam berbagai bidang. Aksi ini mendapat respon dari masyarakat dengan baik. Hasilnya, merek ini sudah terkenal baik kalangan tua atau muda.

2. McDonald’s

Strategi manjur yang ditawarkan adalah menyajikan selera lokal. Misalnya saja nasi uduk dan rendang. Menu seperti ini sangat familiar di masyarakat Indonesia sehingga perkembangan perusahaan sangat baik.

3. H&M

Contoh pemasaran internasional berikutnya adalah H&M. H&M merupakan brand fashion yang tak diragukan lagi kiprahnya di dunia. Sangat memahami keinginan fashion lokal sehingga H&M mampu memberi sentuhan lain dalam setiap produknya.

Konsep Pemasaran Internasional

Adanya strategi dan manajemen pemasaran global yang baik tak lepas dari konsepnya. Adapun yang masuk dalam konsep pemasaran global yaitu:

1. Polisentris

Orientasi pertama adalah polisentris yaitu keyakinan bahwa setiap negara dengan keunikannya masing-masing. Keunikan ini yang diambil dalam konsep produk yang akan diusung dan dipromosikan secara global.

2. Etnosentris

Konsep ini mengedepankan bahwa strategi domestik lebih unggul daripada asing. Perusahaan yang berkembang di luar negeri bisa disebut sebagai perusahaan internasional.

3. Regiosentris

Orientasi ketiga adalah regiosentris yang berkeyakinan adanya kesamaan antar lokal dengan luar negeri. Perusahaan yang berkutat pada orientasi ini lebih memperkuat daya saing regional daripada ke luar negeri.

4. Geosentris

Geosentris merupakan padu padan antara etnosentris dan polisentris. Tetap merencanakan pemasaran global dan tetap memenuhi keinginan pasar lokal.Strategi pemasaran internasional yang baik akan membuat bisnis makin beerkembang pesat. Selain itu kamu dapat lebih kreatif dengan berbagai hal baru jika respon pasar global membaik.

Artikel Lainnya