Apa Itu Leverage? Simak Pengertian, Jenis-jenis, Manfaat, dan Rumus Leverage di Sini!

Apa Itu Leverage?
Apa Itu Leverage? Simak Pengertian, Jenis-jenis, Manfaat, dan Rumus Leverage di Sini! Photo by @ashrafali_786
Waktu baca: 4 menit

Di dalam sebuah perusahaan atau suatu bisnis, terdapat istilah leverage. Apa itu leverage? Hal ini sering dikaitkan dengan pinjaman dana untuk bisnis atau modal awal dalam membangun sebuah bisnis. Di sisi lain, leverage juga bisa menjadi sebuah investasi apabila kamu tertarik untuk menanamkan modal! Simak informasi di bawah ini untuk tahu lebih jauh tentang leverage.

Apa itu Leverage?

Bagi sebagian orang yang sudah lama terjun di suatu bisnis, tentunya sudah tidak asing dengan istilah leverage. Namun, bagi kamu yang sedang merintis usaha baru mungkin masih awam dan kurang paham dengan istilah tersebut.

Leverage adalah utang yang dijadikan modal oleh perusahaan dalam membeli inventaris, aset, dan berbagai alat-alat yang diperlukan untuk operasional bisnis. Jadi, saat kamu mencari pinjaman dana untuk keperluan usaha atau perusahaan, maka hal tersebut disebut dengan leverage. 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa leverage tidak terbatas pada permodalan internal perusahaan saja, tapi juga untuk investasi demi mendapatkan keuntungan. Seorang pebisnis akan memakai utang tersebut untuk pembiayaan aset perusahaan, sedangkan seorang investor menggunakan utang tersebut untuk meningkatkan daya beli di pasar. 

Walaupun keduanya punya tujuan yang berbeda, tapi pada intinya keduanya sama-sama ingin mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Namun, penggunaan leverage untuk kepentingan perusahaan juga harus dipertimbangkan secara bijak untuk meminimalisir berbagai risiko yang mungkin terjadi.

Baca juga: Apakah Kamu Tahu Perbedaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah?

Pengertian Menurut Ahli

Selain pengertian secara umum di atas, banyak ahli yang memiliki pendapat masing-masing dalam mengartikan istilah leverage. Selengkapnya bisa kamu simak berikut ini.

  1. Sartono

Menurut Sartono, leverage merupakan penggunaan sumber dana dan modal oleh perusahaan yang memiliki beban tetap, sehingga keuntungan dari penanam modal dapat dilipatgandakan.

  1. Irawati

Irawati memiliki pendapat lain, menurutnya, leverage adalah aturan yang ditetapkan di sebuah badan usaha atau bisnis tertentu dalam kondisi menanamkan dana atau memperoleh sumber dana. Di dalamnya juga ada beban tetap yang menjadi tanggungan perusahaan.

  1. Sjahrial

Bagi Sjahrial, leverage diartikan sebagai penggunaan modal dan sumber dana oleh perusahaan yang punya beban tetap. Sumber dana tersebut asalnya dari utang yang berbunga. Bunga utang tadi masuk ke dalam biaya tetap sehingga laba dari penanam modal dapat dikembangkan.

  1. Syamsudin

Syamsuddin mengemukakan bahwa leverage merupakan kemampuan perusahaan dalam menggunakan modal yang memiliki biaya tetap untuk meningkatkan fase pendapatan bagi pemilik perusahaan.

  1. Fakhrudin

Secara singkat, Fakhrudin menjelaskan bahwa leverage adalah sejumlah utang yang dipergunakan untuk membiayai modal di sebuah perusahaan.

Jenis Leverage

Setelah memahami apa itu leverage secara umum dan pendapat dari para ahli, selanjutnya kamu akan diajak untuk mengetahui jenis-jenis dari leverage. Kira-kira, leverage ada apa saja ya? Tercatat ada tiga jenis leverage yaitu financial leverage, operating leverage, dan combine leverage atau yang juga sering disebut leverage gabungan. Informasi selengkapnya bisa kamu baca pada ulasan di bawah ini.

  1. Financial Leverage

Sesuai dengan namanya, financial leverage merupakan jenis dana yang asalnya dari luar perusahaan dan memiliki beban tetap pada manajemen keuangannya. Menariknya, financial leverage berpotensi memberikan laba yang lebih besar jika dibandingkan dengan biaya tetap perusahaan. Dengan kata lain, keuntungan perusahaan akan meningkat secara signifikan lewat financial leverage tersebut.

  1. Operating Leverage

Selanjutnya adalah operating leverage. Jika financial leverage asalnya dari luar, maka sumber dana dari operating leverage berasal dari dalam perusahaan. Dana tersebut ditujukan untuk operasional perusahaan dalam meningkatkan omzet penjualan.

Di dalam operating leverage terdapat fixed cost yang berfungsi untuk menutup semua anggaran operasional. Dampaknya, hal ini bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan bidang lain yang membutuhkan modal besar seperti penjualan.

  1. Combined Leverage/ Leverage Gabungan

Combined leverage merupakan perpaduan dari financial leverage dan operating leverage. Gabungan dari keduanya akan memberikan manfaat yang lebih optimal bagi perusahaan. Selain meningkatkan potensi laba bagi perusahaan, hal ini juga menguntungkan para investor.

Artikel Lainnya