Deposito Sebagai Tempat Penyimpanan Uang yang Aman

Ilustrasi uang sedang dihitung untuk deposito
Deposito Sebagai Tempat Penyimpanan Uang yang Aman. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Semakin dewasa, semakin banyak juga mempelajari mengenai cara-cara menyimpan uang yang baik dan aman. Tidak hanya bertujuan untuk menyimpan dana saja, namun bagaimana dana yang kita simpan bisa menjadi investasi masa depan dan berkembang. Banyak produk dari bank yang menawarkan jasa penyimpanan uang namun di sisi lain memberikan keuntungan kepada nasabahnya untuk jangka panjang.

Mungkin kamu sering mendengar istilah deposito. Salah satu produk untuk menyimpan uang di bank. Tapi tahukah kamu lebih lanjut mengenai deposito? Apa jenis-jenis deposito? Apakah manfaat dan sistem kerjanya sama seperti tabungan biasa? Simak artikel ini untuk mengulik lebih lanjut tentang deposito.

Baca Juga: Pelajari Simulasi Deposito agar Tahu Potensi Keuntungan yang Kamu Dapatkan

Apa Itu Deposito?

Ilustrasi uang yang dimasukan ke dalam deposito
Pengertian deposito. Photo by Pexels

Deposito merupakan layanan yang disediakan oleh bank untuk untuk menyimpan uang. Berbeda dengan rekening biasa, sistem deposito dilakukan dengan penyerahan dana diawal dan untuk menariknya memiliki ketentuan. Dana deposito hanya bisa ditarik sesuai dengan kesepakatan antara pihak bank dan juga nasabah. Biasanya pihak bank dan nasabah memberikan jangka waktu kapan dana deposito dapat dicairkan. Untuk suku bunga, deposito lebih kompetitif dibandingkan dengan tabungan biasa.

Namun bagaimana jika kamu memutuskan untuk mencairkan dana depositomu lebih awal dari waktu yang sudah ditetapkan? Dalam kasus ini, beberapa bank memperbolehkan nasabahnya untuk mencairkan depositonya lebih awal dari jangka waktu yang ditetapkan. Biasanya nasabah akan dikenakan penalti atau potongan yang harus ditanggung.

Jenis-Jenis Deposito

Ilustrasi uang di dalam deposito
Jenis-jenis deposito. Photo by Pixabay
  • Deposito Berjangka

Deposito Berjangka merupakan salah satu jenis deposito dengan peminat yang sangat banyak. Cara kerja depostio berjangka dengan penarikan dana hanya dapat dilakukan sesuai kesepakatan antara pihak bank dan nasabah. Deposito jenis ini biasanya diterbitkan atas nama perorangan ataupun lembaga. Untuk bunga dari deposito berjangka ini, pihak bank akan mentransfernya ke rekening yang terdaftar ataupun secara kredit. Tingkat suku bunga dari deposito berjangka juga termasuk tinggi dibandingkan tabungan biasa.

  • Sertifikat Deposito

Sertifikat Deposito pada intinya sama saja seperti deposito berjangka. Penarikannya memiliki jangka waktu sesuai kesepakatan antara pihak bank dan juga nasabah. Seperti namanya, deposito jenis ini berbentuk sertifikat. Sertifikat ini mengacu kepada lembaga ataupun perorangan. Untuk pencairan bunganya, sertifikat deposito dilakukan di muka, setiap bulan atau saat jatuh tempo.

  • Deposito On Call

Deposito jenis ini memiliki waktu yang sangat singkat. Berbeda dengan deposito jenis lainnya, deposito on call memiliki jangka waktu kurang dari 1 bulan. Akan tetapi, minimum jumlah dana yang harus di setorkan harus dengan jumlah yang besar. Mulai dari 50 juta rupiah hingga 100 juta rupiah. Untuk besaran suku bunga biasanya sesuai dengan negosiasi antara pihak bank dan nasabah.

Manfaat Deposito

Uang di dalam toples.
Manfaat deposito. Photo by Pixabay
  • Cara Aman Menyimpan Uang

Dengan mengikuti program deposito, uang kamu akan tersimpan dengan aman. Deposito dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan), maka dana yang kamu simpan di deposito terjamin keamanannya.

  • Mendapatkan Bunga

Bunga dari deposito termasuk kompetitif dibandingkan dengan bunga tabungan biasa. Bunga dari deposito bisa 3 kali lipat dari suku bunga tabungan. Besar bunga yang diberikan berdasarkan jangka waktu penyimpanan.

  • Mengakses Bunga dengan Mudah

Walaupun dana deposito hanya dapat diambil dalam jangka waktu yang sudah ditetapkan, namun bunganya tetap dapat dinikmati oleh nasabahnya. Bunga akan di transfer oleh pihak bank ke rekening nasabah.

  • Sebagai Cara untuk Berinvestasi

Sebagai investor pemula, deposito menjadi salah satu cara investasi yang mudah dan aman. Risiko berinvestasi dengan instrument deposito sangatlah kecil. Nilai intrumen investasi satu ini tidak terpengaruh dengan kondisi pasar modal ataupun pasar uang. Maka deposito menjadi instrumen investasi yang stabil.

Setelah mengenal lebih lanjut mengenai deposito, saatnya kamu mempertimbangkan untuk membuka deposito di bank pilihanmu. Cara yang aman untuk menyimpan dan mengembangkan danamu!

Artikel Lainnya