5 Game yang Mengajarkan Mengelola Keuangan

Game yang Mengajarkan Mengelola Keuangan.
5 Game yang Mengajarkan Mengelola Keuangan. Photo by @habibdadkhah
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Bermain game menjadi salah satu hal yang dilakukan untuk mengisi waktu luang dan menghilangkan stres. Sebab dengan bermain game tentu akan membuatmu menjadi merasa lebih senang. Selain itu, sebenarnya bermain game juga dapat mengajarkan mengelola keuangan loh.

Ada beberapa game yang benar-benar mengajarkan untuk mengelola keuangan. Lalu, apa saja game tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

Monopoly

Game monopoly. Photo by Pexels

Monopoly merupakan salah satu board game yang populer di semua kalangan. Permainan ini diciptakan oleh Lizzie Magie pada 1903. Bahkan, game monopoly ini juga telah hadir dalam versi mobile game dengan berbagai judul, tampilan, serta variasi.

Dalam memainkan game ini, dibutuhkan setidaknya minimal 3 orang. Selain itu ada banyak aturan-aturan yang harus dipatuhi. Game yang lisensinya dipegang oleh Hasbro ini mengajarkan kita untuk menjalankan bisnis properti. Gameplay yang ditawarkan di antaranya ialah membeli dan menjual petak properti, pertukaran uang di bank, hingga membayar sewa dan denda.

Selain itu, kita juga diharuskan bisa mengelola keuangan di dalam game. Beberapa hal yang dilakukan dalam mengelola keuangan di antaranya ialah mengelola kas dan transaksi keuangan, memahami pajak dan dana darurat, negosiasi, hingga pengembangan investasi.

The Sims

The Sims. Photo by Steam

The Sims merupakan game yang diciptakan oleh Maxis dan dipublikasikan melalui Electronic Arts pada tahun 2000. Game ini bisa dikatakan sangat menarik perhatian banyak orang. Sebab, dalam game ini kamu harus mengelola suatu karakter yang bisa menjalani kehidupan seperti yang kamu mau.

Terlebih inti permainan ini sebenarnya sangat sederhana. Kamu akan dibawa ke dalam simulasi kehidupan sehari-hari seperti makan, tidur, kerja, bersosialisasi, menghibur diri, dan berbagai hal lain yang harus dikendalikan dengan baik. Jika tidak, maka karakter yang kita mainkan bisa meninggal.

Adapun pengelolaan uang yang diajarkan oleh The Sims sangat sederhana. Cara kita mengelola pendapatan dalam memenuhi dan mengembangkan kehidupan perlu dijalankan. Mulai dari belanja, beli rumah, kendaraan, hingga mengadakan suatu pesta.

Baca juga: 3 Aturan Agar Bisa Beli Rumah Saat Pandemi

Harvest Moon Back to Nature

Harvest Moon Back to Nature. Photo by Polygon.com

Penggemar konsol seperti PlayStation pasti tidak asing lagi dengan game yang satu ini. Hingga saat ini, Harvest Moon masih dimainkan oleh banyak orang. Game ini juga dapat mengajari kita bagaimana mengelola uang dengan baik.

Dalam Harvest Moon Back to Nature, kita akan memainkan karakter seorang anak yang mendapatkan hibah rumah sekaligus kebun dari keluarganya. Nantinya, hibah tersebut harus dikelola dengan baik.

Dalam memulai game, uang yang diberikan terbatas. Untuk menghasilkan lebih banyak uang, tentu kamu harus mampu mengelola tanah yang dimiliki. Beternak dan bertani menjadi salah satu cara dalam memenuhi keperluan sehari-hari.

Football Manager

Game yang Mengajarkan Mengelola Keuangan.
Football manager 2021. Photo by Football Manager

Football Manager merupakan sebuah game simulasi dalam mengelola suatu klub sepak bola. Game ini muncul dalam berbagai konsol mulai dari PC, Xbox, hingga mobile. Dalam game ini, nantinya kamu seolah menajdi seorang manajer yang mengurus sebuah klub sepak bola mulai dari membangun skuad, mengatur pengeluaran dan pemasukan tim seperti melakukan negosiasi saat transfer, hingga mengatur dan menentukan gaji pemain serta staff.

Pay Day

Pay Day. Photo by Magisterrexx

Permainan selanjutnya ialah sebuah board game bernama Pay Day. Game ini diciptakan pada 1975 oleh Parker Brothers. Dalam game ini, kamu akan memiliki kesempatan untuk melakukan pinjaman, pembayaran, dan pengeluaran mendadak dalam hitungan hari. Pay Day juga dapat membuat kita paham beberapa hal mengenai kelola keuangan.

Pembelajaran yang didapatkan dalam hal mengelola keuangan di game ini cukup banyak. Di antaranya ialah mengevaluasi arus kas, mengatur tingkat pinjaman uang, hingga memahami tentang tabungan bulanan.

Demikian beberapa game yang melatih mengelola keuangan yang perlu kamu ketahui. Dengan begitu, saat ini kamu seharusnya sudah paham bahwa game itu bukanlah hanya untuk kesenangan saja. Tapi dengan bermain game kamu dapat memetik banyak manfaat seperti belajar mengelola keuangan dengan baik.


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai