11 Cara Meningkatkan Komunikasi yang Efektif dalam Perusahaan

Cara Meningkatkan Komunikasi yang Efektif dalam Perusahaan
11 Cara Meningkatkan Komunikasi yang Efektif dalam Perusahaan. Photo by @austindistel
Waktu baca: 4 menit

Komunikasi menjadi hal penting yang tidak dapat diabaikan terutama dalam lingkup perusahaan. Bagaimana cara meningkatkan komunikasi yang efektif dalam perusahaan perlu dipahami semua karyawan.

Perlu pemahaman yang jelas sebuah misi, tujuan atau maksud tertentu dalam pekerjaan. Jangan sampai pemahaman antara kamu dengan pimpinan atau karyawan lain berbeda makna sehingga hasil tidak sesuai harapan.

11 Cara Meningkatkan Komunikasi yang Efektif Dalam Perusahaan Agar Kerja Tim Optimal

Sebuah kesuksesan tim bisnis dalam perusahaan tergantung dari komunikasi efektif. Adapun contoh komunikasi yang efektif adalah singkat, jelas, padat dan mengena pada sasaran yang dimaksud. 

Contoh pimpinan meminta tolong mengerjakan tugas A, malah yang kamu kerjakan tugas B. Jika selalu ditolerir, berdampak kurang bagus di kemudian hari.

Membutuhkan satu pemahaman utuh dalam menyampaikan tugas atau pekerjaan sehingga mudah dimengerti pihak lain yang berkaitan. Untuk itu kamu perlu mengetahui cara meningkatkan komunikasi yang efektif dalam perusahaan, antara lain:

1. Interaksi Pada Jam Istirahat

Cara meningkatkan komunikasi yang efektif dalam organisasi berikutnya ketika jam istirahat tiba. Manfaatkan waktumu untuk melakukan diskusi santai dengan sesama karyawan lain.

Dengan begitu timbul hubungan baik sesama rekan kerja bahkan pimpinan. Obrolan santai, ramah dan tanpa beban akan memberi nuansa berbeda tapi secara tidak langsung meningkatkan kebersamaan tim.

2. Komunikasi Langsung

Teknologi canggih berkembang pesat membuat komunikasi dapat mudah dilakukan walau secara jarak jauh. Namun, untuk mendapatkan chemistry yang tepat sesama karyawan atau kamu dengan pimpinan lakukan komunikasi efektif secara  langsung.

Komunikasi secara langsung akan meminimalisir kesalahpahaman yang mungkin terjadi. Jika bertemu secara langsung kamu dapat bertanya apapun yang belum jelas. 

3. Menjadi Pendengar yang Baik

Strategi membangun dapat dilakukan dengan menjadi pendengar yang baik. Kamu dapat melakukannya saat berkomunikasi dengan sesama rekan kerja atau pimpinan untuk mendalami apa maksud perkataan mereka.

Fokus mendengarkan apa yang menjadi pembicaraan biasanya dapat memadatkan pemahaman dan resiko salah paham bisa diminimalisir. Menjadi pendengar akan mampu membuatmu memahami perspektif orang lain dalam suatu masalah atau tugas.

4. Umpan Balik

Komunikasi akan terjalin dengan baik apabila ada umpan balik. Jika kamu adalah pimpinan sebuah tim, maka adanya umpan balik akan memberi wawasan dan ketegasan baru untuk para anak buah lainnya.

Umpan balik menjadi strategi membangun komunikasi yang efektif, tim semakin solid dan tahu apa yang harus mereka lakukan. Jika kamu melakukannya dengan sangat baik, yakin bahwa tim bisa berjalan sesuai perencanaan yang ada.

5. Ramah

Cara meningkatkan komunikasi yang efektif dalam perusahaan berikutnya adalah senantiasa bersikap ramah. Ramah bukan dalam artian terlalu kenal atau sok dekat dengan pimpinan atau rekan kerja lain, tapi tetap pada tempatnya.

Sikap ramah yang kamu miliki akan berdampak positif dalam berhubungan dengan rekan kerja lain hingga pimpinan. Normalnya, setiap individu lebih menyukai orang bersikap ramah daripada pemarah atau judes.

6. Hargai Pendapat Orang lain

Berbeda pendapat tentu sudah sering kamu rasakan dalam sebuah pertemanan perusahaan. Karakter dan latar belakang yang berbeda membentuk sifat yang berbeda-beda dalam masing-masing individu.

Salah satu komunikasi yang efektif dalam pekerjaan dengan  menghargai pendapat orang lain. Apapun pendapatnya bisa berbeda satu dengan yang lain apalagi organisasi perusahaan. Adapun yang perlu kamu ingat perbedaan jangan sampai menyebabkan konflik.

