Mengenal Penjualan Bersih, Cara Menghitungnya, dan Menyajikan Data dengan Baik

menghitung penjualan bersih
Mengenal Penjualan Bersih, Cara Menghitungnya, dan Menyajikan Data dengan Baik. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Penjualan bersih merupakan poin penting laporan keuangan. Angka ini berikan wawasan yang penting mengenai berapa banyak yang perusahaan hasilkan atas produk serta layanannya setelah diskon tertentu diperhitungkan. 

Memahami tentang penjualan bersih serta hubungannya dengan penjualan kotor akan bekali kamu untuk persiapkan serta evaluasi laporan keuangan secara baik. 

Pada artikel ini, akan dibahas mengenai pengertian penjualan bersih dan sejumlah hal yang terkait. Berikut pembahasan tersebut. 

Pengertian Penjualan Bersih

Laporan laba rugi merupakan laporan keuangan yang dipakai ketika menganalisa biaya operasional, pendapatan, serta pertumbuhan pendapatan suatu perusahaan. Laporan laba rugi perusahaan Anda dibagi jadi tiga bagian yang dukung analisa biaya modal, biaya langsung, serta biaya tak langsung. Bagian biaya langsung dari laporan laba rugi merupakan tempat penjualan bersih bisa untuk ditemukan. 

Penjualan bersih atau net sales adalah jumlah pendapatan didapatkan bisnis atau usaha setelah perhitungkan semua pengeluaran serta pengurangan relevan. Net sales berikan gambaran yang lengkap mengenai berapa banyak bisnis habiskan serta dihasilkan lewat proses penjualan. Mereka merupakan tokoh kunci yang dipakai oleh analis keuangan di dalam memahami kesehatan keuangan serta pendapatan bisnis keseluruhan. 

Angka penjualan bersih suatu bisnis menunjukkan berapa banyak yang perusahaan hasilkan dari berbisnis selama periode waktu yang tertentu, yang memungkinkan pemangku-pemangku kepentingan untuk buat kepuasan keuangan pada masa depan berdasarkan keberhasilan dari strategi penjualan perusahaan sekarang ini. 

Penjualan bersih lebih wakili kesehatan keuangan dibandingkan dengan penjualan kotor. Penjualan kotor tak merinci biaya dikeluarkan bisnis ketika selesaikan penjualan ini, sehingga jumlah kotor lebih tinggi selalu dibandingkan penjualan bersih ketika pemotongan dipakai. 

Net sales atau penjualan bersih penting karena laporan laba rugi yang hanya tampilkan penjualan kotor yang sesatkan jika diambil menjadi data. Ini bisa melebih-lebihkan secara signifikan pendapatan bisnis, buat investor, stakeholder, serta individu penting yang lain terlalu percaya diri. 

Keputusan keuangan dibuat dengan pertimbangkan penjualan kotor bisa hadirkan sejumlah tantangan, karena jumlah ini tak tunjukkan apa yang sebenarnya sudah dibuat oleh perusahaan dari produk serta layanan dengan faktual. 

Penjualan bersih dipengaruhi tiga macam potongan. Pengurangan ini kurangi penjualan kotor serta berikan laporan keuangan perusahaan secara lebih rinci. Pengurangan diambil dari net sales meliputi:

  • Tunjangan Penjualan: Tunjangan penjualan merupakan pengurangan harga diberikan ke pelanggan jika suatu produk punya cacat atau kerusakan. Ini diberikan setelah pembeli melakukan pembelian. Pembeli simpan produk tapi terima pengembalian dana sebagian yang menjadi kompensasi akan kesalahan itu. 
  • Diskon Penjualan: Diskon penjualan merupakan promosi ditawarkan ke pembeli apabila mereka melakukan pembayaran secara penuh dalam jangka waktu yang tertentu. Misalnya, pembeli mungkin terima diskon sebanyak 2% jika mereka bayar pesanan dengan penuh dalam waktu 10 hari semenjak diterima. Jika total penjualan adalah 200.000, maka diskon penjualannya adalah 4000. 
  • Pengembalian Penjualan: Jika pelanggan kembalikan barang ke perusahaan, pengembalian dana diberikan dihitung menurut pengurangan satu ini. Biasanya ini pengembalian dana penuh dari harga barang pembelian. 

Penjualan bersih cukup penting bagi analis yang menilai tentang tren bisnis. Meninjau baik itu penjualan bersih dan penjualan kotor di dalam kaitannya satu sama lainnya hasilkan wawasan yang berharga sekali. Jika perbedaan angka-angka ini tunjukkan peningkatan secara bertahap, penting untuk selidiki masalah ini secara lebih lanjut. Jika peningkatan tersebut disebabkan oleh diskon penjualan serta pengembalian barang yang semakin banyak, ini mungkin tunjukkan terdapat masalah pada kualitas produk. 

