Cara Pintar Kelola Idle Money agar Tidak Habis Dimakan Inflasi

idle money
Cara Pintar Kelola Idle Money agar Tidak Habis Dimakan Inflasi. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Mengelola idle money adalah tren yang telah ramai dibicarakan dalam beberapa tahun belakangan ini. Salah satu alasannya adalah karena pandemic COVID-19 yang membuat masyarakat di seluruh dunia tidak bisa beraktivitas, termasuk di Indonesia lantaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Lho, apa hubungannya, ya? Karena penerapan PPKM, bisa dibilang rencana semua orang jadi harus dibatalkan. Contohnya rencana liburan atau perjalanan dinas, maupun hiburan dalam bentuk lainnya. Akibat dari pembatalan tersebut, ada dana yang sebelumnya sudah dialokasikan untuk liburan atau hiburan jadi menganggur, alias idle. 

Lantas, apa hubungan antara uang yang menganggur tersebut dengan idle money, ya? Apa pengertian dari idle money? Dan apakah dana ini bisa dikelola? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, kamu bisa simak penjelasan di bawah ini terlebih dahulu. Selamat membaca, ya!

Apa Itu Idle Money?

Secara garis besar, idle money adalah uang atau dana menganggur yang tidak digunakan untuk tujuan apapun. Sedangkan kalau menurut Investopedia, idle money ini berkaitan dengan investasi. Soalnya, idle money dijelaskan sebagai uang atau dana yang belum diinvestasikan sehingga tidak memberikan penghasilan bunga atau penghasilan investasi.

Uang yang menganggur ini bisa jadi awalnya sudah disiapkan untuk pengeluaran atau kebutuhan lain, baik itu yang berjangka panjang maupun pendek. Akan tetapi, karena ada satu hal yang terjadi, uang tersebut pun batal digunakan sesuai tujuannya semula sehingga akhirnya hanya menganggur dan tersimpan begitu saja.

Istilah lain untuk idle money adalah uang dingin, karena uang tidak berputar alias tidak digunakan. Atau karena uang hanya “mendekam” di dalam simpanan di bank begitu saja. Meski demikian, bukan berarti idle money atau uang dingin ini lantas tidak bisa kamu gunakan, lho!

Karena dananya menganggur, kamu bisa juga alokasikan untuk kebutuhan lain saja. Meski begitu, sebenarnya idle money paling cocok digunakan untuk berinvestasi saja karena artinya kamu punya peluang mendapatkan penghasilan bunga atau investasi, kan?

Kalau kamu kebetulan juga memiliki uang dingin, dan tidak ada pengeluaran yang mendesak sehingga uang dingin tersebut benar-benar menganggur, kamu perlu mengelola dana tersebut dengan cermat dan bijak. Salah satunya adalah dengan berinvestasi, termasuk investasi online yang saat ini sedang ngetren. Meski begitu, kamu juga perlu berhati-hati agar tidak berujung jadi korban penipuan online, ya!

Artikel Lainnya