Contoh Kerja Sama ASEAN di Bidang Ekonomi yang Tak Banyak Orang Ketahui 

bendera anggota ASEAN
Contoh Kerja Sama ASEAN di Bidang Ekonomi yang Tak Banyak Orang Ketahui. Photo by Pixabay
Waktu baca: 3 menit

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan ASEAN. Namun, apakah kamu tahu contoh kerja sama ASEAN di bidang ekonomi yang benar-benar bisa dirasakan oleh masyarakat Indonesia?

Sebenarnya, berdirinya ASEAN itu dilandasi atas dasar kerja sama untuk menyelesaikan masalah yang ada di regional. Bukan hanya masalah ekonomi, tapi juga masalah yang lain seperti kejahatan lintas negara, terorisme, dan lain sebagainya. Hanya saja, yang paling sering digaungkan adalah kerja sama di bidang ekonomi.

Namun, apakah kamu tahu contoh kerja sama ASEAN di bidang ekonomi khususnya yang menguntungkan Indonesia?

Baca juga: Ciri-ciri Terjadinya Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia

4 Bentuk Kerja Sama Ekonomi di Kawasan ASEAN 

Agar kamu lebih tahu apa saja manfaat dari kerja sama antara negara ASEAN, berikut ini 4 contoh kerja sama ASEAN di bidang ekonomi yang paling penting saat ini:

  1. Ketahanan Pangan 

Ketahanan pangan sekarang ini menjadi isu besar, tidak hanya di ASEAN tapi juga di seluruh dunia. Maka dari itu, setiap negara sekarang ini mencoba untuk menjaga ketahanan pangan mereka masing-masing dengan berbagai upaya. Misalnya saja meningkatkan lahan pertanian, memperbaiki sistem pengairan untuk pertanian, dan lain sebagainya.

Namun, setiap negara memiliki kelemahan masing-masing di bidang ketahanan pangan. Untuk itu, khususnya di ASEAN, diadakan kerja sama di bidang ketahanan pangan.

Contoh yang paling nyata sekarang ini adalah komitmen Thailand dan juga Vietnam untuk memastikan ketahanan pangan di ASEAN terjaga. Seperti yang sudah banyak orang ketahui, Thailand dan Vietnam merupakan dua negara yang menjadi lumbung padi. Kedua negara tersebut memiliki komitmen untuk terus meningkatkan jumlah padi yang dipanen sehingga mereka bisa menjadi supplier padi ke berbagai negara di ASEAN.

Sebenarnya, tidak hanya dua negara itu saja. Indonesia juga termasuk supplier pangan terutama padi meskipun di beberapa waktu tertentu Indonesia juga membutuhkan padi dari negara lain. Dan ini sebenarnya fungsi dari kerja sama ASEAN di bidang ekonomi. Mereka saling membantu dalam hal ketahanan pangan ketika ada negara yang sedang dalam kondisi darurat.

  1. AFTA

Pernah dengan istilah AFTA? Ini singkatan dari ASEAN Free Trade Area. Secara sederhana, ini merupakan Kawasan perdagangan bebas di wilayah ASEAN. Tujuannya agar kerja sama di bidang ekonomi antar negara semakin mudah. Tidak aturan yang membuat proses ekspor atau import menjadi begitu rumit. Hingga akhirnya produk utama di setiap negara bisa memiliki daya saing yang hebat.

Ada beberapa aturan yang membuat AFTA ini benar-benar menjadikan kerja sama antar negara begitu mudah. Misalnya saja common effective preferential tariff. Ini merupakan tarif bersama yang disepakati yang hanya 5-10 persen per produk. Diharapkan perusahaan yang mengekspor ataupun mengimport barang menjadi semakin bersemangat untuk menjalankan bisnisnya.

  1. Pusat Promosi ASEAN

Contoh kerja sama ASEAN di bidang ekonomi yang sekarang ini sedang ramai dibicarakan adalah pusat promosi ASEAN. Ini bertempat di Jepang. Mengapa yang dipilih Jepang? Karena inilah negara di ASEAN yang memiliki perkembangan yang begitu signifikan. Diharapkan dengan adanya pusat promosi ASEAN di Jepang membuat lebih banyak pengusaha mengerti tentang potensi bisnis di negara ASEAN. Hingga akhirnya mereka mau berinvestasi di negara yang mereka inginkan.

Ada beberapa sektor yang dipromosikan. Sektor tersebut adalah sektor yang paling strategis. Contohnya saja pariwisata, perdagangan, dan investasi. Adanya pusat promosi ASEAN ini, diharapkan para pengusaha dan investor besar bisa mempelajari setiap negara di ASEAN sehingga mereka bisa tertarik untuk berinvestasi dan berbisnis di negara yang menurut mereka menarik.

  1. AICO

Apa itu AICO? Ini singkatan dari Implementation ASEAN Industrial Cooperation atau implementasi kerja sama di bidang Industri pada negara ASEAN. Tujuan utamanya adalah kerja sama di bidang industri. Pasalnya, setiap negara memiliki kelebihan masing-masing. Diharapkan negara seperti itu bisa membantu negara lain untuk memiliki industri yang sama.

Contohnya saja di Aceh. Terdapat ASEAN Aceh Fertilize Project. Ini merupakan pabrik yang dibuat di Aceh sebagai sentral pupuk. Contoh lain adalah ASEAN Vaccine Project. Ini project yang ada di Singapura yang fokusnya untuk memproduksi vaksin, khususnya vaksin covid-19. 

Nah, itulah beberapa contoh kerja sama ASEAN di bidang ekonomi. Kerja sama tersebut sudah dilakukan dan Indonesia sudah menjadi bagian dari kerja sama tersebut.

Jelas Indonesia mendapatkan banyak manfaat, terutama dalam hal transformasi teknologi. Mungkin Indonesia tertinggal dalam hal teknologi. Singapura mungkin lebih maju. Namun, dengan adanya kerja sama ini, maka diharapkan ada simbiosis mutualisme. Singapura bisa memberikan informasi tentang teknologi. Sementara itu, Indonesia bisa menyuplai bahan pangan yang mana Singapura sangat memerlukan hal tersebut.

Akhirnya, diharapkan semua negara ASEAN sejahtera. Mereka bisa bersaing dengan negara-negara maju, terutama yang ada di Kawasan Eropa. Ini tujuan akhir dari kerja sama ASEAN di bidang ekonomi.

Artikel Lainnya