Mengenal Equilibrium: Pengertian, Fungsi, dan Pentingnya Analisis Equilibrium

timbangan yang seimbang
Mengenal Equilibrium: Pengertian, Fungsi, dan Pentingnya Analisis Equilibrium. Photo by @miracleday
Waktu baca: 4 menit

Apakah kamu ingin belajar mengenai equilibrium? Kali ini kita akan membahas mengenai pengertian equilibrium dan fungsinya. Hal ini penting supaya kamu bisa memahami dengan baik tentang equilibrium.

Pengertian Equilibrium

Hal pertama yang harus kamu ketahui adalah pengertian equilibrium. Supaya kamu bisa mengetahui dengan baik mengenai apa itu equilibrium dan memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Apa yang dimaksud dengan equilibrium? Ekuilibrium merupakan kondisi seimbang antara jumlah penawaran dan permintaan. Jika memperhatikan laporan dalam bentuk kurva, maka kamu akan melihat kurva permintaan dan penawaran saling memotong.

Kamu ingin mengetahui bagaimana cara menentukan titik ekuilibrium? Kamu bisa melihat permintaan dan penawaran sama persis. Dalam artian, kamu bisa melihat bahwa jumlah yang dibeli oleh klien dan yang mampu dijual memiliki jumlah sama persis.

Kamu bisa menghitung ekuilibrium dengan menggunakan rumus equilibrium supaya mengetahui titik keseimbangannya. Rumus yang bisa kamu gunakan adalah:

jumlah permintaan = jumlah penawaran = jumlah keseimbangan.

Jika ingin menghitung harga equilibrium, maka kamu bisa menggunakan rumus khususnya. Rumus harga equilibrium adalah:

harga permintaan = harga penawaran = harga keseimbangan

Kamu bisa mencoba menggunakan rumus tersebut supaya mendapatkan perhitungan equilibrium yang tepat. Sehingga kamu bisa mengetahui Apa yang dimaksud dengan kondisi setimbang equilibrium. 

Baca juga: Rumus Quick Ratio: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

2 Fungsi Pembentukan Equilibrium

Terdapat dua fungsi utama yang mempengaruhi pembentukan equilibrium. Hal ini penting untuk kamu ketahui supaya bisa menentukan proses pembentukan equilibrium. Silakan untuk memahami kedua fungsinya, sebagai berikut:

  • Fungsi Permintaan

Fungsi pertama adalah fungsi permintaan yang disebut dengan Demand. Fungsi permintaan bertugas untuk menunjukkan jumlah permintaan produk. Jumlah permintaan dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Salah satu faktor yang mempengaruhi fungsi permintaan adalah hukum permintaan. Jika harga produk meningkat, maka permintaan akan menurun. Sedangkan, jika harga barang menurun, maka permintaan akan meningkat.

Kondisi ini dapat mempengaruhi gradien fungsi permintaan yang selalu bernilai negatif. Apabila harga produk di pasar menurun dari keseimbangan, maka akan terjadi kelebihan permintaan produk.

Hal ini juga menyebabkan terjadinya persaingan antar konsumen yang ingin mendapatkan produk. Jika harga meningkat dan jumlah penawaran dan permintaan sama, maka hal ini akan menyebabkan terjadinya keseimbangan pasar.

  • Fungsi Penawaran

Fungsi kedua adalah fungsi penawaran. Fungsi ini dapat menunjukkan jumlah barang yang ditawarkan produsen. Peningkatan jumlah produk akan mengikuti kenaikan harga produk yang ditawarkan.

Kondisi di atas dikenal dengan hukum penawaran. Hukum ini tidak hanya mempengaruhi peningkatan produk, namun berpengaruh pada penurunan harga barang. Penurunan jumlah produk akan mengikuti penurunan harga produk.

Jika harga produk melebihi titik equilibrium, maka dampaknya akan berpengaruh pada kelebihan penawaran. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya persaingan antar produsen untuk menjual produk yang memiliki harga murah.

Kamu bisa memperhatikannya pada kurva equilibrium. Kurva tersebut adalah grafik yang dapat menunjukkan keseimbangan pasar. Kamu perlu memahami kurva dengan baik supaya bisa mencapai jumlah penawaran dan permintaan yang seimbang.

Kamu bisa mempelajari fungsi permintaan dan penawaran supaya bisa memahami titik equilibrium dengan tepat. Jika bisa memahami fungsi ini dengan baik, maka kamu tidak akan kesulitan untuk mencapai titik tersebut.

Proses Pembentukan Equilibrium

Kamu perlu mengetahui proses pembentukan equilibrium supaya bisa memahami prosesnya dengan baik. Proses pembentukan equilibrium adalah, sebagai berikut:

  • Produksi Produk yang Diminta

Proses awal adalah produsen akan memproduksi produk sesuai dengan permintaan konsumen. Kamu perlu mengetahui hal ini sebagai kewajiban utama dari produsen. Produsen perlu mengetahui jumlah permintaan konsumen agar sesuai dengan kebutuhan.

Jika produsen memproduksi produk terlalu banyak ketika jumlah permintaan menurun. Hal ini akan menyebabkan disequilibrium. Disequilibrium adalah kondisi tidak seimbang antara penawaran dan permintaan.

  • Pengendalian Harga Produk

Selanjutnya akan terjadi pengendalian harga produk. Hal ini perlu dilakukan supaya terjadi keseimbangan pasar. Jika harga produk terlalu mahal, maka konsumen akan dirugikan. Apabila harganya terlalu murah, maka produsen akan dirugikan.

Kamu perlu memahami market equilibrium dengan baik untuk melakukan pengendalian harga. Market equilibrium adalah keseimbangan pasar yang perlu kamu pahami untuk menetapkan kebijakan ekonomi supaya permintaan dan penawaran seimbang.

  • Pengendalian Harga Produk Tertinggi

Kamu perlu melakukan pengendalian harga tertinggi untuk menetapkan batas harga teratas. Hal ini perlu dilakukan supaya kamu bisa menentukan harga tertinggi yang boleh ditawarkan. Tindakan ini diperlukan jika harga produk terlalu mahal.

Setiap produsen harus mematuhi batas harga produk tertinggi. Hal ini penting supaya harga tetap stabil dan dapat dijangkau oleh konsumen. Ini pentingnya memahami fungsi equilibrium dengan baik.

Jika memahami fungsinya dengan baik, maka kamu bisa mengambil tindakan yang tepat. Misalnya harga produk meningkat, maka kamu bisa mengendalikan harga supaya konsumen masih bisa mendapatkan produk tersebut. 

  • Pengendalian Harga Produk Terendah

Jika harga produk terlalu rendah, maka kamu perlu melakukan pengendalian harga produk terendah. Pengendalian ini akan membantu produsen supaya tidak merugi karena harga yang ditawarkan terlalu murah.

Selain itu, pengendalian harga produk terendah dapat membantu agar konsumen mengurangi permintaan. Hal ini memberikan kesempatan bagi produsen untuk menambah jumlah produksi barang. Inilah pentingnya memahami manfaat equilibrium dengan baik.

Kamu bisa membaca kondisi harga produk supaya tidak menyebabkan kerugian bagi produsen. Sehingga, bisa mencegah agar konsumen tidak melakukan permintaan produk yang membludak. Hal ini akan menciptakan kondisi keseimbangan pasar.

Pentingnya Analisis Equilibrium

Pentingnya analisis equilibrium supaya kamu bisa mengetahui langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mencapai keseimbangan pasar. Kamu bisa mencegah terjadinya permasalahan ekonomi.

Misalnya kenaikan harga produk yang terlalu tinggi. Kamu bisa melakukan tindakan dengan mengendalikan harga produk tertinggi. Hal ini akan membantu mencegah agar harga produk tidak terlalu melonjak.

Jika harga melonjak, maka masyarakat akan kesulitan untuk mendapatkan produk. Permintaan produk pun menurun. Hal ini akan menyebabkan ketidakseimbangan pada gambar kurva permintaan dan penawaran.

Analisis ini perlu dilakukan supaya kamu bisa menentukan tindakan yang tepat untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh produsen dan konsumen. Kamu bisa menyesuaikan tindakan sesuai dengan nilai keseimbangan pasar yang ingin didapatkan.

Hal yang perlu kamu lakukan untuk melakukan analisis ini yaitu memahami keseimbangan harga melalui perhitungan menggunakan rumus dan memperhatikan kurva permintaan dan penawaran.

Jika kamu memahaminya dengan baik, maka tidak akan kesulitan untuk menentukan harga yang sesuai. Kamu bisa mencapai keseimbangan pasar dengan mudah. Sehingga produsen dan konsumen mendapatkan keuntungan yang sama.Demikianlah, pembahasan mengenai equilibrium adalah dan fungsinya yang perlu kamu ketahui. Pastikan kamu mempelajarinya dengan baik supaya bisa menciptakan keseimbangan pasar. Sehingga semua pihak diuntungkan.

Artikel Lainnya