Mengenal Lebih Dekat Tentang Creative Thinking

Seorang wanita duduk sambil berpikir kreatif
Mengenal Lebih Dekat Tentang Creative Thinking. Photo by Pixabay
Waktu baca: 4 menit

Dalam dunia yang sudah serba digital seperti sekarang ini, creative thinking adalah sebuah hal yang penting untuk dimiliki bagi siapa saja dengan ketertarikan dalam bidang karya karena bagian satu ini memegang peranan yang cukup penting untuk bisa membantu meningkatkan kemampuan yang dimiliki. Sayangnya, hingga saat ini masih banyak yang masih belum memahami secara sepenuhnya mengenai pentingnya dari creative thinking ini dan juga bagaimana cara untuk bisa melatih kemampuan dalam hal memiliki berpikir secara kreatif dan baru.

Simak penjelasan mengenai segala hal yang berkaitan dengan creative thinking ini, apalagi untuk kamu yang sedang membutuhkannya pada artikel yang ada di bawah ini.

Apa Itu Creative Thinking?

Hal pertama yang perlu untuk dilakukan dengan baik yaitu memahami apa itu berpikir kreatif yang sebenarnya sehingga bisa menggunakannya dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan yang dimiliki serta meningkatkan kemampuan yang ada. Creative thinking atau juga lebih sering disebut atau dikenal dengan nama berpikir kreatif merupakan sebuah bentuk kemampuan yang dimiliki dalam berpikir dengan baik oleh seorang individu sehingga bisa untuk memiliki kemampuan yang penuh dengan tingkat kreativitas cukup tinggi.

Tujuan yang dimiliki dari kepemilikan kemampuan ini yaitu bisa membantu individu tersebut untuk bisa menciptakan sebuah hal baru berkaitan dengan karya yang unik dan juga berbeda. Creative thinking adalah salah satu kemampuan luar biasa yang belum tentu dimiliki orang lain yang juga bahkan, berpikir kreatif menurut para ahli dikategorikan sebagai salah satu kunci menuju kesuksesan hidup.

Proses berpikir kreatif pun tidak terlepas dari kemampuan dalam mengakses dan mengoptimalkan cara kerja serta kemampuan yang dimiliki oleh otakmu, mengenai bagaimana otak kiri dan otak kanan dapat diseimbangkan untuk mendapat sebuah ide kreatif dengan baik dan juga bisa bekerja dengan cara yang lebih maksimal. Memiliki kemampuan dengan berpikir kreatif dengan baik akan membantu individu untuk tidak lagi mengalami mati gaya yang berkaitan dengan bagaimana kondisi yang mereka miliki tersebut.

Pengertian yang dimiliki dengan creative thinking adalah sebuah kemampuan berpikir secara luas artinya orang dengan kemampuan creative thinking adalah mereka yang dapat melihat bahkan memecahkan masalah dari berbagai sudut pandang hingga mampu menciptakan solusi atau ide-ide baru. Jika dilihat dengan kata lain, creative thinking atau berpikir kreatif tetap sangat erat dengan kreativitas seseorang dari bagaimana ia menganalisis berbagai hal dan membuatnya menjadi suatu hal baru atau inovasi yang lebih baik daripada sebelumnya.

Itulah kenapa banyak perusahaan yang kini menjadikan creative thinking sebagai salah satu soft skill wajib pada persyaratan untuk bisa bekerja dengan mereka dan mencapai posisi yang lebih baik.

Baca juga: Pelaku Ekonomi Sebagai Objek Dalam Perjalanan Ekonomi Dunia

Pentingnya Creative Thinking dalam Kehidupan

Setelah mengetahui apa itu creative thinking dan beberapa contoh berpikir kreatif yang ada, pasti sudah terpikirkan bagaimana pola pikir ini bisa bermanfaat bahkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti misalnya:

  1. Menemukan solusi dengan cara berbeda

Seperti penjelasan di awal, berpikir kreatif memungkinkan kamu untuk dapat melihat suatu hal dari berbagai sudut pandang sehingga menjadi lebih leluasa dalam mencari dan menciptakan ide-ide baru

  1. Menciptakan inovasi

Berawal dari mempunyai sudut pandang yang luas, nantinya Anda juga akan bisa menemukan serta menciptakan berbagai inovasi penting untuk bisnis atau pekerjaan Anda. Hal ini pun bisa menjadikan kamu lebih adaptif terhadap segala perubahan atau perkembangan zaman.

  1. Menemukan solusi efektif

Tak hanya sebagai inovasi, hasil dari berpikir kreatif juga bisa berupa solusi efektif terhadap suatu masalah apapun. Maka dari itu, jika kamu berfokus pada penyelesaian masalah, pastikan bahwa solusi tersebut tak hanya ide, tapi dapat diaplikasikan secara nyata dan mampu diterima.

  1. Syarat pekerjaan

Kini banyak perusahaan menambahkan creative thinking menjadi salah satu syarat diterima kerja. Hal ini dikarenakan perusahaan butuh seseorang dengan kemampuan berpikir kreatif sehingga dapat meningkatkan kinerja, menciptakan inovasi baru, mengembangkan perusahaan, dan sebagainya.

  1. Meningkatkan optimisme

Dikarenakan orang dengan kemampuan berpikir kreatif dapat melihat dari berbagai perspektif hingga menemukan solusi, maka dapat menjadikan kamu orang yang lebih optimis walaupun sedang mengalami suatu hambatan.

  1. Menyebarkan semangat

Sikap optimisme itu tadi bukan hanya bermanfaat untuk diri sendiri melainkan bisa berdampak ke orang lain terutama rekan kerja, sehingga secara tidak langsung seorang creative thinker bisa menyebarkan semangat secara luas.

  1. Meningkatkan kualitas produk

Kemampuan berpikir kreatif diperlukan untuk menciptakan berbagai inovasi tak terkecuali dalam peningkatan suatu produk. Kemampuan ini ditujukan supaya mampu melihat setiap potensi dan peluang pasar serta kebutuhan pelanggan.

  1. Mengatasi berbagai situasi

Terakhir, pentingnya berpikir kreatif dalam dunia pekerjaan adalah menjadikan setiap pemiliknya mampu untuk tahan akan berbagai kendala di setiap situasi apapun.

Cara Melatih Berpikir Kreatif

Cara berpikir kreatif, kamu akan bisa melihat kesempatan yang tidak umum guna meraih imbas positif. Meskipun ada saja orang-orang yang memang sudah diberkahi otak brilian, cara berpikir kreatif nyatanya bisa diasah atau dilatih. Berikut cara-cara yang bisa kamu lakukan

  1. Melakukan Hal-hal Baru

Selain menambah ilmu dan pengalaman, melakukan hal-hal baru bisa melatih otak agar selalu berpikir kreatif. Dengan melakukan hal baru, otak akan tertantang saat menghadapi hal-hal baru, serta terbiasa mencari cara untuk menyelesaikan sebuah masalah.

Mulailah membuat daftar sejumlah aktivitas yang baru bagimu seperti memancing, menggambar, menyelam, memperbaiki kendaraan sendiri, dan seterusnya. Dengan begitu, kamu akan melatih otak dan menemukan sisi dari diri yang berbeda dan baru.

  1. Menulis Bebas

Menulis memang bukanlah sesuatu yang mudah bagi beberapa orang yang belum terbiasa. Karena ini adalah menulis bebas, kamu tidak akan dipaksa untuk menulis sebuah cerita berseri atau novel.

Menulis bebas, otak akan ditantang untuk berpikir kreatif dan imajinasimu akan dipaksa untuk dituangkan ke dalam tulisan. Tidak perlu menulis panjang dan lebar, kamu bisa memulai kebiasaan baru ini dengan menulis 300 hingga 500 kata per hari. Dengan menulis, kamu akan bisa terus terinspirasi dan membuat otak aktif setiap saat.

  1. Memperluas Wawasan

Agar bisa mengasah kreativitas dalam berpikir, menambah wawasan adalah salah satu yang harus dilakukan. Jangan memilih-milih pengetahuan, sebab menambah wawasan itu penting. Terdapat beragam cara untuk memperluas wawasanmu.

Selain membaca buku atau membaca artikel di internet, kamu bisa ikut dalam forum diskusi, mengikuti webinar atau kelas. Dengan memperkaya diri via pengetahuan apa pun, kamu akan memiliki cara berpikir kreatif yang bisa memandang dunia dari segala perspektif atau open minded.

  1. Bertemu Orang-orang Baru

Ini menjadi salah satu cara termudah agar cara berpikir kreatif. Pasalnya, individu berbeda akan memiliki pandangan yang juga berbeda terhadap segala hal. Ini akan membuatmu tertular untuk selalu memiliki pola pikir berbeda alias kreatif.

Artikel Lainnya