5 Tren Karier yang Diprediksi Booming di 2021

Tren karier di 2021.
Tren karier di 2021. Photo by @benwhitephotography
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Saat ini berbagai sektor bisnis dan industri mengalami perubahan yang cukup besar. Penyebab utamanya ialah karena adanya pandemi sejak 2020 lalu. Perubahan yang terjadi tidak hanya pada bagian produksi saja loh. Sistem kerja pada karyawan juga terkena dampak dari kondisi yang terjadi saat ini. Maka dari itu, bagi para pekerja atau pencari kerja, kamu harus tahu tren karier yang diprediksi akan booming di 2021.

Perubahan yang terjadi belakangan ini bisa saja akan bertahan hingga beberapa tahun ke depan atau bahkan mungkin akan menjadi permanen.

Lalu apa saja tren karier yang diprediksi akan booming di 2021? Simak penjelasannya di bawah ini.

Remote working

Tren karier di 2021.
Remote working. Photo by Pixabay

Salah satu dampak yang paling terlihat ialah perubahan sistem kerja untuk karyawan. Dari yang awalnya karyawan selalu bekerja ke kantor, kini mereka harus bekerja dari rumah masing-masing. Sistem kerja ini digunakan agar mencegah penularan virus corona makin meluas.

Di Indonesia, sistem kerja remote ini semakin menjamur mengingat sudah banyak profesi yang cukup memanfaatkan internet saja untuk bekerja tanpa perlu datang ke kantor. Jadi, besar kemungkinan sistem kerja ini akan menjadi tren di 2021 hingga beberapa tahun ke depan meskipun pandemi sudah berakhir.

Level interview kerja menjadi lebih ketat

Tren karier di 2021.
Wawancara kerja makin ketat. Photo by Pexels

Dengan meningkatnya persyaratan melamar kerja saat ini, diiringi juga dengan semakin sulitnya sesi penyaringannya. Selain itu, saat ini juga bisa dikatakan persaingan dalam melamar pekerjaan cukup ketat.

Dari hal itu lah besar kemungkinan perusahaan akan memperketat proses rekrutmen karyawan, terutama di sesi wawancara kerja. Selain ada wawancara secara langsung atau tatap muka, wawancara secara online juga akan menjadi suatu kewajiban dalam rangkaian rekrutmen karyawan baru.

Oleh karena itu, jika kamu sedang mencari pekerjaan usahakan untuk mempersiapkan diri untuk sesi wawancara dengan sebaik mungkin. Sebab, sesi wawancara kerja akan sangat mempengaruhi seseorang diterima bekerja atau tidak.

Baca juga: 8 Pekerjaan yang Cocok untuk Orang Introvert

Peminat di sektor esensial makin tinggi

Biaya tes corona
Profesi dokter. Photo by @impulsq

Pandemi membuat banyak orang lebih memilih bekerja di sektor esensial seperti bidang pendidikan, kesehatan, pangan dan lainnya. Hal itu karena sektor-sektor tersebut dianggap bisa bertahan meskipun sedang mengalami krisis ekonomi dan pandemi.

Maka dari itu, bagi yang sedang memilih jurusan kuliah harus memperhatikan poin ini. Dengan begitu, kamu bisa memilih jurusan kuliah yang bisa sesuai dengan sektor esensial tersebut.

Peminat freelancer meningkat

bisnis tanpa modal untuk mahasiswa
Pekerjaan freelancer. Photo by Pixabay

Salah satu tren karier yang paling bersinar di 2021 ialah seputar dunia freelance. Apalagi setelah banyak orang yang bekerja dari rumah atau remote work. Mereka biasanya akan menekuni pekerjaan sampingan sebagai freelancer untuk menambah penghasilan atau transisi sebagai pekerjaan profesional utama.

Bagi yang tertarik di dunia freelancer, minat besar terhadap pekerjaan freelance tidaklah cukup. Kamu juga harus memiliki unique selling point yang bisa membedakanmu dari freelancer lainnya.

Pergantian jalan karier

Penulis jadi salah satu pilihan pekerjaan orang introvert
Perubahan karier. Photo by Pexels

Pandemi membuat banyak perusahaan terpaksa untuk melakukan pemutusan hubungan kerja atau PHK secara besar-besaran untuk mengurangi defisit. Dampaknya, banyak pekerja yang melakukan perpindahan profesi atau karier.

Saat ini, profesi yang sedang banyak dijadikan alternatif baru oleh banyak orang ialah menjadi seorang pengusaha makanan atau jasa, freelancer, influencer, content creator, hingga vlogger.

Demikian tren karier yang akan diprediksi booming di 2021. Jangan hanya dibaca ya TemanKlik, tapi pahami juga agar kamu bisa melakukan persiapan untuk menghadapinya dengan lebih baik. Apalagi bagi kamu yang sedang mencari kerja, setiap informasi penting terkait dunia kerja dan karier wajib untuk diketahui.


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai