7 Cara Mudah Bikin Rumah Tinggal yang Nyaman dan Sehat

Bikin rumah tinggal nyaman dan sehat.
Bikin rumah tinggal nyaman dan sehat. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Di masa PSBB jilid 2 ini, kamu sudah tentu harus tetap di rumah aja. Memang di awal kamu akan merasa senang, namun lama-kelamaan pasti akan terasa bosan. Agar tidak merasa bosan, kamu bisa mendekorasi atau mengubah tatanan rumah. Namun, jangan lupa untuk mengubah rumah tinggal tetap nyaman dan sehat.

Dengan mengubah rumah tinggal jadi nyaman dan sehat, kamu akan lebih betah dan bisa tinggal dengan nyaman. Namun nyatanya untuk mewujudkan hal itu tak jarang orang mengetahuinya.

Tak perlu khawatir, kali ini Mincair akan menjelaskan cara mudah bikin rumah tinggal bisa jadi tempat yang nyaman dan sehat. Berikut caranya.

Jangan gunakan material yang mengandung zat kimia berbahaya

Bikin rumah tinggal nyaman dan sehat.
Jangan gunakan zat kimia berbahaya. Photo by @davidpisnoy

Saat kamu memutuskan akan mendekor ulang rumahmu, usahakan jangan gunakan material yang mengandung zat kimia berbahaya. Utamakan menggunakan bahan material yang aman dan ramah lingkungan. Dengan begitu, rumahmu akan sehat dan terhindar dari berbagai penyakit dan gangguan kesehatan lainnya.

Atur pencahayaan alami di area dalam rumah

Pencahayaan alami. Photo by Pexels

Rumah yang sehat harus mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Pencahayaan alami ini dapat membuat ruangan rumah lebih hangat dan kering sehingga tidak terasa lembab dan pengap. Kondisi ini dapat mencegah jamur dan bakteri lainnya berkembang. Selain itu, jangan lupa gunakan cahaya lampu yang memadai di dalam setiap ruangan agar aktifitas bisa berjalan dengan nyaman serta kesehatan mata tetap terjaga.

Siapkan ventilasi untuk mengatur sirkulasi udara

Siapkan ventilasi atau sirkulasi rumah yang baik. Photo by Pixabay

Udara di dalam rumah harus terus beganti agar seluruh keluarga bisa hidup dengan sehat. Udara yang alami akan membuat rumah lebih nyaman dan tidak terasa pengap. Kamu harus bisa mengatur sirkulasi udara dengan membuat ventilasi yang tepat sejak awal. Hal ini bisa diatur dengan membuat beberapa jendela, mengatur sirkulasi udara di dapur, ruang tamu, dan ruangan-ruangan lainnya.

Jangan biarkan hama hidup

Singkirkan hama. Photo by @brett_jordan

Serangga, rayap, kecoa, tikus, dan yang lainnya merupakan hama yang ada di rumah. Mereka menjadi salah satu sumber penyakit yang harus dibasmi. Ada banyak masalah yang ditimbulkan hama, seperti kerusakan pada beberapa bagian rumah, bau menyengat, kotoran hama, dan yang lainnya. Semua hal itu sudah tentu sangat mengganggu dan bisa menimbulkan penyakit. Maka dari itu, kamu perlu mencegah hama masuk ke rumah serta jangan berikan ruang agar tidak kerepotan dalam membasminya.

Baca juga: 3 Aturan Agar Bisa Beli Rumah Saat Pandemi

Gunakan material yang mudah dibersihkan

Bikin rumah tinggal nyaman dan sehat.
Gunakan material yang mudah dibersihkan. Photo by Pexels

Agar kebersihan rumah selalu terjaga, pastikan kamu menggunakan perabot rumah dengan material yang mudah dibersihkan. Dengan begitu, akan lebih menghemat waktu dan tenaga. Kamu bisa membersihkan berbagai peralatan dan area rumah dengan lebih mudah sehingga tidak lagi kotor. Hindari material yang sulit dibersihkan sebab hal itu akan membuatmu jadi malah menjaga kebersihan rumah.

Kelola sampah dan limbah dengan baik

Bikin rumah tinggal nyaman dan sehat.
Kelola sampah dengan baik. Photo by Pixabay

Atur limbah rumah tangga dengan baik termasuk sampah yang diproduksi tiap harinya. Hal ini bisa dilakukan dengan banyak cara, mulai dari mengatur septic tank hingga saluran pembuangan air di rumah. Selain itu, kelola sampah dengan cara yang tepat agar tidak sampai bau dan menimbulkan masalah.

Atur sistem air dengan baik

Atur sistem air di rumah. Photo by Pixabay

Jangan lupa untuk mengatur sistem air bersih di rumah. Jika menggunakan air ledeng, maka pastikan semua kran sudah dipasang sistem penyaringan yang bagus dan memadai. Dengan begitu, air tersebut dijamin layak untuk dikonsumsi dan digunakan untuk berbagai kebutuhan di rumahmu.

Demikian cara mudah bikin rumah tinggal yang nyaman dan sehat yang bisa kamu terapkan. Dengan menerapkan beberapa cara di atas, rumahmu sudah tentu akan nyaman dan bikin betah.

Mungkin Anda juga menyukai