7. Update Informasi

Berbicara sesama rekan kerja atau pimpinan akan menyenangkan jika update informasi terkini. Jika tidak, kamu hanya akan menjadi pendengar tapi tidak paham apa yang dibicarakan. Jangan sampai hal tersebut terjadi karena berkomunikasi efektif perlu informasi terbaru.

Mengetahui informasi terbaru akan mempermudah kamu dalam menyesuaikan diri. Apalagi informasi terkait pekerjaan yang sedang kamu lakukan. Usahakan tidak lemot dan mengetahui dengan jelas dengan respon cepat tahu apa yang harus dilakukan.

8. Menggunakan Bahasa Tubuh

Bahasa tubuh saat berbincang antara manager atau kamu dengan rekan yang lain gunakan bahasa tubuh yang baik. Misalnya saja melakukan kontak mata sehingga orang lain tahu kamu benar-benar mendengarkan apa yang diperbincangkan.

Jika berhadapan dengan pimpinan kontak tubuh harus sesuai dan tetap terkontrol baik. Kesopanan tetap menjadi hal utama sesuai etika perusahaan agar komunikasi berjalan baik dan tidak ada kesalahpahaman.

9. Sampaikan dengan Benar dan Jelas

Setiap pekerjaan harus tersampaikan dengan benar dan jelas artinya tidak boleh multi tafsir. Untuk meminimalisir salah paham, gunakan kalimat sederhana, kata yang mudah dipahami, tidak bertele-tele dan jelas.

Dengan demikian orang yang kamu ajak bicara memahami secara rinci apa yang harus dikerjakannya. Pemahaman seperti ini bisa ditambahkan dengan memberi kesempatan untuk bertanya jika ada yang belum jelas.

10. Memberi Kesempatan Bertanya

Cara meningkatkan komunikasi yang efektif dalam perusahaan selanjutnya yaitu kamu perlu memberi kesempatan bertanya. Bertanya apa yang kurang dipahami orang lain akan mempermudah apa yang masih membingungkan versi individu.

Meskipun pemahaman masing-masing orang berbeda, dengan bertanya akan mengurangi resiko salah paham. Hal ini sangat penting terutama jika kamu berhadapan dengan orang yang kurang mudah memahami sistem, brief atau syarat dan ketentuan.

11. Komunikasi Terbuka

Open minded atau komunikasi terbuka adalah kunci dalam membangun komunikasi paling efektif dalam perusahaan. Adanya feedback yang muncul akan memperjelas bagaimana sistem kerjanya.

Masalahnya tidak semua feedback sesuai dengan keinginan dan akhir sesuai perencanaan. Namun, bagaimanapun juga open minded sebagai penunjang komunikasi paling ampuh dan efektif.

Mengetahui cara meningkatkan komunikasi yang efektif dalam perusahaan untuk meminimalisir kesalahpahaman akan membuat kamu lebih percaya diri. Apa yang harus dilakukan jelas karena benar-benar paham apa yang harus dikerjakan.

Baca juga: 5 Cara Mendelegasikan Pekerjaan Kepada Bawahan, Catat!

Manfaat Komunikasi Efektif dalam Perusahaan

Setiap komunikasi kerja yang baik akan memberikan banyak manfaat. Terlebih lagi jika dilakukan secara efektif sebagai budaya perusahaan. Adapun manfaat dari komunikasi efektif sebuah perusahaan yang perlu kamu ketahui antara lain:

1. Meningkatkan Produktivitas

Produktivitas akan meningkat dengan kebersamaan dan loyalitas karyawan karena lingkup kerja yang kondusif.

2. Membentuk Suasana Kerja yang Nyaman

Kerja pada lingkungan kurang nyaman sangat berpengaruh pada semangat dan mood. Kamu akan semangat menyelesaikan pekerjaan jika suasana kerja nyaman dan rekan kerja saling support.

3. Memaksimalkan Potensi

Potensi diri dapat tergali dan dimaksimalkan dengan memunculkan ide baru. Potensi yang kamu miliki akan berdampak baik bagi perusahaan.

4. Menghindari Konflik

Menghargai beda pendapat dapat menghindari konflik sehingga lingkungan kerja menyenangkan tanpa pertengkaran. Berbagai manfaat dengan tips komunikasi efektif memberi angin segar bagi perusahaan untuk terus melesat lebih baik lagi.

Pentingnya mengetahui cara meningkatkan komunikasi yang efektif dalam perusahaan agar resiko kesalahpahaman dapat kamu hindari. Dengan begitu pekerjaan dapat selesai dengan baik dan sesuai ketentuan perencanaan yang telah ditentukan.

Mungkin Anda juga menyukai