Pinjaman Uang Online Terpercaya, Ini Kelebihan dan Keamanannya

Pinjaman uang online terpercaya.
Pinjaman uang online terpercaya. Photo by KlikCair
Bagikan:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Waktu baca: 5 menit

Pinjaman uang online terpercaya memperbolehkan kamu untuk menyelesaikan semua proses peminjaman uang baik dari proses pre kualifikasi hingga proses pencairan dana tanpa perlu datang ke cabang bank. Hal ini disebabkan karena semua proses ini dilakukan dengan menggunakan sistem online. 

Proses dari pinjaman online ini sangat mudah dan sangat cepat. Sayangnya jasa pinjaman online ini ada yang terpercaya dan ada juga yang tidak. Untuk tahu bagaimana membedakan jasa pinjaman online yang aman dan yang tidak, berikut ini adalah ulasannya. 

Apa yang dimaksud dengan jasa pinjaman online?

Apakah utangmu sudah lunas?
Jasa pinjaman online. photo by Pexels

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jasa pinjaman online merupakan jasa yang akan membantu kamu mendapatkan dana darurat dengan sistem online. Jasa ini melakukan semua kegiatan dengan sistem online, baik dari kegiatan pengumpulan data, hingga penagihan, semuanya dilakukan dengan sistem online. 

Hal inilah yang membedakan antara sistem pinjaman online dengan sistem pinjaman uang tradisional. Selain itu, ada lagi perbedaan lain antara jasa pinjaman dana online dengan jasa pinjaman dana tradisional. Apa saja perbedaan tersebut? Berikut ini adalah ulasannya. 

Tidak ada kontak fisik

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, hal yang paling membedakan sistem pinjaman KTA tanpa kartu kredit dengan sistem pinjaman tradisional adalah semua kegiatan dilakukan tanpa adanya kontak fisik. 

Aplikasi singkat

Selain tidak memerlukan kontak fisik untuk bisa mendapatkan dana darurat, kamu juga bisa mendapatkan uang darurat yang kamu butuhkan ini dalam waktu yang sangat cepat. Hal inilah yang membuat sistem peminjaman online sangat cocok untuk kamu yang membutuhkan uang dalam waktu singkat. 

Sering menawarkan bunga yang rendah

Salah satu perbedaan dan bisa menjadi kelebihan dari sistem peminjaman dana online adalah mengenai suku bunga yang cukup rendah. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cara pinjam uang online memang memperbolehkan kamu untuk melakukan setiap aktivitas banking secara online. Hal ini membuat pihak bank sendiri tidak perlu mengelola kantor, staff dan juga hal-hal lain yang berhubungan dengan sistem perbankan offline. 

Dengan minimalnya biaya operasional dari bank online, maka hal ini memungkinkan bank online menawarkan suku bunga pinjaman yang cukup rendah. Akan tetapi hal ini sering kali tidak diterapkan. Meski begitu sistem peminjaman dana online tetap populer karena pencairan dana yang tergolong cepat. 

Baca juga: Perbedaan Peer to Peer Lending dengan Equity Crowdfunding

Apakah jasa pinjaman online merupakan jasa yang aman?

Keamanan.
Keamanan jasa pinjaman online. Photo by Pixabay

Bicara mengenai reputasi dan juga keamanan melakukan transaksi dengan bank online, banyak orang sesungguhnya bisa dibilang bank online cenderung memiliki reputasi yang buruk. Apalagi jika nama perusahaan pinjaman online yang kamu temukan bukan nama pinjaman online yang dikenal. 

Bentuk dari tidak amannya penggunaan jasa pinjaman online ini bisa dilihat dari banyak hal. Mulai dari syarat pinjam uang di bank yang digunakan untuk hal yang tidak semestinya, penipuan dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Salah satu bentuk penipuan dari jasa peminjaman online adalah usaha dari pihak peminjaman dana online ini untuk mencuri uang yang kamu miliki. Memang ada banyak sekali pihak keuangan online yang benar-benar akan membantu kamu untuk mendapatkan uang darurat, tapi kamu juga tidak boleh lengah dari kemungkinan penipuan ini. 

Menghindari jasa pinjaman online ilegal

Takut berbicara lewat telepon.
Menghindari jasa pinjaman online ilegal. Photo by Pexels

Untuk kamu yang ingin mencari pinjaman uang online terpercaya, maka pastikan kamu tahu terlebih dahulu bahwa ada banyak hal yang harus kamu perhatikan dan selidiki sebelum menggunakan jasa pinjaman online. Apa saja hal yang perlu diperhatikan pada saat kamu akan menggunakan jasa pinjaman dana online ini? Berikut ini ulasannya. 

Hindari jasa pinjaman online yang menanyakan data yang sensitif 

Untuk kamu yang ingin meminjam dana online yang aman, hal pertama yang harus kamu perhatikan untuk menggunakan jasa yang aman adalah dengan menghindari jasa yang menanyakan data yang sensitif. Data yang termasuk data sensitif antara lain adalah siapa nama ibu kamu, beberapa nomor yang ada di balik kartu ATM kamu, foto kartu ATM, nomor telepon yang terdaftar untuk i-banking atau mobile banking dan bahkan kode OTP. 

Jika jasa pinjaman online yang akan kamu gunakan ini menanyakan data-data yang sifatnya sensitif dan harus disembunyikan, maka sebaiknya langsung putus kontak dengan jasa tersebut karena jasa tersebut bisa diindikasikan sebagai jasa penipuan. 

Hindari jasa yang menawarkan pinjaman uang dengan bunga tinggi 

Salah satu bentuk penipuan dari jasa pinjaman online adalah mengenai banyaknya uang pinjaman yang harus kamu kembalikan. Banyak jasa yang fokus pada penawaran kemudahan sistem kredit dan kemudahan pencairan dana. 

Akan tetapi sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan jasa pinjaman ini karena tergiur dengan pinjaman yang mudah dan cepat cair ini, kenali lebih dalam mengenai sistem bunga dari jasa tersebut. Hindarilah jasa peminjaman dana online yang membuat kamu harus membayar bunga dengan jumlah yang besar agar nantinya kamu tidak kesulitan membayar uang yang sudah kamu pinjam. 

Kenali ciri dari jasa pinjaman online scammer 

Hal lai yang perlu kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk menggunakan aplikasi pinjam uang online adalah dengan mengenali ciri-ciri dari jasa peminjaman online yang memiliki tujuan untuk melakukan penipuan. 

Ciri dari jasa peminjaman online yang berbahaya

Pinjaman uang online terpercaya
Ciri pinjaman berbahaya. Photo by Pixabay

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sebelum kamu memutuskan untuk meminjam uang pada sebuah jasa, perhatikan terlebih dahulu apakah jasa peminjaman online yang kami miliki ini memiliki ciri berikut ini atau tidak. 

  • Jasa memastikan pengajuan pinjaman kamu 100% akan disetujui 
  • Jasa peminjaman tidak teregistrasi dan tidak diawasi oleh OJK 
  • Jasa menekan kamu untuk mengambil aksi secepat mungkin dan terkesan terburu-buru 
  • Jasa tidak memiliki alamat offline 
  • Jasa meminta adanya pembayaran di depan 
  • Jasa pinjaman menghubungi kamu terlebih dahulu
  • Website dari jasa pinjaman yang tidak aman 

Jika jasa pinjaman modal usaha tanpa jaminan yang akan kamu gunakan memiliki salah satu atau beberapa ciri-ciri dari jasa pinjaman online di atas, maka kamu perlu lebih berhati-hati karena besar kemungkinan jasa yang akan kamu gunakan ini adalah jasa penipu. 

Untuk kamu sudah terlanjur menjadi salah satu korban dari jasa pinjaman online scammer, maka hal yang harus kamu lakukan adalah segera melakukan pelaporan pada polisi. Selain itu, kamu juga harus segera melakukan pelaporan online, contohnya pada forum pinjaman online atau pada platform sosial. 

Tujuan dari pelaporan online ini adalah untuk mengingatkan orang lain agar tidak tertipu dengan jasa scammer yang sama dengan yang sudah menipu kamu . Jika orang lain yang membaca laporan kamu juga dihubungi oleh jasa tersebut, orang tersebut bisa memberikan laporan pada polisi sehingga jasa pinjaman dana yang tidak terpercaya tersebut bisa segera diringkus. Demikian ulasan mengenai cara membedakan pinjaman uang online terpercaya dan scammer yang harus kamu tahu. Semoga informasi tersebut bermanfaat!


Bagikan:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

You may also like...