Keuntungan dan Bahaya dari KTA tanpa Kartu Kredit

Keuntungan dan bahaya KTA tanpa kartu kredit.
Keuntungan dan bahaya KTA tanpa kartu kredit. Photo by Pixabay
Waktu baca: 3 menit

KTA tanpa kartu kredit adalah salah satu jenis pinjaman yang sangat populer di era modern seperti saat ini. Hal ini disebabkan karena sistem KTA yang satu ini memberikan banyak kemudahan dan juga keuntungan bagi peminjamnya. Akan tetapi pinjaman tanpa menggunakan agunan ini juga memiliki beberapa bahaya. Apa saja bahaya dan keuntungan menggunakan jasa KTA ini? Berikut ini adalah ulasannya. 

Apa itu KTA tanpa kartu Kredit?

KTA
Kredit Tanpa Agunan. Photo by CNBC Indonesia

Sebelum kita membahas mengenai kelebihan dan kekurangan dari KTA tanpa menggunakan kartu kredit, maka kita kenali dahulu apa yang dimaksud dengan KTA dan juga KTA tanpa menggunakan kartu kredit. 

KTA adalah singkatan dari kredit tanpa agunan. Yang dimaksud agunan adalah jaminan seperti surat tanah, surat kendaraan dan masih banyak lagi. Ketika kamu meminjam uang di bank, maka sudah pasti bank akan meminta jaminan seperti surat tanah, surat kendaraan dan hal-hal berharga lainnya sebagai jaminan bahwa kamu akan melunasi hutang. Akan tetapi kamu juga bisa berhutang dengan menggunakan kartu kredit jika kamu ingin meminjam dana dari bank. 

Satu produk teknologi yang lebih baru lagi memperbolehkan kamu untuk meminjam dana tanpa menggunakan agunan maupun menggunakan kartu kredit. Pinjaman ini dikenal dengan KTA tanpa kartu kredit. Pinjaman jenis ini biasanya merupakan pinjaman yang ditawarkan secara online, baik itu melalui aplikasi ataupun melalui website. 

Keuntungan  

keuntungan koperasi.
keuntungan koperasi. Photo by Moneywise

Mendapatkan bantuan dana berupa KTA jenis ini belakangan sangat diminati, pasalnya memang ada banyak sekali keuntungan yang akan kamu dapatkan jika menggunakan layanan ini. Beberapa keuntungan tersebut antara lain adalah :

Proses cepat 

Salah satu hal yang membuat produk digital ini menjadi salah satu program yang sangat menarik adalah mengenai prosesnya yang cukup cepat. Ketika kamu menggunakan jasa pinjaman uang online terpercaya yang beroperasi dengan menggunakan aplikasi, maka kamu bisa mendapatkan uang darurat tersebut dalam waktu yang sangat cepat. 

Untuk mendapatkan pinjaman ini, kamu hanya perlu mengunduh aplikasi, mengklik beberapa tombol persetujuan dan kamu bisa mendapatkan uang yang kamu ajukan sebagai pinjaman tersebut tanpa banyak basa basi. 

Proses tidak berbelit

Hal lain yang membuat proses KTA jenis ini populer adalah prosesnya yang tidak berbelit. Jasa yang menawarkan peminjaman dana online tanpa agunan dan tanpa kartu kredit, biasanya tidak akan membutuhkan banyak dokumen. Kamu mungkin hanya perlu mengisi beberapa informasi pribadi untuk bisa mendapatkan uang pinjaman.

Tidak membutuhkan jaminan berupa harta kekayaan 

Pada bank besar, peminjaman dana memang lebih sering dilakukan dengan jaminan. Artinya, kamu harus punya uang dahulu untuk bisa mendapatkan pinjaman. Akan tetapi dengan jasa kredit tanpa agunan dan tanpa kartu kredit ini kamu bisa dengan mudah mendapatkan uang pinjaman tanpa perlu memiliki harta kekayaan terlebih dahulu. 

Bahaya KTA tanpa kartu kredit

Bangun riwayat kredit lebih mudah.
Bahaya KTA tanpa kartu kredit. Photo by @tierramallorca

Kemudahan dari penggunaan jasa pinjaman tanpa agunan ini memang sangat menggiurkan. Akan tetapi perlu kamu tahu bahwa jasa ini bisa saja merupakan jasa penipu. Jasa ini bahkan bisa menggunakan data kamu untuk menipu orang lain.

Hal inilah yang membuat kamu harus jeli dan benar-benar paham mengenai jasa KTA tersebut yang akan kamu gunakan. Pastikan jasa pinjaman online yang akan kamu gunakan ini terdaftar pada OJK dan pastikan bahwa jasa tersebut tidak memeras kamu dengan bunga yang tinggi. 

Mungkin Anda juga menyukai