Latihan Ini Bisa Kamu Pakai Sebagai Cara Mengatur Keuangan agar Bisa Menabung

Cara Mengatur Keuangan agar Bisa Menabung
Latihan Ini Bisa Kamu Pakai Sebagai Cara Mengatur Keuangan agar Bisa Menabung. Photo by Pexels
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Banyak yang bilang menabung itu susah. Meskipun sudah direncanakan, tetap saja uang tabungan tidak kunjung bertambah. Jika itu juga yang kamu alami, kamu perlu tahu bagaimana cara mengatur keuangan agar bisa menabung.

Jangan skeptis dulu degan kata mengatur keuangan. Mungkin kamu merasa pendapatan atau gaji kamu kecil sehingga rasa-rasanya tidak mungkin bisa menabung. Ini persepsi yang salah.

Bukan sedikit atau banyaknya gaji yang menentukan apakah seseorang bisa menabung atau tidak. Yang terpenting adalah cara mengatur keuangan. Kamu bisa lihat sendiri beberapa teman atau saudara kamu yang mungkin gajinya di atas kamu. Namun, apakah mereka semuanya bisa menabung? Belum tentu, bukan?

Makanya, kuncinya ada pada mengatur keuangan. Dan sekaranglah waktunya kamu pelajari cara mengatur keuangan agar bisa menabung.

Butuh Latihan Khusus Agar Bisa Menabung

Cara Mengatur Keuangan agar Bisa Menabung
Butuh latihan khusus untuk menabung. Photo by Pixabay

Setidaknya lakukan 5 hal berikut ini secara konsisten dan kamu akan merasakan sendiri hasilnya.

Selalu Sisihkan Uang untuk Tabungan

Asuransi sebagai tabungan dan investasi masa depan.
Sisihkan uang untuk tabungan. Photo by rawpixel

Apakah kamu orang yang mendapatkan gaji pasti setiap bulan? Jika ya, langsung sisihkan uang gajian tersebut untuk tabungan. Jangan gunakan untuk hal yang lain apalagi jajan, beli gadget, atau beli barang yang tidak penting. Setelah dapat gaji, langsung ambil uang untuk ditabung.

Bagaimana dengan yang tidak punya gaji pasti bulanan? Sama saja. Hanya saja, kamu perlu ambil uang untuk ditabung setiap kali kamu mendapatkan uang. Misalnya saja kamu pekerja yang mendapatkan uang per project. Setelah project selesai dan payment sudah dilakukan, langsung saja ambil entah itu 5 atau 10 persen untuk ditabung. Jadi, jika dalam 1 minggu kamu menyelesaikan 5 project, kamu bisa 5 kali menabung setiap minggunya.

Setelah ada uang yang disisihkan untuk ditabung, baru kemudian kamu tentukan pos lainnya. Misalnya pos untuk keperluan makan, sosial, dana darurat, dan lain sebagainya. Jika masih ada sisa, ada baiknya sisa tersebut kamu masukkan ke tabungan lagi.

Baca juga: 5 Tujuan Menabung yang Perlu Dipahami

Jangan Sepelekan Uang Receh

Batasi pengeluaran receh.
Jangan sepelekan uang receh. Photo by Pixabay

Menabung tidak harus menyisihkan uang secara khusus. Kamu bisa siapkan satu botol air mineral. Ini sebagai celengan untuk uang receh. Misalnya ada kembalian receh setelah kamu belanja, langsung masukkan ke dalam botol tersebut. Begitu juga jika kamu menemukan receh di dashboard mobil, di kantong celana, dan lain sebagainya. Daripada hilang, ambil dan masukkan ke celengan botol air mineral.

Siapkan Rekening Khusus

Pisahkan rekening pribadi dan rekening bisnis.
Siapkan rekening khusus. Photo by Pixabay

Sebaiknya jangan satukan rekening uang untuk kehidupan setiap hari dengan rekening tabungan. Buat rekening khusus untuk menabung. Akan lebih baik jika rekening tersebut tidak disertai dengan ATM. Tujuannya agar tidak ada keinginan untuk mengambil uang tersebut.

Tentukan Target

Tentukan tujuan yang jelas.
Tentukan target yang jelas. Photo by Pixabay

Jika sudah terbiasa menabung receh dan mulai terlihat nominal uang tabungan yang ada di rekening, saatnya naik level. Mulailah dengan menentukan target tabungan. Misalnya saja dalam 1 tahun, target uang yang ada di rekening buku tabungan sebesar 12.000.000. Itu artinya kamu harus siap menabung secara rutin 1.000.000 tiap bulannya.

Lakukan Self Reward

Kurangi kebiasaan makan di luar.
Lakukan self reward. Photo by @priscilladupreez

Self reward itu memberikan hadiah kepada diri sendiri. Misalnya saja 1 bulan ini kamu berhasil menabung 1.000.000, berikan reward dengan cara membeli makanan paling enak yang kamu suka, jalan-jalan, atau sekedar bersantai di rumah sambil menonton acara favorit.

Itulah cara mengatur keuangan agar bisa menabung. Menabung itu kata yang sangat mudah diucapkan namun sulit untuk dipraktikkan. Menabung itu kebiasaan. Karena kebiasaan, maka kegiatan positif ini harus dilakukan secara perlahan-lahan. Mulailah dengan menabung uang receh. Naikkan ke nominal yang tinggi secara berkala. Ini poin terpenting agar kamu sukses menabung.


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai