Hilangkan Gaya Hidup Boros dengan Cara Ini!

gaya hidup boros
Waktu baca: 3 menit

Indonesia merupakan salah satu negara di Asia yang bisa dibilang memiliki tingkat konsumerisme yang tinggi. Oleh sebab itu, tidak mengherankan apabila masyarakatnya terkenal sangat boros. Gaya hidup boros ini tidak hanya dimiliki oleh kaum perempuan Indonesia saja, melainkan juga para prianya. Baik itu anak muda, remaja, ataupun orang tua.

Kebiasaan yang bisa dibilang buruk ini bisa diatasi dengan cara menerapkan sistem pengelolaan keuangan yang ketat. Tujuan dilakukannya hal ini adalah untuk mencegah agar pengeluaran tidak sampai kebablasan. Jika hal ini tidak segera diatasi dengan baik, maka kebiasaan boros tersebut akan sangat sulit untuk dihilangkan. Untuk melawan sifat yang satu ini, maka kita membutuhkan tekad dan kerja keras. Berikut ini beberapa cara untuk menghilangkan gaya hidup boros yang bisa kamu coba.

Rutin Menyusun Anggaran

Untuk mengatasi gaya hidup boros, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyusun anggaran secara rutin. Jika sebelumnya anggaran keuanganmu kacau, maka sebaiknya kamu segera menyusun anggaran yang baru. Kamu harus bisa menyusun daftar anggaran tersebut dengan sangat cermat.

Untuk menyusun anggaran ini, kamu harus mengetahui dengan pasti kebutuhan apa saja yang kamu perlukan selama satu bulan. Perlu kamu ketahui bahwa menyusun anggaran bulanan bukan berarti kamu harus memangkas semua pengeluaran dengan tidak masuk akal. Misalnya Kamu bisa memangkas anggaran perawatan ke salon yang awalnya Rp 300.000 menjadi Rp 200.000. Pada susunan anggaran ini, kamu harus bisa membuatnya dengan total biaya yang real.

Membuat Skala Prioritas

Semua orang pasti memiliki skala prioritas dalam hidupnya, termasuk kamu. Prioritas ini jenisnya yang berbeda-beda, baik makanan, pakaian, sepatu ataupun gadget. Membuat skala prioritas artinya menyusun anggaran berdasarkan daftar kebutuhan yang paling penting terlebih dahulu. Untuk berbagai kebutuhan yang tidak terlalu penting, kamu bisa mengesampingkannya terlebih dahulu. Sebab, yang harus kamu penuhi terlebih dahulu adalah kebutuhan pokok.

Jangan Mudah Tertarik karena Diskon

Diskon merupakan salah satu daya tarik yang dapat membuat seseorang menghabiskan uangnya dalam sekejap. Seseorang yang pada awalnya tidak akan berbelanja pasti tetap akan mengeluarkan uangnya ketika melihat diskon yang diberikan oleh berbagai toko. Hal ini tidak hanya terjadi pada diri kamu sendiri, tetapi hampir semua orang juga merasakan hal yang sama.

Baca juga: Supaya Tidak Zonk, Perhatikan 6 Hal Ini Saat Belanja Online

Memanfaatkan diskon memang hal yang sangat bagus untuk memangkas pengeluaran. Namun, bukan berarti kamu harus membeli semua barang diskon. Satu hal yang perlu kamu ingat adalah tidak semua barang diskon itu murah. Oleh sebab itu, jangan mudah tergiur dengan diskon besar-besaran yang ditawarkan oleh suatu toko.

jangan mudah tertarik diskon
Tahan diri, gak semua mesti dibeli via unsplash.com

Beli Barang Karena Butuh, Bukan Ingin

Hal lain yang sering kali membuat kamu menghabiskan banyak uang adalah membeli sesuatu berdasarkan keinginan dan bukan kebutuhan. Ada banyak orang yang sulit untuk membedakan kedua hal tersebut. Perlu kamu ketahui bahwa kebutuhan merupakan barang pokok yang memang benar-benar dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari. sementara itu, keinginan merupakan sesuatu yang berfungsi untuk pemuas hasrat saja. Oleh sebab itu, untuk menghilangkan gaya hidup boros, sebaiknya hindarilah untuk membeli barang hanya karena kamu menyukainya. Kamu harus bisa mengutamakan apa saja yang kamu butuhkan agar terhindar dari gaya hidup boros.

Membawa Uang Secukupnya

Salah satu kesalahan yang paling banyak dilakukan ketika berbelanja adalah membawa terlalu banyak uang tunai. Padahal, hal tersebut justru akan membuat kamu menjadi lebih boros. Pada awalnya kamu hanya akan membeli satu barang saja, setelah berada di tempat perbelanjaan kamu akan merasa bahwa uang yang kamu bawa cukup untuk membeli dua barang yang kamu sukai. Jadi, usahakan untuk selalu membawa uang secukupnya ke mana pun kamu pergi.

Selain harus menghilangkan gaya hidup boros, kamu juga harus mulai belajar mengenai investasi. Sebab, semakin lama kamu berinvestasi, maka akan semakin besar pula keuntungan yang bisa kamu dapatkan di masa depan. Salah satu jenis investasi yang sedang digandrungi saat ini adalah investasi peer-to-peer landing. Jenis investasi yang satu ini telah banyak digunakan oleh banyak orang, khususnya generasi milenial. Dengan melakukan jenis investasi yang satu ini, kamu bisa mendapatkan keuntungan dan manfaat berinvestasi sejak berusia muda.

You may also like...

Leave a Reply