Cara Pinjam Uang Online dengan Aman yang Perlu Diketahui

Cara pinjam uang online yang aman
Cara pinjam uang online yang aman. Photo by @firmbee
Waktu baca: 3 menit

Cara pinjam uang online adalah cara meminjam uang yang belakangan ini sangat populer. Hal ini disebabkan karena ada banyak kemudahan dan keuntungan yang didapatkan oleh para peminjam dana online ini. 

Akan tetapi perlu kamu ketahui bahwa meminjam dana secara online juga memiliki risiko. Salah satu resikonya adalah kamu bisa saja meminjam pada jasa yang salah dan mungkin akan mengalami penipuan. Oleh karena itu, untuk menghindari penipuan ini, cek beberapa tips berikut ini. 

Selidiki website dari jasa pinjaman online 

Begini tips KPR di masa pandemi.
Cari info pinjaman online lewat website. Photo by @dadaben_

Sebelum kamu memutuskan untuk meminjam uang dari salah satu jasa peminjaman uang online pastikan untuk menyelidiki terlebih dahulu asal usul yang jelas. Salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan dari jasa peminjaman uang online yang akan kamu gunakan adalah mengenai website yang dimiliki oleh jasa tersebut. 

Sebuah jasa peminjaman uang online yang jelas dan profesional, sudah pasti akan membangun website mereka dengan baik dan dengan profesional. Salah satu tanda bahwa website dari jasa peminjaman uang online dibangun dengan profesional adalah melihat keamanan dari jasa tersebut. 

Jika website dari jasa peminjaman uang online yang akan kamu gunakan memiliki domain “https” dan bukan “http” hal ini merupakan salah satu tanda bahwa jasa peminjaman uang online yang akan kamu gunakan adalah jasa yang terpercaya. 

Pastikan jasa terdaftar pada OJK 

fintech ilegal dan legal
Otoritas jasa keuangan. Photo by Tribunnews

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan pada saat akan menggunakan cara pinjam uang online adalah dengan memastikan jasa peminjaman uang online yang akan kamu gunakan adalah jasa yang terdaftar pada OJK. 

Di Indonesia, semua lembaga keuangan yang aman dan bisa menjamin keuangan kamu aman bersama dengan lembaga tersebut adalah OJK. OJK adalah satu-satunya lembaga yang dapat membantu menjamin lembaga keuangan yang akan kamu gunakan adalah lembaga yang aman dan tidak hanya tipu-tipu. 

Baca juga: AFPI dan OJK Perangi Fintech Ilegai di Indonesia

Hindari promosi peminjaman uang dari SMS 

Hindari hidup bermewah-mewahan.
Hindari tawaran pinjaman lewat SMS. Photo by Pixabay

Kamu pasti juga sering bukan mendapatkan SMS dari pihak jasa peminjaman melalui SMS? Meskipun sedang membutuhkan uang dalam keadaan terdesak, pastikan kamu menghindari jasa pinjaman seperti ini. 

Hal ini disebabkan karena jasa yang menawarkan peminjaman uang dengan menggunakan SMS atau mendekati kamu terlebih dahulu merupakan salah satu ciri dari jasa peminjaman dana yang bertujuan untuk melakukan tipu muslihat. 

Sebuah jasa pinjaman uang online terpercaya pasti akan melakukan promosi secara publik dan juga menggunakan jalur yang lebih efektif dari sekedar SMS anonim ke ponsel targetnya. Bagaimana bisa, kamu percaya dengan jasa pinjaman yang bahkan tidak mau mengeluarkan modal untuk promosi dengan menggunakan jalur yang benar?

Pastikan kamu membaca semua ketentuannya 

Baca ulasan
Baca ketentuan pinjaman. Photo by Stocksnap

Jika kamu pada akhirnya akan menggunakan jasa peminjaman uang online yang cukup dikenal dan cukup dipercaya banyak orang, hal terakhir yang harus dilakukan adalah membaca semua ketentuan dari jasa peminjaman uang online yang akan dipilih. 

Membaca dokumen syarat dan ketentuan adalah salah satu hal yang sangat penting karena di sini kamu bisa tahu hal-hal yang mungkin tidak ada di dalam promosi dari jasa peminjaman uang online yang akan dipilih. Contohnya mengenai kenaikan bunga, sanksi saat tidak bisa melakukan pembayaran dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Jika sudah melihat dokumen syarat dan ketentuan dan merasa tidak ada yang mencurigakan dari jasa yang akan dipilih tersebut, maka kamu bisa menggunakan cara pinjam uang online tersebut jika menginginkannya. 

Mungkin Anda juga menyukai