Pelaku Ekonomi Sebagai Objek Dalam Perjalanan Ekonomi Dunia

uang sebagai alat transaksi
Pelaku Ekonomi Sebagai Objek Dalam Perjalanan Ekonomi Dunia. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Interaksi dalam dunia ekonomi didasari oleh beberapa komponen pokok seperti pihak produsen, barang yang diproduksi, pihak yang membeli atau menggunakan dan media pemasaran. Kesemua komponen tersebut disebut dengan pelaku ekonomi. Setiap orang tentu membutuhkan barang yang dia tidak bisa buat sehingga butuh orang lain yang memproduksi dan membelinya memakai mata uang. 

Arti pelaku ekonomi

Arti pelaku ekonomi merupakan seseorang atau beberapa orang yang menjalankan aktivitas ekonomi secara kontinyu atau berkala. Jadi, aktivitas ekonomi meliputi kegiatan jual beli, produksi, konsumsi dan media jual beli. Pandangan aktivitas ekonomi tidak sempit hanya sebatas plot jual beli tetapi luas. Dari aktivitas ekonomi tersebut maka semua bagian akan mengalir dan saling terhubung.

Contoh perilaku ekonomi, kamu butuh sebuah produk cetak tentu ada pihak yang mendukung kebutuhanmu dari proses pembuatan awal hingga penyampaian ke tangan konsumen akhir. Dengan demikian, semua pelaku ekonomi akan bekerja (kurir pengantaran, toko yang menjual, perusahaan distributor dan bank atau agen pembayaran.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Masalah Ekonomi Klasik dan Masalah Ekonomi Modern

Siapa saja yang menjadi pelaku ekonomi? 

Pelaku ekonomi ada 4 bagian yaitu:

  • Rumah Tangga Produsen (RTP)

Merupakan tempat badan usaha atau kelompok masyarakat tertentu yang membuat, memproduksi produk, berinovasi dengan sebuah barang/jasa untuk bernilai manfaat dari produk itu sendiri. Dalam hal ini ada bagian produsen kelas kecil, menengah yang belum diwajibkan memiliki ijin usaha berpajak besar seperti perusahaan kelas besar. 

  • Rumah Tangga Konsumen (RTK)

Merupakan plot individu dengan peran sebagai pengguna, pembeli produk atau jasa yang dijual belikan. Bentuk RTK bisa sebagai reseller atau dropship dengan tugas menjual kembali ke pihak lainnya lainnya untuk memperoleh laba, manfaat dan atau link. Biasanya konsumen seperti ini berkembang lagi menjadi penjual atau downline dari penjual sebelumnya kendati sifatnya sementara. Walaupun bersifat sementara tetapi roda perekonomian akan berjalan dengan cukup baik. Intinya semua konsumen bisa menjadi 2 posisi yaitu penjual dan pembeli. 

  • Rumah Tangga Negara (RTN)

Merupakan plot kelompok yang berperan sebagai pengawas proses sirkulasi ekonomi dengan menentukan aturan terikat dan tujuannya memberikan keseimbangan, keselarasan, kekuatan, dan kepatuhan ekonomi. Aturan ekonomi yang seringkali muncul yakni aturan moneter dan fiskal. Jadi, dalam hal ini semua aturan yang berhubungan dengan aktivitas ekonomi akan dibuat dan dilegalkan oleh pemerintah. Semua warga harus menaati aturan tersebut dan jika melanggar akan dikenakan sanksi tegas atau ringan. Rumah tangga negara juga berperan sebagai kepala pusat pengaturan ekonomi dan divisi lainnya. 

  • Rumah Tangga Luar Negeri (RTLN)

Merupakan plot kelompok yang bertugas mengatur aktivitas ekonomi zona internasional baik segi ekonomi impor dan ekspor. Dalam hal ini tetap pemerintah yang bertanggungjawab dalam mengelola aktivitas ekonomi internasional hanya saja ada bagian lainnya yang berwenang khusus mengatur aktivitas ekonomi dalam negeri dan aktivitas luar negeri.

Artikel Lainnya