5 Tujuan Menabung yang Perlu Dipahami

Tujuan Menabung
5 Tujuan Menabung yang Perlu Dipahami. Photo by @sandym10
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Menabung merupakan hal yang penting dilakukan guna meraih masa depan keuangan yang lebih baik. Maka dari itu, sudah banyak orang tua yang mengajari anaknya untuk menabung sedari kecil. Dengan begitu, kamu bisa lebih paham dengan tujuan menabung.

Menabung di zaman dulu biasanya dilakukan dengan cara menaruh uang di bawah bantal atau bisa juga dimasukan ke celengan. Seiring perkembangan zaman, kini menabung juga bisa dilakukan di bank dengan cara membuka rekening di bank tersebut. Setelah itu, kamu cukup menyetorkan dana yang ingin ditabung.

Adapun keuntungan menabung di bank ialah bank mempunyai sistem keamanan yang berlapis sehingga data dan uang nasabah bisa terlindungi. Selain itu, menabung di bank juga menghindarkan uangmu dari kerusakan karena dimakan rayap, berjamur, dan sebagainya. Jangan lupa juga bahwa dengan menabung di bank dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Keuntungan lainnya ialah kamu bisa mendapatkan bunga jika menabung di bank yang dihitung berdasarkan saldo tabungan. Serta tabunganmu bisa ditarik kapan saja jika membutuhkan dana mendesak.

Tujuan Menabung

Menabung biasanya dilakukan untuk persiapan masa depan keuangan yang lebih baik. Jika kamu memiliki tabungan yang cukup, maka keuangan hari tuamu terjamin. Namun selain itu, ada beberapa tujuan menabung yang perlu dipahami. Simak penjelasannya di bawah ini.

  • Memarkirkan dana
tujuan menabung
Memarkirkan uang. Photo by Pixabay

Menabung di bank bisa dianalogikan seperti memakirkan kendaraan di tempat yang bagus dengan fasilitas kemanan dan kenyamanan. Tentu untuk mendapatkan fasilitas tersebut, kamu perlu membayar biaya parkir sesuai dengan tarif yang berlaku.

Sama halnya dengan menabung di bank. Kamu harus melakukan setoran awal sesuai kebijakan masing-masing bank serta membayar biaya administrasinya. Perlu diketahui TemanKlik, saat menabung di bank kamu tidak hanya mendapatkan keamanan dan kenyamanan saja. Kamu juga akan mengantongi keuntungan dari bungan yang diberikan bank atas tabunganmu meski besarannya masih di bawah bunga deposito.

Baca juga: Catat! Inilah 7 Bank yang Bagus untuk Menabung

  • Memenuhi kebutuhan
tujuan menabung
Memenuhi kebutuhan. Photo by Pexels

Dengan menabung, kamu bisa memenuhi kebutuhan hidup. Misalnya, kamu sedang ingin membeli laptop, sepatu, atau apapun yang kamu butuhkan namun harganya cukup mahal. Kamu bisa menabungnya perlahan tapi pasti.

  • Menyiapkan dana darurat
tujuan menabung
Siapkan dana darurat. Photo by Pexels

Sebenarnya, tabungan dan dana darurat harus dipisah. Namun, jika uangmu hanya baru bisa memenuhi salah satunya, kamu dapat menjatuhkan pilihan untuk menabung. Dengan begitu, kamu bisa juga memanfaatkannya untuk dana darurat yang digunakan sewaktu-waktu jika ada kebutuhan yang mendesak.

  • Berhemat
tujuan menabung
Berhemat. Photo by Pexels

Menabung secara disiplin dapat menjauhkanmu dari kebiasaan konsumtif. Maka dari itu, dengan menabung kamu bisa mulai berhemat.

  • Mencapai tujuan keuangan
tujuan menabung
Beli rumah butuh dana besar. Photo by Pixabay

Jika kamu memiliki tujuan keuangan seperti membeli rumah, menikah, melanjutkan pendidikan, dan lain sebagainya, gunakanlah tabungan untuk mewujudkannya. Kamu bisa mulai dengan mengalokasikan dana 20% dari penghasilanmu setiap bulan untuk menabung demi mencapai tujuan keuangan tersebut.

Demikian 5 tujuan menabung yang perlu dipahami TemanKlik. Dengan begitu, kamu bisa makin disiplin menabung dan menabung bisa jadi gaya hidupmu.


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai