Strategi Ampuh Mencapai Financial Freedom

Ilustrasi meraih financial freedom
Strategi Ampuh Mencapai Financial Freedom. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Seperti mimpi rasanya bisa terlepas dari permasalahan finansial. Melakukan keputusan tidak dihantui dengan kondisi finansial. Tentunya hidup terasa tidak ada hambatan. Namun adakah kondisi dimana seseorang bisa benar-benar mengambil langkah tanpa terbebani masalah finansial?

Siapa sangka bahwa angan-angan tersebut adalah kondisi yang memungkinkan untuk dirasakan oleh setiap orang. Kondisi tersebut adalah financial freedom.

Apa sebenarnya kondisi financial freedom? Dan apa benar setiap orang bisa mencapai ketahap tersebut?

Baca Juga: Apa Mungkin Bisa Bebas Finansial Usia 30 Tahun?

Apa Itu Financial Freedom?

Ilustrasi orang meraih financial freedom.
Financial freedom. Photo by Pexels

Sebenarnya apasih yang dimaksud dengan financial freedom? Financial freedom atau kebebasan finansial merupakan keadaan yang dimana masalah keuangan bukan menjadi permasalahan utama. Saat seseorang sudah mencapai ke tahap financial freedom, ia dapat mengambil berbagai macam keputusan tanpa harus mengkhawatirkan masalah keuangan.

Tidak mengkhawatirkan mengenai masalah keuangan disini tidak berarti kamu harus menjadi jutawan. Namun kamu sudah mengelola keuanganmu dengan baik sehingga danamu sudah dialokasi dengan tepat. Karena itu, setiap langkahmu tidak akan terhambat karena masalah finansial.

Tahapan yang Harus Kamu Lalui Sebelum Mencapai Financial Freedom

Cara Mengatur Keuangan Gaji Harian
Tahapan menuju financial freedom. Photo by @lepetitpatte

Sebelum kamu mencapai financial freedom, ada beberapa tahap yang harus kamu lewati terlebih dahulu seperti;

  • Ketergantungan

Tahap ini dimana kamu belum mempunyai penghasilan dan masih bergantung dengan orang lain

  • Solvabilitas

Pada tahap ini kamu sudah mulai bisa memenuhi kebutuhanmu sendiri. Namun kamu masih membutuhkan bantuan orang lain untuk membantumu memenuhi kebutuhan.

  • Stabilitas

Seperti namanya, keadaan finansialmu sudah mulai stabil. Kamu sudah bisa memenuhi kebutuhanmu sendiri dan melunasi utang. Walaupun sudah stabil, ada kemungkinan kamu membutuhkan bantuan orang lain. Hal ini biasanya karena penghasilan dan gaya hidup yang tidak seimbang.

  • Bebas Utang

Bukan hanya bisa memenuhi kebutuhan diri sendiri, namun kamu mampu untuk tidak meminjam uang lagi. Kamu juga sudah bisa melunasi segala macam tagihan.

  • Keamanan Finansial

Pada tahap ini kamu sudah memiliki tabungan bahkan sudah mampu untuk berinvestasi. Kamu juga sudah bisa menikmati hasil tabungan ataupun investasi yang kamu miliki.

  • Kemandirian Finansial

Pada tahap ini kamu sudah mengelola danamu dengan sangat baik. Sehingga kamu dapat memenuhi kebutuhan hingga gaya hidup.

  • Kebebasan Finansial

Ini adalah tahap dimana keadaan finansial bukan lagi menjadi hambatanmu dalam mengambil keputusan.

Bagaimana Cara Mewujudkan Financial Freedom?

Ilustrasi tahapan meraih financial freedom
Cara mewujudkan financial freedom. Photo by Pixabay

Berada ditahap financial freedom bukanlah sebuah mimpi. Berikut ini tips mengatur keuangan agar kamu bisa mewujudkan financial freedom.

  • Menetapkan Tujuan Hidup

Apa tujuan hidupmu? Tentunya setiap orang memiliki tujuan hidup yang berbeda. Begitu juga dengan tujuan finansialmu. Tentukanlah tujuan keuanganmu. Jika secara spesifik sudah menetukan tujuan keuanganmu, kini saatnya membuat rencana untuk mewujudkannya.

  • Memahami Kondisi Finansialmu Saat Ini

Hanya kamu yang dapat mengetahui seperti apa kondisi keuanganmu. Bagaimana pendapatanmu setiap bulannya, apakah kamu sudah bisa melunasi utangmu, bagaimana dengan tabungan yang kamu miliki dan juga apa rencanamu saat ini. Jika kamu sudah memahami secara baik bagaimana kondisi finansialmu, kamu dapat menentukan darimana kamu akan memulai.

  • Mengatur Keuangan

Mengelola keuangan dengan baik mempunyai dampak yang besar untuk mewujudkan kebebasan finansial. Mulai hindarilah pengeluaran yang melebihi penghasilan, mulai menghemat, dan memastikan kamu mengalokasikan dana dengan baik untuk kebutuhan darurat.

  • Melunasi Utang

Hal yang membuat orang gagal dalam mencapai tahap kebebasan finansial adalah utang. Jika kamu masih terlilit utang, sulit bagimu untuk bisa mencapai finansial freedom. Pastikan kamu sudah bisa melunasi utang-utangmu. Saat pendapatanmu sudah stabil, usahakanlah untuk tidak berhutang.

  • Mulai Berinvestasi

Saat kamu sudah mampu mengelola keuangan dengan baik, kini saatnya mengembangkan danamu dengan berinvestasi. Tidak ada kata terlambat untuk memulai investasi. Kamu bisa memulainya kapan saja dengan jumlah berapa saja.

Pentingnya Financial Freedom

Ilustrasi pentingnya meraih financial freedom
Pentingnya financial freedom. Photo by Pexels

Disaat kamu sudah mencapai tahap finansial freedom, kamu akan memiliki banyak pilihan dan peluang. Tentunya kamu tidak akan merasa terbebani ataupun terhalangi masalah finansial. Bagi beberapa orang financial freedom dapat mengurangi stress ataupun ketidakpastian di masa yang akan datang. Hal ini karena kamu sudah mengalokasikan danamu dan mempersiapakn untuk hal-hal mendatang dengan baik.

Kamu juga dapat menghabiskan waktumu lebih luang untuk keluarga dan teman saat sudah mencapai finansial freedom. Kamu tidak terus-terusan mengejar dan memikirkan akan pendapatan untuk menutupi segala kebutuhanmu.

Tidak mustahil bukan untuk mencapai kebebasan finansial? Tidak ada kata terlambat ataupun terlalu cepat untuk mulai mewujudkan kebebasan finansial!

Artikel Lainnya