Contoh Public Speaking dan Cara Mengasahnya agar Sempurna

Contoh public speaking
Contoh Public Speaking dan Cara Mengasahnya agar Sempurna. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Memahami contoh public speaking sangat penting untuk dilakukan apabila kamu berniat menjadi MC atau pekerjaan yang menuntut bicara di depan orang. Dengan kemampuan public speaking yang baik, berbagai acara bisa berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan.

Itulah kenapa untuk mendalami public speaking yang baik harus ada latihan yang dilakukan secara terus-menerus. Selain itu juga harus menjalankan beberapa tips yang nanti juga akan dibahas selengkapnya dalam artikel di bawah ini.

Mengenal Apa Itu Public Speaking

Sebelum membahas tentang contoh public speaking tidak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu public speaking. Secara umum public speaking adalah kemampuan untuk berbicara di depan orang yang banyak.

Public speaking menurut para ahli (David Zarefsky) diartikan sebagai bentuk komunikasi berkelanjutan yang diberikan lewat pesan ataupun lambang. Ini juga dilakukan dengan adanya interaksi secara langsung antara pembicara dan audience.

Setiap orang memiliki kemampuan berbicara tersendiri mulai berbicara dengan orang yang terdekat atau berbicara dengan forum. Ini sangat penting karena akan digunakan dalam bersosialisasi.

Kenapa public speaking penting? Karena akan dimanfaatkan untuk banyak hal mulai dari yang berhubungan dengan pekerjaan biasa hingga hal lain yang berhubungan dengan massa. Apabila memiliki kemampuan public speaking yang sangat tinggi maka bisa dijadikan sebagai alat untuk berkomunikasi. Bahkan bisa juga dijadikan sebagai jubir atau key opinion leader yang sangat hebat.

Baca juga: Yuk Bikin Penilaian Sendiri Apakah Kamu Termasuk Pekerja Keras

Tips Melakukan Public Speaking yang Menarik

Sebelum mengetahui bagaimana cara public speaking yang bagus tidak ada salahnya untuk menyimak beberapa tips di bawah ini. Dengan begitu kamu bisa memahami jenis-jenis public speaking yang memang benar-benar sempurna.

1. Mengenali Audiens

Salah satu contoh public speaking yang baik adalah selalu mengenali audience. Saat melakukan public speaking di depan banyak orang mau tidak mau kamu harus mengenal siapa saja orang yang ada di depan dan bagaimana background mereka.

Ini sangat penting untuk dilakukan agar mengetahui bagaimana cara penyampaian yang sempurna. Karena penyampaian yang dilakukan dengan audience remaja akan berbeda jika audience yang ada di depan adalah orang dewasa. Itulah kenapa sangat dianjurkan untuk selalu mengenali audience terlebih dahulu. Apabila tidak bisa melakukan itu bisa meminta bantuan dari penyelenggara untuk membuatkan semacam salinan atau ringkasan demografi dari peserta.

2. Menyusun Poin Penting

Setelah mengetahui demografi dari peserta atau audiens, langkah selanjutnya adalah melakukan proses penyusunan berbagai poin penting yang akan disampaikan. Tanpa melakukan itu akan sulit melakukan public speaking. Biasanya akan ada tema tertentu yang harus benar-benar diselesaikan dan dipahami. Setelah memahami itu barulah bisa memberikan public speaking yang baik dan akan diakui oleh semua orang.

3. Menggunakan Alat Bantu

Ketika melakukan public speaking ada beberapa alat yang mungkin akan digunakan dan bisa membantu pekerjaan ini. Salah satunya adalah gadget seperti ponsel yang bisa digunakan untuk menyimpan beberapa poin penting. Selain itu bisa juga menggunakan laptop yang nantinya akan dipakai untuk melakukan presentasi. Intinya gadget apapun bisa digunakan bahkan menggunakan kertas dan pulpen juga bisa meningkatkan kemampuan.

Yang paling penting hal-hal seperti ini harus dilakukan secara konsisten setiap harinya. Dengan begitu perkembangan public speaking yang dimiliki bisa berjalan dengan lebih baik.

4. Berlatih Terus-menerus

Berlatih secara terus-menerus juga merupakan kunci dari suksesnya public speaking. Untuk bisa berlatih ini jangan hanya dilakukan di depan cermin saja tetapi langsung dilakukan di depan banyak orang. Artinya semakin sering untuk tampil di depan banyak orang, kemampuan public speaking yang dimiliki akan semakin meningkat. Jadi jika ingin terus berkembang jangan takut untuk tampil di depan banyak orang.

Apabila tampil di depan orang sudah membuat takut maka kemampuan public speaking akan sulit untuk berkembang dengan pesat.

5.     Memperhatikan Non Verbal

Tips terakhir yang bisa dilakukan untuk bisa memaksimalkan kemampuan public speaking adalah selalu memperhatikan aspek non verbal. Yang dimaksud dari aspek non verbal adalah hal-hal yang tidak selalu berhubungan dengan kata-kata. Misal dengan merubah intonasi atau menggunakan nada-nada yang cukup sesuai. Ini sangat penting agar penyampaian materi atau penyampaian tanya jawab bisa didengarkan dengan lebih sempurna tanpa ada masalah.

Selanjutnya bisa juga dalam bentuk kemampuan untuk menghilangkan rasa stres dan juga grogi. Karena mau tidak mau salah satu aspek nonverbal yang bisa membuat public speaking mengalami peningkatan adalah percaya diri.

Contoh-contoh Materi Public Speaking yang Menarik

Beberapa contoh materi public speaking yang menarik dan bisa ditampilkan di hadapan banyak orang biasanya berhubungan dengan motivasi. Berikut beberapa contoh materi yang mungkin bisa dipakai.

  • Berhubungan dengan pengalaman pertama ketika melakukan sesuatu yang hebat.
  • Menyampaikan adanya kegagalan dalam hidup sebelum akhirnya berusaha dan mendapatkan kesuksesan.
  • Membicarakan hal-hal terkait dengan keresahan yang dimiliki oleh para milenial. Perasaan ini bisa berhubungan dengan politik atau bisa juga dengan hal-hal yang ada di sekitar.
  • Menjelaskan tentang suatu hal yang berhubungan dengan ketidaksempurnaan pada diri sendiri.

Selain 4 tema yang biasanya digunakan untuk public speaking. Masih Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada orang lain dan membuat acara menjadi semakin meriah. Salah satu cara lain untuk mendapatkan materi yang sangat baik adalah dengan selalu memperhatikan berita yang muncul setiap harinya. Gunakan media sosial dengan baik untuk mencari topik-topik yang memang menarik.

Memahami contoh public speaking bukan pekerjaan yang mudah. Karena dengan hanya melihat saja tidak akan meningkatkan kemampuan atau skill yang dimiliki. Jadi, harus benar-benar banyak berlatih agar semuanya berjalan dengan lancar.

Artikel Lainnya