Analis keuangan bisa ingatkan orang-orang pada manufaktur, penelitian serta pengembangan, kontrol kualitas, serta departemen penting yang lain mengenai tren ini sehingga mereka bisa identifikasi masalah mengarah ke peningkatan jumlah pengembalian serta tunjangan.

Jika peningkatan selisih antara penjualan bersih dan penjualan kotor disebabkan tunjangan penjualan lebih tinggi, hal ini bisa indikasikan jumlah diskon promosi berlebihan. Di dalam hal ini, penting untuk bahas bagaimana diskon dikelola tim keuangan untuk pastikan jika promosi ini tak melebihi kemampuan dari perusahaan. 

Kamu harus evaluasi manfaat tunjangan penjualan ini pada biaya yang dikeluarkan untuk menyediakannya untuk pastikan kamu masih dapatkan jumlah menguntungkan untuk penjualan. 

Baca juga: Pelajari Cara Menghitung Kekayaan Bersih dan Hitung Milik Kamu Sendiri

Cara Menghitung Penjualan Bersih

Menghitung penjualan bersih penting saat kamu menyusun laporan keuangan. Ikuti sejumlah langkah berikut untuk secara akurat tentukan penjualan bersih.

  • Hitung Penjualan Kotor

Mulai dari penjualan kotor. Ini semua merupakan penjualan dilakukan selama periode kerjamu. Kamu tak perlu tentukan apa itu dibuat dengan uang tunai, kartu kredit, ataupun cara yang lain. Sertakan saja jumlah total. 

  • Kurangi Diskon Penjualan

Diskon penjualan merupakan imbalan apa saja yang kamu berikan ke pelanggan karena segera bayar tagihan mereka. Insentif ini bantuk pastikan bahwa Anda mempunyai arus kas stabil serta bisa diprediksi, tapi juga memberikan dampak negatif di penjualan bersih Anda. 

  • Kurangi Tunjangan Penjualan serta Retur

Saat pelanggan kembalikan produk, mereka terima jumlah penuh penjualan kembali. Tunjangan penjualan merupakan diskon besar-besaran ditawarkan untuk produk yang cacat. 

  • Hitung Penjualan Bersih

Penjualan bersih-mu merupakan jumlah penjualan kotor dikurangi total pengurangan. Misalnya, jika kamu punya penjualan kotor sebesar Rp 100.000 lalu dikurangi Rp 2.000 diskon penjualan, Rp 1.000 potongan penjualan, serta Rp 1.000 retur penjualan, maka penjualan bersih adalah Rp 96.000.

Intinya, rumus penjualan bersih yaitu penjualan kotor dikurangi dengan biaya-biaya lain, seperti diskon, retur, serta tunjangan. 

Menyajikan Data Penjualan Bersih dengan Baik

Biasanya bisnis menyajikan data penjualan bersih dengan satu dari dua cara. Cara tersederhana adalah menyoroti penjualan bersih sebagai nomor penjualan yang utama di laporan keuangan atau laporan laba rugi. Penjualan kotor serta potongan lalu disederhanakan jadi sebuah item baris. Namun, ini bisa hilangkan sejumlah informasi yang penting. 

Kamu pun bisa sajikan data penjualan bersih dengan lebih rinci. Untuk lakukan ini, kamu haru:

  • Perhatikan penjualan kotor pada bagian atas pernyataan
  • Membuat daftar pengurangan dengan rinci pada bawah penjualan kotor
  • Sorot penjualan bersih pada bawah pernyataan

Pendekatan ini tawarkan gambaran keuangan perusahaan secara lebih komprehensif. Dengan masukkan pengurangan yang lebih terperinci, analisa lebih mampu menilai keadaan dari bisnis. 

Menghitung penjualan bersih pada usaha atau bisnis merupakan cara yang terbaik untuk ketahui keuntungan yang bisnis kamu dapatkan secara keseluruhan. Dengan data itu, kamu bisa buat keputusan bisnis yang terbaik. 

Pada bisnis apa saja, data penjualan adalah data yang vital sekali di laporan keuangan. Data penjualan yang baik akan selalu berdasarkan pada transaksi terjadi di bisnis serta sesuai keadaan yang sebenarnya. Namun, bagaimana jika data penjualan tak tercatat dengan benar? Pastinya akan ciptakan bias di laporan keuangan, serta pada akhirnya akan mempengaruhimu di dalam mengambil keputusan bisnis secara tepat. 

Demikian pembahasan mengenai penjualan bersih dan beberapa hal terkait. Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya