10 Cara Hidup Hemat yang Seharusnya Kamu Lakukan dari Sekarang

Orang sedang menghitung menggunakan kalkulator
10 Cara Hidup Hemat yang Seharusnya Kamu Lakukan dari Sekarang. photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Menerapkan cara hidup hemat termasuk dalam upaya mempersiapkan masa depan. Tidak ada yang pernah tahu apa yang akan terjadi di esok hari. Apakah terjadi hal genting atau tidak, membutuhkan pengeluaran yang cukup banyak atau tidak. Karenanya menyisihkan sebagian uang yang didapatkan sebagai proteksi harus dilakukan sekarang juga.

10 Cara Hidup Hemat

Kalkulator dan setumpuk koin
Cara hidup hemat. Photo by Pixabay

Kamu tentu berharap bisa memiliki keamanan finansial saat pensiun dari pekerjaan. Keamanan tersebut membutuhkan persiapan yang dilakukan dengan membiasakan hidup berhemat. Dengan berhemat memastikan Kamu mendapat manfaat mempunyai dana cadangan guna membangun masa depan. Adapun berikut ini beberapa cara untuk hidup hemat yang bisa dibiasakan mulai sekarang, di antaranya:

  1. Mengelola Pengeluaran < Pemasukan

Kelola pengeluaran sebaik mungkin. Kunci utama agar bisa memiliki dana lebih dalam simpanan adalah memastikan pengeluaran kurang dari pemasukan. Meski Kamu merasa pengeluaran bulanan tidak begitu banyak, tidak berarti dibenarkan untuk menghambur-hamburkan uang terlebih hanya untuk kepentingan yang bersifat keinginan bukan kebutuhan.

Baca juga: 7 Cara Produktif Mengembangkan Uang 100 Ribu

  1. Prioritas Kebutuhan dan Keinginan

Untuk mendukung cara hidup hemat pertama, maka Kamu harus tahu prioritas kebutuhan dan keinginan. Agendakan belanja bulanan dengan daftar barang-barang yang pasti Kamu gunakan tiap harinya. Tekan hal-hal yang bersifat keinginan dalam daftar prioritas. 

Kamu tetap bisa hidup meski tidak menonton film di bioskop rutin tiap bulannya. Akan tetapi, Kamu tidak bisa hidup sehat jika hanya sesekali makan karena menyisihkan uang untuk gaya hidup semata. Mungkin Kamu menggunakan label “penghargaan diri”, boleh tapi Kamu harus tahu batasan kebutuhan dan keinginan yang bersifat kepuasan sementara.

  1. Selalu Menjaga Kesehatan

Apa kaitannya menjaga kesehatan dengan hidup hemat? Dengan menjaga kesehatan memastikan Kamu tidak harus berkunjung ke dokter untuk berobat. Di mana berobat bisa jadi mengharuskan Kamu mengeluarkan dana tidak sedikit.

Bukan berarti pelit. Jika memang sakit sudah seharusnya pergi berobat ke dokter. Akan tetapi, tentu Kamu setuju mencegah dengan cara menjaga kesehatan tentu lebih menyenangkan. Karena kesehatan itu mahal.

  1. Membiasakan Membawa Bekal

Cara hidup hemat juga bisa diawali dengan hal sederhana seperti membiasakan diri membawa bekal. Membawa bekal cenderung lebih hemat dibanding harus membeli makanan di luar yang bisa jadi harganya 2 hingga 5 kali lebih mahal. Membawa bekal tidak hanya menghemat pengeluaran Kamu, tetapi juga lebih menjamin gizi dan kebersihannya daripada jajan sembarangan.

  1. Membiasakan Go Green

Membiasakan diri untuk go green ternyata juga bisa membantu menghemat pengeluaran bulanan. Misalnya saja mematikan saklar saat lampu tidak digunakan, mengganti kran yang rusak, menggunakan sepeda atau berjalan kaki untuk menempuh tujuan yang dekat, dan lainnya. Beberapa kebiasan baik yang ramah lingkungan tersebut ternyata juga bisa membantu merealisasikan hidup hemat.

  1. Mengumpulkan Uang Receh

Jangan pernah menyepelekan uang receh. Karena sedikit uang receh yang rutin Kamu kumpulkan bisa turut mengubah nominal dalam tabungan. Kumpulkan uang receh yang Kamu miliki dalam satu wadah. Setelah dirasa cukup penuh Kamu bisa menukarkannya dengan uang kertas. Pastikan Kamu akan terheran-heran, kebiasaan ini bisa memberi Kamu kelebihan uang yang cukup berguna.

  1. Memanfaatkan Promo

Setiap bulan sekarang ada hari yang disebut Hari Belanja Nasional atau Habolnas. Pada hari itu banyak promo diberikan. Kamu bisa memanfaatkannya untuk belanja bulanan dengan biaya lebih terjangkau.

Namun, hati-hati jangan lantas kalap membeli barang di luar kebutuhan. Karena itu tetap dibutuhkan daftar belanja sesuai prioritas kebutuhan dan keinginan. Dengan demikian promo-promo yang diberikan akan sejalan dengan cara hidup hemat yang sedang Kamu lakukan.

  1. Disiplin Menabung

Membiasakan disiplin untuk menabung akan membantu Kamu tetap konsisten hidup hemat. Dalam hal ini Kamu bisa memasang target tertentu. Bisa berupa target uang yang harus ditabung tiap harinya, tiap bulannya, atau besar capaian tabungan dalam setahun. Dengan mengetahui adanya target yang harus dicapai, secara otomatis Kamu akan berpikir ulang untuk mengeluarkan uang yang bukan bersifat kebutuhan.

  1. Membeli Barang Bernilai Investasi

Saat berhasil menabung dan merasa tidak cukup iman untuk menyimpannya terus-menerus, mengapa tidak mencoba investasi? Investasi yang dimaksud di sini adalah membeli barang dengan nilai investasi seperti emas atau tanah. Keduanya contoh barang yang tidak mungkin rugi karena jarang mengalami penurunan nilai. 

Dengan membeli barang investasi, maka secara tidak langsung membantu Kamu menekan kebiasaan mencairkan dana tabungan sekedar untuk dibelanjakan. Hal ini karena Kamu merasa tidak ada cukup tabungan untuk hal-hal di luar kebutuhan.

  1. Tetap Hidup Sederhana

Kunci terakhir cara hidup hemat agar sukses adalah tetap hidup sederhana. Memiliki gaji besar belum menjamin Kamu akan menjadi orang kaya. Orang-orang yang dikenal kaya memiliki ketekunan menyisihkan pendapatan yang didapatkan dari kerja keras. Pendapatan tersebut dijaga dengan selektif dalam pengeluaran. Memiliki gaya hidup sederhana menjadi cara terampuh mempertahankan kekayaan dan cocok dengan sikap hidup hemat.

Artikel Lainnya