Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan yang Kamu Harus Pelajari Sekarang Juga

Ilustrasi pelanggan puas
Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan yang Kamu Harus Pelajari Sekarang Juga. Photo by KlikCair
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Cara meningkatkan loyalitas pelanggan memang bukan perkara mudah. Akan tetapi, bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya ya. Lihat saja brand-brand besar yang namanya sudah berpuluh-puluh tahun. Meskipun banyak kompetitor berdatangan, brand mereka tidak kalah pamor. Itu artinya pelanggan tetap loyal, tidak pindah ke lain hati.

Jadi, apakah meningkatkan loyalitas itu bisa dipelajari? Sangat bisa. Asal kamu tahu bagaimana caranya dan kamu menerapkan secara konsisten. Pasalnya, menjaga loyalitas itu harus dilakukan terus menerus.

Siap untuk mempelajari hal yang satu ini?

9 Tips yang Bakal Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Kamu 

tulisan we hear you
Meningkatkan loyalitas pelanggan. Photo by @jontyson

Langsung ke pokok pembahasan, ini dia 9 hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga dan meningkatkan loyalitas pelanggan kamu.

  1. Kasih Apa yang Pelanggan Mau

Ini hal yang sangat penting dan tidak boleh kamu lupakan. Kamu harus tahu apa yang pelanggan kamu inginkan. Dan kamu harus mewujudkan hal tersebut. Misalnya saja pelanggan kamu lebih suka dengan warna-warna mencolok. Maka produk kamu harus disesuaikan.

Lalu, bagaimana cara mengetahui hal tersebut? Cara yang paling mudah adalah dengan mengirimkan pertanyaan kepada pelanggan kamu. Dari jawaban mereka itulah kamu akan tahu apa sih yang kebanyakan pelanggan kamu inginkan.

Agar pelanggan kamu termotivasi untuk memberikan jawaban, kamu bisa memberikan imbal balik. Misalnya saja kamu memberikan potongan harga untuk pembelian selanjutnya atau kamu berikan hadiah langsung.

  1. Dengarkan Mereka Saat Complain 

Tidak ada yang sempurna. Pasti ada saja produk yang kurang bagus. Istilahnya adalah produk gagal. Dan ketika pelanggan mendapatkan produk seperti ini, wajar jika mereka complain atau mengeluh.

Apa yang harus kamu lakukan? Tidak ada yang lain selain mendengarkan keluhan mereka tersebut. Setelah itu, kamu bisa merespons dengan berbagai hal, seperti mengganti dengan produk baru yang kualitasnya bagus atau mengembalikan uang pelanggan tanpa ada potongan.

Baca juga: Pebisnis Pemula Ingin Sukses? Yuk Simak Caranya di Sini

  1. Bangun Komunikasi yang Baik

Mulai sekarang, kamu harus menggunakan apapun channel yang ada, mulai dari Facebook, Instagram, Youtube, dan lain sebagainya untuk berkomunikasi dengan pelanggan kamu. Bangun komunikasi yang baik. Ini yang akan menjaga serta meningkatkan loyalitas mereka.

Posting konten yang membuat pelanggan kamu selalu ingat dan suka dengan brand kamu. Balas juga setiap komentar yang mereka tulis. Sesekali, kamu bisa menjelajahi media sosial mereka lalu berikan komentar. Ini cara komunikasi di era digital seperti saat ini.

  1. Berikan Perhatian Khusus

Ada pelanggan kamu yang berulang tahun? Kirim ucapan selamat ulang tahun. Kamu bisa kirimkan ucapan tersebut melalui email atau kartu ucapan yang kamu kirim via kartu pos. Ini salah satu bentuk perhatian khusus yang akan membuat pelanggan kamu semakin loyal. Apalagi jika kamu juga sekaligus berikan diskon untuk pelanggan yang sedang ulang tahun tersebut.

  1. Respons Cepat

Setiap kali ada pembelian, jangan tunggu terlalu lama. Langsung berikan respons cepat. Kirimkan segera produk yang mereka order. Semakin cepat semakin baik.

  1. Meningkatkan Kualitas Produk

Menjaga kualitas produk itu memang penting. Akan tetapi, akan jauh lebih penting lagi ketika kamu mampu meningkatkannya.

  1. Menawarkan Hal yang Baru

Dalam bisnis, inovasi itu sangat penting. Lakukan inovasi demi meningkatkan kualitas produk sekaligus untuk memenuhi apa yang menjadi kebutuhan dan juga keinginan pelanggan saat ini.

  1. Berikan Value 

Mau membuat pelanggan semakin setia? Jangan hanya menawarkan produk dengan kualitas yang terus lebih baik. Tunjukkan juga bahwa ada value atau nilai luhur yang kamu juga berikan. Misalnya saja, kamu tunjukkan bahwa produk yang kamu buat itu terbuat dari bahan yang ramah lingkungan. Katakan bahwa dengan membeli produk kamu, pelanggan sudah turut serta dalam menjaga lingkungan.

Value yang lain? Banyak. Contoh yang lain adalah menyumbangkan sebagian keuntungan untuk anak yatim dan orang yang tidak mampu, perusahaan kamu ikut serta dalam pembangunan fasilitas ibadah dan pendidikan, dan lain sebagainya.

  1. Siapkan Reward 

Reward atau hadiah itu tidak harus diberikan terus menerus. Justru ketika kamu berikan terus menerus, hadiah tersebut terasa tidak spesial. Kamu bisa siapkan hadiah di momen spesial seperti di hari ulang tahun perusahaan atau di momen spesial lainnya. Ini akan membuat pelanggan terkesan dan semakin loyal.

Jadi, sudah tahu kan apa saja yang perlu dilakukan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan?


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai