5 Cara Mendelegasikan Pekerjaan Kepada Bawahan, Catat!

Cara Mendelegasikan Pekerjaan Kepada Bawahan
5 Cara Mendelegasikan Pekerjaan Kepada Bawahan, Catat! Photo by @neonbrand
Waktu baca: 3 menit

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari pekerjaan, tentunya kamu harus mengetahui cara mendelegasikan pekerjaan kepada bawahan. Terlebih bagi seorang pemimpin yang perfeksionis, hasil kerja karyawan merupakan salah satu hal yang dibilang sangat penting.

Langkah proses delegasi pada dasarnya tidak semudah yang dibayangkan. Ada cara khusus untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari pendelegasian pekerjaan bawahan. Akan tetapi, saat ini masih banyak pemimpin yang melakukan segalanya sesuai dengan standar mereka.

Perlu untuk diketahui, hal tersebut sebenarnya membuat kamu semakin kelelahan. Jika kamu tertarik untuk mengetahui cara mendelegasikan pekerjaan kepada bawahan, artikel ini akan menjelaskan secara rinci mengenai hal tersebut. Cara ini pastinya terbilang cukup mudah.’

Cara Mendelegasikan Pekerjaan Kepada Bawahan dengan Efisien

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendelegasikan artinya melimpahkan wewenang. Secara arti luas delegasi adalah salah satu hal yang paling utama dalam memaksimalkan produktivitas, sehingga hasil yang diperoleh dapat terbilang lebih efisien.

Pada dasarnya mendelegasikan pekerjaan tidak dapat dilakukan secara sembarang orang. hal tersebut karena akan berdampak fatal dengan hasil kerja. Jadi, memang sangat diperlukan seseorang yang dapat melakukan delegasi pekerjaan kepada para bawahan secara efektif.

Tidak lupa, terapkan juga cara untuk delegasi. Lebih lanjut, berikut ini merupakan cara mudah melakukan delegasi pekerjaan kepada bawahan agar lebih efisien. Tentunya cara ini sudah banyak digunakan oleh pemimpin yang profesional. 

Baca juga: Apa Saja Perbedaan Manajemen dan Kepemimpinan?

1. Tentukan Orang yang Tepat 

Seperti yang diketahui banyak orang, mendelegasikan pekerjaan kepada bawahan disebut dengan pendelegasian. Dalam hal pendelegasian sangat diperlukan orang yang terbaik. Dengan menggunakan orang terbaik maka dapat dipastikan pendelegasian semakin efisien.

Kamu perlu mendengarkan, amati, dan berikan pekerjaan kepada orang yang dapat memberikan kontribusi. Tidak lupa, hindari campur tangan pada saat delegasi tugas. Kamu hanya perlu membantu mereka ketika merasa kebingungan.

Menggunakan cara ini sangat dipastikan akan dapat meningkatkan keterampilan para karyawan. Hal tersebut menjadi alasan mengapa seorang manajer harus mendelegasikan wewenang. 

2. Berikan Keterampilan Baru yang Bermanfaat

Cara mendelegasikan tugas kepada bawahan berikutnya yakni dengan cara memberikan keterampilan baru yang bermanfaat. Perlu untuk diketahui bahwa sebagian besar keterampilan dapat dipelajari seiring berjalannya waktu. 

Dalam penerapan cara ini mungkin akan memakan waktu yang cukup lama di awal waktu. Hal tersebut dikarenakan karyawan perlu menyesuaikan serta mengatasinya. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu mereka akan bisa melakukan tugas sendiri.

Adanya cara pendelegasian yang satu ini tentu akan sangat bermanfaat bagi karyawan maupun perusahaan. Karyawan akan mendapatkan keterampilan baru yang sangat bermanfaat, sedangkan perusahaan akan mendapatkan hasil kerja maksimal dari karyawan.

3. Berikan Petunjuk Dalam Delegasi Tugas

Cara mendelegasikan pekerjaan kepada bawahan selanjutnya memberikan petunjuk. Dalam mendelegasikan pekerjaan kepada bawahan sangat diperlukan petunjuk yang sangat jelas. Kamu mungkin berpikir bahwa tugas yang didelegasikan tampak mudah. 

akan tetapi, perlu diingat kembali sangat penting memberikan petunjuk dalam delegasi tugas. Melakukan delegasi wewenang kepada karyawan sertakan informasi sedetail mungkin. 

Selain itu, jika memiliki tenggat waktu, sertakan sejelas mungkin. Tidak kalah penting, berikan rincian tugas spesifik mungkin kepada karyawan. 

Hal tersebut bertujuan agar tidak terjadi miskomunikasi antara atasan dengan bawahan. Tidak hanya itu saja, karyawan juga dapat memberikan hasil yang maksimal jika diberikan petunjuk serinci mungkin. 

Pada poin ini menjadi jawaban hal-hal apa saja yang diperhatikan dalam pendelegasian wewenang kepada karyawan. 

4. Periksa Kemajuan Secara Berkala

Memeriksa kemajuan secara berkala sangat perlu dilakukan dalam mendelegasi tugas. Pada contoh delegasi tugas mendelegasikan tugas secara individu, kamu perlu mempercayai mereka melakukan pekerjaan sesuai caranya sendiri. 

Namun, pada pendelegasian tugas, atasan perlu melihat perkembangan dari karyawan. Penerapan cara ini bertujuan agar kualitas karyawan dapat dilihat secara detail. Tidak lupa, dalam pemberian tugas, sebaiknya informasikan secara mendetail mengenai tugas tersebut.

Sebenarnya pada pemeriksaan kemajuan, kamu tidak diharuskan melihat setiap saat. Cukup sekali maka kinerja karyawan akan terlihat. Pemeriksaan kemajuan menjadi faktor utama mendapatkan hasil maksimal dari mendelegasikan tugas kepada karyawan.

5. Berikan Pujian Kepada Karyawan

Cara mendelegasikan pekerjaan kepada bawahan selanjutnya yakni memberikan pujian kepada karyawan. Jika karyawan telah melaksanakan tugasnya dengan baik, tidak lupa berikan pujian serta penghargaan.

Dengan memberikan pujian tentunya akan membuat mereka bangga dengan hasil pekerjaan. Selain mengucapkan terima kasih, ada baiknya memberikan sesuatu tertulis yang layak untuk karyawan tersebut.

Menerapkan cara ini juga akan menciptakan loyalitas. Perlu diingat bahwa semakin cepat melakukan delegasi tugas, maka akan semakin cepat juga mengembangkan keahlian secara efektif.

Jadi, dalam kata lain memberikan pujian kepada karyawan akan sangat membantu meningkatkan kinerja karyawan dalam menyelesaikan tugas berikutnya.

Nah, itulah beberapa cara mendelegasikan pekerjaan kepada bawahan yang harus diketahui. Penerapan cara mendelegasikan pekerjaan kepada bawahan menjadi salah satu faktor keberhasilan delegasi tugas. 

Jadi, dapat dikatakan cara yang sudah dijelaskan sangat penting untuk diketahui serta diterapkan. Tidak lupa, setelah karyawan memberikan tugas dengan baik, berikan pujian serta hadiah. 

Hal itu, tentunya akan menjadi pendorong kinerja karyawan secara maksimal dalam mengerjakan pekerjaan.

Mungkin Anda juga menyukai