Pinjaman Online Modal Usaha: Syarat Hingga Cara Daftar

Pinjaman online modal usaha
Pinjaman Online Modal Usaha: Syarat Hingga Cara Daftar. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Pinjaman online modal usaha saat ini banyak dibutuhkan oleh pelaku usaha. Hal ini karena usaha tidak akan berkembang jika hanya memiliki modal yang sedikit. Oleh sebab itu, banyak yang ingin mengetahui seperti apa jenis pinjaman modal terutama pinjaman online. 

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang macam-macam pinjaman modal usaha yang bisa dipertimbangkan untuk menggunakannya. Ada pula syarat dari pinjaman online beserta aplikasi yang legal dan sudah terdaftar di OJK. 

Macam-macam Pinjaman Modal Usaha 

Ketika ingin membangun usaha baru, hal yang perlu dipertimbangkan adalah jenis pinjaman modal usaha. Hal ini penting untuk menemukan pinjaman yang cocok untuk jenis usaha kamu. 

Skala usaha juga berpengaruh terhadap jenis pinjaman modal. Baik kecil maupun besarnya usaha dapat mempengaruhi pertimbangan kamu untuk memiliki pinjaman. Agar tidak salah pilih, berikut adalah jenis pinjaman untuk mencari dimana bisa pinjam modal usaha. 

1. Kredit Usaha Rakyat (KUR) 

KUR adalah pinjaman yang diberikan oleh pemerintah khusus untuk UMKM. Oleh sebab itu, ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki usaha mikro, kecil, dan menengah. KUR sendiri merupakan program yang berasal dari pemerintah. 

Oleh karenanya, pinjaman tersebut dapat kamu terima dari Himbara (Himpunan Bank Milik Negara). Kamu bisa meminjam modal usaha dengan cukup banyak yaitu Rp 100 juta. Untuk angsurannya pun tidak terlalu memberatkan karena bunganya yang rendah. 

2. Kredit Tanpa Agunan (KTA) 

Jika kamu tidak ingin memberikan jaminan untuk pinjaman, maka jenis KTA ini cocok untukmu. Dalam Kredit Tanpa Agunan, kamu tidak akan diberatkan dengan jaminan yang menjadi asetmu. 

Persetujuan nasabah untuk mendapatkan KTA berasal dari riwayat kredit sebelumnya. Apakah ada tangguhan kredit yang masih belum terbayarkan atau tidak. 

Misalnya, ketika pembayaran kartu kredit lancar, maka bank akan lebih mudah menyetujui kamu untuk meminjam uang sebagai modal usaha. 

Pinjaman yang diberikan memiliki jumlah yang lebih besar dibandingkan KUR, yaitu Rp 200 sampai dengan 300 juta. 

Jadi, bagi yang bertanya dimana bisa pinjam uang 20 juta tanpa jaminan? Kamu bisa meminjamnya dengan KTA. 

Namun, kelemahan dari menggunakan KTA yaitu bunganya terbilang lebih tinggi, semuanya tergantung dari kebijakan bank tersebut. 

3. Kredit Investasi 

Jenis pinjaman selanjutnya yaitu kredit investasi yang memang khusus untuk meminjamkannya demi proyek baru atau mengembangkan perusahaan. Adapun angka waktunya bisa lebih panjang. Umumnya waktu peminjaman adalah 10 sampai 20 tahun. 

Oleh sebab itu, plafon yang dapat diberikan juga sangat tinggi. Mulai dari ratusan sampai puluhan miliar. Ini akan cocok dipakai bagi perusahaan yang besar agar perusahaan menjadi jauh berkembang. 

4. Pinjaman Koperasi 

Untuk usaha golongan menengah sampai kebawah, kamu pasti sering mendengar pinjaman koperasi. Koperasi adalah lembaga organisasi yang dibentuk untuk kebermanfaatan ekonomi anggotanya. 

Untuk mensejahterakan anggotanya, ada program yang sering dipakai yaitu koperasi simpan pinjam. Jadi, ada iuran yang perlu ditabung setiap bulan bagi anggotanya. Kemudian, tabungan tersebut dapat digunakan untuk dipinjamkan ke anggotanya. 

Namun, ada syarat tertentu untuk bisa mengajukan pinjaman dari koperasi. 

5. P2P Lending 

P2P Lending merupakan teknik pinjaman dimana kamu selaku orang yang meminjam dana akan bertemu dengan pemilik modal tersebut. Jadi, tidak membutuhkan adanya pihak ketiga seperti lembaga, organisasi, atau dari bank. 

Untuk mendapatkannya, kamu perlu membuat proposal kemajuan usaha agar mudah diterima oleh pemilik modal tersebut. 

6. Modal Ventura 

Pinjaman selanjutnya yaitu dari badan usaha yang membiayai modal untuk usaha kamu. Biasanya berupa saham, obligasi, dsb. 

7. Kredit Modal Kerja 

Selanjutnya, adalah kredit modal kerja yang merupakan pinjaman yang diberikan untuk membiayai operasi sehari-hari. Jangka waktu peminjaman ini cukup singkat. Oleh karenanya, cocok untuk usaha musiman. 

8. Pinjaman Online 

Pinjaman online modal usaha adalah salah satu jenis pinjaman yang banyak dicari. Hal ini karena dari segi kepraktisan para peminjamnya. 

Kamu bisa melakukan pinjaman dengan mudah yaitu melalui online. Meskipun begitu, kamu perlu mewaspadainya karena banyak pinjaman online modal usaha yang malah merugikan kamu. 

Untuk itu, pilihlah pinjaman modal usaha secara online yang terpercaya. Misalnya adalah pinjaman UMKM online pemerintah dengan mengakses situs: https://kur.ekon.go.id 

Selain itu, bisa juga dengan menggunakan layanan OJK pinjaman online legal yang sudah mengantongi izin dari pemerintah. 

Baca juga: Agar Tidak Tertipu, Yuk Pelajari Cara Mengecek Pinjaman Online di OJK

Syarat-syarat Mengajukan Pinjaman Online 

Bagaimana cara agar pinjaman online di acc? Caranya harus memenuhi persyaratan yang diberikan oleh setiap pinjol legal OJK yang ada di Indonesia. 

Syarat pinjaman online modal usaha dapat berbeda-beda tiap pinjolnya. Namun, syarat pinjaman online langsung cair secara umum adalah sebagai berikut: 

1. Memenuhi Syarat Profil Pribadi  

Umumnya, syarat pinjol harus memenuhi kriteria profil yaitu sebagai berikut: 

  • Minimal berusia 21 tahun. Sedangkan maksimalnya adalah 55 sampai dengan 60 tahun.
  • Punya pekerjaan yang dibuktikan dengan invoice gajinya
  • Punya rekening bank. 
  • Sesuai dengan gaji minimum yang ditetapkan oleh pinjol. 
  • Mengisi formulir dengan lengkap serta nomor yang mudah dihubungi. 

2. Pakai Data dan Dokumen Asli 

Syarat selanjutnya yaitu harus memenuhi dokumen yang dijadikan persyaratan. Kamu perlu mengumpulkan kartu identitas aslinya sebagai lampiran.

Biasanya pinjaman online akan meminta kamu untuk melakukan foto selfie bersama dengan KTP asli. Ada juga yang memerlukan NPWP dan identitas pribadi lainnya. 

3. Lampirkan Slip Gaji 

Berikutnya adalah memberikan bukti slip gaji untuk pinjaman online modal usaha. Hal ini penting agar pinjaman yang diinginkan bisa dicairkan dengan mudah. Pastikan untuk memasukkan data penghasilan yang terbaru. 

Sertakan pula rekening tabungan bagi kamu yang menjadi sebagai freelancer agar bisa memudahkan kepercayaan dari perusahaan pinjol. 

Dari Mana Mendapatkan Pinjaman Online?

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, pinjaman online modal usaha bisa didapatkan melalui perusahaan pinjaman online yang ada di Indonesia. Namun, kamu perlu memeriksa apakah sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) atau tidak. 

Hal ini penting agar tidak terjerat dalam tindakan penipuan. Sudah banyak kasus penipuan karena pinjol ilegal yang menjadikan peminjamnya diteror habis-habisan. Jadi pastikan kamu tidak terjerat salah satunya ya!

Jika ingin periksa apakah pinjaman online tersebut legal atau ilegal, kamu bisa melihat langsung di website OJK resmi atau menghubungi call centernya yaitu 157. 

Saat ini, OJK juga menyediakan nomor WA yang bisa dipakai untuk menanyakan informasi perusahaan pinjol yang legal. Adapun nomornya adalah: 081157157157

Itulah penjelasan lengkap mengenai pinjaman online modal usaha di atas. Adapun jika kamu tertarik untuk mendapatkan pinjaman online untuk modal usaha, bisa mengikuti salah satu campaign yang dijalankan KlikCair, yaitu PULIH. Campaign PULIH merupakan campaign yang akan membantu para pelaku bisnis UMKM terutama untuk bisnis online yang terdampak pandemi COVID-19.

Semoga, campaign PULIH ini dapat membantu memulihkan bisnis yang sedang dijalankan ya TemanKlik!

Artikel Lainnya