Decluttering Artinya Bukan Sekedar Bersih-Bersih

Seorang sedang melakukan decluttering
Decluttering artinya tidak hanya beres-beres. Photo by @sweetpagesco
Waktu baca: 2 menit

Apakah kamu tahu decluttering artinya apa? Kamu harus berhati-hati karena beberapa orang mengartikan dengan arti yang salah.

Beberapa orang mengatakan decluttering itu proses bersih-bersih. Tujuannya agar rumah atau bangun tidak terlalu sempit lantaran terlalu banyak barang yang ada di dalamnya. Bersih-bersih dalam hal ini diartikan proses membuang barang yang sudah tidak terpakai. Ini yang merupakan arti yang kurang tepat.

Decluttering artinya menyingkirkan barang yang sudah tidak terpakai. Tujuannya agar ruangan atau rumah menjadi lebih lega dan bersih. Kamu sebagai pemilik pun lebih mudah untuk membersihkan ruangan setiap hari.

Namun, menyingkirkan barang tidak boleh diartikan sebagai cara membuang barang yang sudah tidak lagi dipakai. Decluttering harus diartikan sebagai cara untuk membersihkan sebuah ruangan dengan cara mengeluarkan barang yang sudah tidak terpakai dari dalam ruangan. Nah, barang yang sudah disortir tersebut tidak harus dibuang. Ada cara lain yang bisa kamu lakukan.

Baca juga: 7 Cara Mudah Bikin Rumah Tinggal yang Nyaman dan Sehat

2 Metode Decluttering yang Paling Mudah untuk Diterapkan

Seorang sedang melakukan decluttering
Metode decluttering. Photo by Pexels

Sebelum membahas tentang metode decluttering, kamu harus tahu barang yang tidak terpakai tidak selalu harus dibuang. Ada juga yang bisa kamu simpan atau kamu donasikan.

Yang jadi kesulitan biasanya adalah bagaimana cara menerapkan decluttering? Dua metode ini bisa kamu coba terapkan, yaitu Metode 4 Kotak dan Metode KonMari.

Bagaimana itu Metode 4 Kotak? Ini metode di mana kamu harus menyiapkan 4 kotak. Kotak pertama untuk barang yang masih dipakai dan kemungkinan masih kamu butuhkan. Jadi, barang tersebut harus disimpan. Kotak yang kedua adalah kotak untuk barang yang harus dipindahkan ke gudang, misalnya. Kotak yang ketiga adalah kotak untuk barang yang masih layak dipakai tapi tidak kamu butuhkan. Barang tersebut bisa kamu donasikan. Kotak yang keempat adalah kotak untuk barang yang sudah sangat tidak layak sehingga sebaiknya dibuang.

Metode yang kedua adalah metode KonMari. Pernah dengar Marie Kondo? Ia adalah seorang penulis buku tentang hidup minimalis dan juga hidup disiplin tinggi. Ia berasal dari Jepang. Ia sekarang menjadi rujukan bagi orang-orang yang ingin hidup bahagia dengan menerapkan hidup minimalis. Salah satu cara agar bisa menerapan gaya hidup minimalis adalah dengan tidak memiliki terlalu banyak barang. Inilah decluttering dibutuhkan.

Marie Kondo menerapkan apa yang disebut dengan KonMari. Ada dua hal yang perlu dilakukan. Yang pertama adalah daily tiding. Ini adalah proses bersih-bersih setiap hari. Jadi, usahakan kamu membuang sampah pada tempatnya dan barang yang sudah tidak dipakai selalu dibuang atau ditempatkan di tempat yang sudah disediakan. Ini sangat membantu untuk mengurangi stres karena kamu tidak perlu mengeluarkan banyak waktu untuk bersih-bersih.

Yang kedua adalah event tidying. Ini merupakan kegiatan di mana ada kegiatan bersih di dalam kegiatan tersebut. Ini semacam kegiatan khusus di mana Anda benar-benar melakukan proses bersih-bersih secara total.

Dari dua cara decluttering tersebut, mana yang akan kamu lakukan? Yang pasti, kamu tidak boleh salah jika ditanya decluttering artinya apa. Ini bukan proses membuang barang saja, tapi juga bagaimana kamu bisa bersih-bersih ruangan dengan entah itu mendonasikan barang yang tidak lagi kamu pakai atau menyimpan barang yang kemungkinan masih kamu gunakan di waktu nanti.

Artikel Lainnya