Mengenal Chat GPT Indonesia dan Cara Menggunakannya Secara Maksimal

Mengenal Chat GPT Indonesia dan Cara Menggunakannya Secara Maksimal
Mengenal Chat GPT Indonesia dan Cara Menggunakannya Secara Maksimal. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Sudah tahu Chat GPT Indonesia? Ini merupakan sebuah Chatbot berbasis Machine Learning. Chatbot ini hadir dengan menawarkan respons interaktif dari sejumlah pertanyaan yang kamu ajukan.

Sejak kemunculannya, layanan ini telah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat modern. Khususnya ketika seseorang sedang mencari sebuah jawaban atas pertanyaan sekaligus ide tentang sebuah konten.

Layanan ini diluncurkan pada November 2022 yang lalu. Dan masyarakat bisa menggunakan layanan ini ketika terhubung dengan internet.

Lantas, bagaimana cara menggunakannya? Sebelum mengulas tentang cara memakainya, mari kenal lebih dekat tentang Chat GPT Indonesia ini.

Apa Itu Chat GPT?

Chat GPT Indonesia
Mengenal Chat GPT. Photo by @iammottakin

Chat GPT (Generative Pre-training Transformer) adalah sebuah teknologi berbasis AI yang berbentuk chatbot. Artinya, layanan ini bekerja dengan menggunakan format percakapan.

Setiap pengguna bisa berinteraksi dengan mesin secara interaktif. Contohnya mengajukan pertanyaan yang nantinya dapat dijawab langsung oleh mesin.

Layanan ini sendiri merupakan produk dari perusahaan AI non profit bernama Open AI. Perusahaan ini berdiri pada tahun 2015 yang lalu.

Perusahaan ini diinisiasi oleh Elon Musk dengan beberapa tokoh penting dari Silicon Valley, San Francisco, California. Di antaranya adalah Reid Hoffman dan Sam Altman.

AI Chat GPT ini dikembangkan dengan model pengolahan bahasa alami. Modelnya adalah deep learning sehingga layanan dapat memahami bahasa manusia.

Algoritma yang digunakan adalah neural network yang kompleks. Hal ini memungkinkan mesin dapat mempelajari pola dari bahasa manusia. Dengan begitu, layanan ini bisa menghasilkan teks yang mirip dengan teks yang diketik oleh manusia.

Kemampuan dalam meniru gaya penulisan sekaligus vocabulary yang lengkap membuat layanan ini seperti manusia. Tak ayal jika jawaban yang dihasilkan pun mudah dipahami oleh pengguna.

Produk ini hanya digunakan sebagai alat bantu dalam menyelesaikan sejumlah tugas. Misalnya ketika kamu bertanya tentang sesuatu, chatbot ini akan langsung memberikan jawaban di tempat.

Yang perlu diingat bahwa jawaban yang dihasilkan ini didapatkan dari generate konten yang sudah lama diinput. Idealnya, jawabannya didapatkan dari tahun-tahun sebelumnya. Jadi, jika pertanyaan yang ditanyakan merupakan informasi terbaru secara real time, layanan ini tidak bisa menjawabnya.

Layanan ini akan sangat bermanfaat untuk beberapa hal. Pertama adalah sebagai penyedia informasi. Tentunya, kamu bisa mengajukan pertanyaan tentang suatu topik di kolom yang tersedia. Nantinya, layanan akan memberikan jawaban cepat di dalamnya.

Kedua adalah sebagai pemberi saran. Misalnya ketika kamu bingung tentang tempat nongkrong di suatu daerah yang bagus, layanan bisa memberikan beberapa saran tempat terbaiknya.

Kemudian yang ketiga adalah membantu dalam meningkatkan produktivitas. Contohnya ketika hendak membuat sebuah konten yang bagus, kamu bisa memanfaatkan layanan ini.

Nantinya, layanan akan menunjukkan beberapa ide konten. Mulai dari judulnya hingga subtopik yang relevan. Dengan informasi ini, kamu tinggal mengembangkannya sendiri.

Baca juga: Mengenal AI Karakter yang Viral di Instagram dan Cara Menggunakannya

Kelebihan dan Kekurangan Chat GPT

Produk AI Chat GPT ini ditawarkan sebagai alat bantu bagi kamu yang hendak mencari sebuah jawaban. Tentunya, ada kelebihan dan kekurangan yang terdapat di dalamnya.

Kelebihan

Beberapa kelebihan dari layanan chatbot dari Open AI ini sebagai berikut:

  • Respons dalam memberikan jawaban lebih cepat
  • Jawaban yang tersaji sudah menggunakan bahasa yang dapat kamu pahami

Kekurangan

Sementara itu, ada beberapa kekurangan yang harus kamu pahami. Di antara kekurangannya sebagai berikut:

  • Kredibilitas dari jawaban yang ditampilkan tidak bisa dijadikan rujukan sepenuhnya lantaran input jawaban dilakukan oleh manusia sebelumnya
  • Kueri informasi masih terbatas dan maksimal kamu dapat mencari informasi dari jawaban yang terkumpul sampai tahun 2021
  • Jawaban yang dihasilkan bersifat umum sehingga terkadang tidak sesuai dengan yang pengguna inginkan

Cara Menggunakan Chat GPT Indonesia

Meskipun masih terbatas, nyatanya layanan ini cukup membantu bagi pengguna. Jika hendak menggunakannya, berikut ini cara pakai Chat GPT yang benar:

1. Buka Open AI

Langkah pertama kalinya adalah mengakses masuk ke browser. Kemudian, akses situs Open AI.

2. Registrasi dan Verifikasi Akun

Langkah keduanya adalah registrasi akun. Registrasi ini dibutuhkan supaya kamu dapat memaksimalkan layanan setiap saat.

Caranya adalah cukup dengan tekan Sign Up. Nantinya, kamu tinggal memasukkan data yang dibutuhkan.

Secara umum, data yang diperlukan adalah alamat email. Jangan lupa sertakan nomor pribadi yang masih aktif.

Lakukan pendaftaran sesuai petunjuk. Ketika hampir selesai, kamu perlu verifikasi pendaftaran dengan kode yang dikirimkan ke nomor handphone.

3. Mulai Ajukan Pertanyaan

Langkah ketiga adalah mulai mengajukan berbagai pertanyaan yang hendak dicari jawabannya. Caranya cukup dengan mengetik sebuah pertanyaan di kolom yang disediakan.

Setelah selesai mengetik pertanyaan, kirimkan melalui tombol pengiriman. Atau, cukup dengan Enter jika menggunakan laptop.

Layanan akan segera mengenerate jawaban. Tentunya, jawaban ini akan langsung tampil dengan gaya bahasa yang mudah dipahami.

Kamu pun bisa mengajukan beberapa pertanyaan lain di kolom yang sama. Pertanyaan dan jawaban tersebut akan tersimpan dalam layanan. Nantinya, kamu bisa mengakses informasi setiap saat sesuai dengan jenis pertanyaan yang tersimpan tersebut.

Demikianlah ulasan mengenai Chat GPT Indonesia. Sebuah layanan yang berbentuk format percakapan yang bisa digunakan untuk mencari jawaban atas pertanyaan umum secara cepat.

Mungkin Anda juga menyukai