Apakah Bayar Pakai Exposure Bikin Untung? Simak di Sini

Bayar Pakai Exposure
Apakah Bayar Pakai Exposure Bikin Untung? Simak di Sini. Photo by Pixabay
Waktu baca: 3 menit

Metode bayar pakai exposure mungkin tengah populer di berbagai sosial media. Metode yang satu ini banyak digunakan oleh para pebisnis. Akan tetapi, masih banyak orang masih meragukan metode exposure ini. Oleh karena itu, kamu perlu melihat keuntungan exposure.

Awal mula terkenalnya metode pembayaran exposure ini berawal dari seorang influencer terkenal mendapatkan jasa tanpa bayaran. Pembayaran tersebut diganti menggunakan metode exposure. Permulaan tersebut, membuat semua pebisnis tertarik menggunakan exposure.

Jika kamu tertarik mengetahui lebih lanjut apa itu exposure dalam marketing, artikel ini akan menjelaskan secara lebih detail. Tentunya kamu akan mengetahui metode ini dari segi pengertian, keuntungan yang didapatkan, hingga faktor apa saja yang mendorong untung.

Exposure untuk Bisnis

Sebagian besar orang mungkin sudah tidak asing lagi mendengar kata exposure. Meskipun banyak yang sudah mengetahuinya, namun masih banyak juga orang mempertanyakan apa itu exposure dalam bisnis?

Perlu untuk diketahui, exposure dalam bisnis adalah sebuah keuntungan yang biasa diperoleh dari suatu brand dengan cara memperoleh popularitas. Umumnya metode ini melibatkan antara pebisnis dengan influencer yang sudah dikenal masyarakat secara luas. 

Sedangkan pengertian brand exposure adalah kegiatan yang umumnya dilakukan perusahaan untuk mengungkapkan mereknya dengan menggunakan berbagai strategi. Tujuan dilakukan cara ini yakitu meningkatkan brand awareness.

Dalam kata lain meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya produk yang ditawarkan. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, pembayaran exposure adalah para pebisnis memberikan barang yang akan diperkenalkan kepada influencer

Setelah itu, influencer akan memperkenalkan produk tersebut melalui akun sosial media mereka. Dengan begitu perusahaan bisnis kamu akan lebih cepat dikenal masyarakat. 

Baca juga: Begini Caranya Meminta Endorsement dengan Baik ke Influencer

Bayar Pakai Exposure, Apakah Menguntungkan?

Penggunaan exposure dalam selebgram saat ini sudah banyak digunakan. Akan tetapi metode pembayaran pakai exposure sering kali diragukan keuntungannya. Oleh karena itu kamu harus mengetahui jawaban apakah bayar pakai exposure dapat menguntungkan atau tidak.

Pada dasarnya metode bayar pakai exposure bisa mendatangkan keberuntungan jika melakukannya dengan cara yang tepat. Adapun beberapa cara melakukan exposure dalam marketing yang bisa bikin untung. 

1. Memilih Influencer yang Tepat

Sebelum melakukan metode exposure, ada baiknya kamu memastikan influencer yang dipilih memiliki kinerja yang baik. Selain dilihat dari jumlah pengikut, seberapa seringnya melakukan interaksi kepada pengikut juga menjadi hal yang paling dipertimbangkan.

2. Menganalisis Audiens

Selain menggunakan cara yang telah dijelaskan. Sebelum melakukan metode bayar pakai exposure, kamu diharuskan menganalisis audiens terlebih dahulu. Sama halnya dengan pebisnis pada umumnya yang memiliki target audiens.

Biasanya jika kamu menginginkan target audiens berusia 20 hingga 30 tahun, sebaiknya gunakan influencer yang memiliki jumlah pengikut memiliki sebagian besar pengikut dengan umur tersebut. Hal ini juga akan menjadi faktor menentukan jumlah premi. 

3. Menggunakan Kualitas Konten Terbaik

Tidak kalah penting dari tips menguntungkan lainnya, pastikan juga kualitas konten sudah berkualitas tinggi. Sebelum menggunakan memilih influencer, sebaiknya kamu melihat terlebih dahulu portofolio dan kualitas konten.

Hal itu bertujuan agar dapat meningkatkan penjualan produk. Selain itu, memilih influencer dengan hasil konten terbaik juga akan membawa keuntungan kedua belah pihak.

Faktor yang Menentukan Keuntungan Bayar Pakai Exposure

Meskipun sebagian besar pebisnis meragukan keuntungan dari metode ini, namun banyak pebisnis lain dapat memperoleh keuntungan dari exposure. Hal tersebut dikarenakan melakukan strategi terbaik.

Selain itu, adapun faktor yang menentukan keuntungan pembayaran pakai exposure. Berikut ini merupakan faktor yang harus diketahui.

1. Kualitas Konten Promosi

Salah satu meningkatkan keuntungan total exposure yakni melihat kualitas konten. Sebagian besar pebisnis yang berhasil umumnya memiliki konten yang berkualitas tinggi. Kualitas konten tentunya sangat berkaitan erat dengan influencer yang dipilih.

Pada poin ini menjadi salah satu faktor utama keberhasilan bisnis dalam menggunakan metode exposure. Hal itu dikarenakan dengan menggunakan konten yang dikemas sekreatif mungkin, akan membuat audiens lebih tertarik untuk mengetahui lebih lanjut produk tersebut.

Selain itu, konten promosi juga menjadi gambaran image produk yang akan meningkatkan kepercayaan audiens. Jadi, dapat dikatakan kualitas konten menjadi faktor utama menentukan keuntungan.

2. Pemilihan Jenis Exposure

Pemilihan jenis exposure dalam bisnis juga menjadi faktor pendorong keuntungan bisnis. Ada banyak jenis exposure freelance yang kamu gunakan. Jenis tersebut bisa berupa konten berbentuk siaran langsung, feet post, IG TV, hingga instastory. 

Meskipun terbilang cukup mudah dalam memilih jenis exposure, namun perlu diingat kamu harus memilihnya dengan tepat. Hal tersebut bertujuan agar konten bisa menarik minat audiens. 

Selain itu, setiap fitur media sosial juga mempunyai karakteristiknya sendiri. Sehingga kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan strategi yang diterapkan.

Nah, itulah beberapa penjelasan apa itu exposure dalam bisnis hingga faktor apa saja yang menentukan keuntungan menggunakan metode ini. Penggunaan metode ini tentunya sangat direkomendasikan untuk semua pebisnis.

Selain dapat meningkatkan penjualan, pebisnis juga bisa mengeluarkan modal kecil untuk menggunakan influencer terkenal. Seperti yang diketahui banyak orang, sebaiknya terapkan terlebih dahulu beberapa tips membuat exposure dalam bisnis makin untung.

Mungkin Anda juga menyukai