Syukurlah! Sekarang Ada Cara Gampang Terhindar dari Penipuan Online

Ilustrasi orang menghadapi transaksi penipuan online
Syukurlah! Sekarang Ada Cara Gampang Terhindar dari Penipuan Online. Photo by Pexels
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Penipuan online masih saja terjadi. Dan ini sering dialami oleh masyarakat kecil ketika melakukan transaksi di online shop.

Melaporkan ke polisi saat tertipu online memang menjadi cara yang paling banyak direkomendasikan. Namun, tak banyak yang akhirnya berakhir baik. Akan lebih bijak jika semua orang melakukan pencegahan agar tidak terkena penipuan online.

2 Trik Khusus Terhindar dari Penipuan Online

ilustrasi transaksi online
Trik khusus hadapi penipuan online. Photo by Pexels

Setidaknya ada dua trik khusus yang bisa Anda lakukan sebelum akhirnya bertransaksi di online shop. Dua trik ini cukup ampuh setidaknya agar kamu semakin waspada ketika ada hal yang mencurigakan.

Yang pertama adalah mengecek nomor rekening di cekrekening.id. Saat akan melakukan transaksi, pasti pemilik online shop akan memberitahukan ke nomor rekening mana uang ditransfer. Untuk mengetahui apakah rekening tersebut tercatat pernah melakukan penipuan atau tidak, kamu bisa cek di cekrekening.id. Singkatnya, ini merupakan situs yang bisa digunakan untuk mengecek apakah rekening pernah digunakan untuk tindak penipuan online atau tidak.

Kok bisa? Tentu saja bisa. Pasalnya, website tersebut merekam beberapa nomor rekening yang dilaporkan pernah digunakan untuk penipuan. Jadi, yang kamu perlu lakukan adalah masuk ke halaman situs. Masukkan nomor rekening serta nama bank. Website akan melakukan pencarian dan memberitahukan kepada kamu apakah nomor rekening tersebut pernah digunakan untuk menipu atau tidak.

Yang kedua, cek nomor telepon di GetContact. Ini merupakan aplikasi crowdsourcing yang bisa digunakan untuk mengecek mana nomor telepon yang spamming. Nomor yang digunakan untuk spamming memang tidak selalu menunjukkan bahwa pengguna adalah penipu. Namun, ada indikasi ke sana.

Karena ini aplikasi, silakan download di smartphone kamu terlebih dahulu. Cara mengecek nomor yang terindikasi penipuan online cukup mudah. Masukkan nomor telepon lalu klik Cari. Aplikasi akan melakukan pengecekan. Jika pengguna yang lain pernah melakukan tagging atau pernah menuliskan nomor tersebut sebagai penipu, maka kamu akan tahu hal tersebut.

Baca juga: Tips Bedakan Aplikasi Pinjam Uang Online yang Aman dan Tidak

Menghindari Penipuan Transaksi Online

ilustrasi orang sedang melakukan transaksi online
Menghindari penipuan. Photo by @pickawood

Selain trik di atas, ada juga hal lain yang harus dilakukan agar transaksi aman dan penipuan online benar-benar bisa dihindari.

Transaksi di Marketplace Terpercaya

ilustrasi online bank untuk transaksi
Melakukan transaksi online. Photo by Pixabay

Sekarang ini, ada banyak sekali marketplace. Ini layaknya sebuah pasar tapi online. Marketplace ini menerapkan sistem keamanan pembayaran. Sudah tersedia rekening bersama yang menjamin tidak terjadinya sebuah penipuan. Jadi, kamu sebagai pembeli akan transfer uang ke rekening tersebut. Setelah barang sampai, baru kemudian uang diberikan kepada seller atau penjual. Fair enough, right?

Pilih Toko Online yang Sudah Terkenal

ilustrasi transaksi di toko online terkenal.
Pilih toko yang terkenal. Photo by Pexels

Selain marketplace, ada juga penjual yang melakukan promosi dengan menggunakan website atau toko online sendiri. Asalkan toko online tersebut sudah terkenal, itu tidak masalah.

Toko online semacam ini juga biasanya punya customer service yang bisa dihubungi kapan saja. Disertakan juga media sosial yang digunakan dan media sosial tersebut aktif. Ada postingan yang dilakukan secara rutin. Ini jelas meningkatkan kepercayaan dan kamu tidak lagi perlu ragu.

Memiliki Kantor Toko Online  

Toko fisik
Ada toko fisik. Photo by @ericabush

Meskipun melakukan promosi online, toko online yang terpercaya juga memiliki kantor. Kantor biasanya digunakan sebagai tempat operasional karyawan, packing, dan lain sebagainya. Jika ada alamat kantor tertera di website dan ada nomor kantor yang bisa dihubungi, itu bukan toko online penipu.

Jadi, sudah jelas kan bagaimana agar terhindar dari penipuan online?


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai