Gaji 3 Juta Ingin Liburan ke Luar Negeri? Yuk Simak Tipsnya di Sini

liburan ke luar negeri
Gaji 3 Juta Ingin Liburan ke Luar Negeri? Yuk Simak Tipsnya di Sini. Photo by Pixabay
Waktu baca: 3 menit

Siapa yang tidak ingin pergi ke luar negeri untuk berlibur? Selain menghadirkan ilusi yang jauh dari tekanan pekerjaan dan kehidupan sehari-hari.liburan ke luar negeri juga menghadirkan pengalaman berbeda. Belum lagi pandemi covid saat ini berangsur-angsur mulai pulih. Persyaratan masuk ke negara-negara juga makin longgar.

Namun bepergian ke luar negri seringkali diidentikkan dengan budget yang tinggi. Bagi kamu yang bekerja dengan gaji 3 juta mungkin harapan untuk berlibur ke luar negeri adalah hal yang sangat sulit untuk diwujudkan di tengah-tengah kebutuhan pokok lain yang harus dipenuhi. Namun tidak perlu khawatir, tidak ada yang tidak mungkin, dengan menerapkan tips berikut ini, kamu akan semakin dekat dalam mewujudkan mimpi liburan mu itu.

Untuk mengetahui tips gaji 3 juta liburan ke luar negeri maka simak terus di sini.

Baca juga: Begini Cara-Cara Menghasilkan Uang dari Playstore

Tips Gaji 3 Juta Liburan ke Luar Negeri

  • Tiket Promo

Hal pertama dan yang terpenting dalam tips gaji 3 juta libur ke luar negeri demi tujuan berhemat untuk bepergian ke luar negeri adalah tiket pesawat. Harga tiket pesawat yang tidak murah membuat banyak sekali wisatawan mengurungkan niatnya ketika ingin liburan ke luar negri. Pastikan kamu pandai dalam mencari tiket pesawat promo.

Ada dua cara dalam mendapatkan tiket promo, yaitu dengan berburu dari satu aplikasi ke aplikasi yang lain dan dengan cara datang ke agen perjalanan. Agen perjalanan biasanya telah memiliki potongan-potongan harga dan dapat disesuaikan dengan keterbatasan budget yang kita siapkan.

  • Uang THR

Uang THR yang diberikan biasanya akan dihabiskan untuk berbelanja. Kali ini simpanlah uang THR yang diberikan oleh tempat kamu bekerja untuk menambah tabungan mu untuk berlibur ke luar negri. Ketika mendapat uang ekstra diluar uang gajimu seperti THR, tahan keinginan untuk segera membelanjakannya, ingatlah rencana liburan keluar negeri yang membutuhkan ekstra budget.

  • Low season

Tips gaji 3 juta libur ke luar negeri tentu harus melibatkan banyak siasat. Siasat yang dimaksud disini adalah kamu harus pintar dalam memilih waktu berlibur. Manfaatkan waktu low season dalam memilih waktu keberangkatan kamu ke tempat yang akan kamu tuju.

Low season adalah saat dimana tidak banyak turis lain yang juga mengunjungi negara tersebut. Pemilihan Low season akan menguntungkanmu, selain karena kamu bisa menikmati tempat dengan lebih sepi harga-harga juga ada dalam jumlah yang normal tidak terjadi lonjakan.

  • Tabungan khusus liburan

Menabung bisa dimulai kapan saja tidak harus menunggu mempunyai uang lebih. Buatlah tabungan khusus liburan, tabunglah uang receh yang biasanya kamu sepelekan. Seberapapun kecil uang yang kamu miliki jangan pernah sepelekan, karena ketika uang-uang kecil tersebut telah terkumpul banyak, sangat mungkin bisa membantu membiayai perjalanan liburanmu keluar negeri.

  • Kurangi jajan dengan bekal

Tanpa kamu sadari uang yang kamu habiskan untuk membeli jajan dan sebagainya itu berjumlah lumayan jika kamu kumpulkan. Mulailah mengurangi atau bahkan berhenti membeli jajanan atau barang yang sekiranya tidak kamu butuhkan. Dan daripada memakan jajanan pertimbangkanlah untuk membawa bekal dari rumah. Bekal akan membuat kamu lebih hemat dan juga lebih sehat.

  • Bagi keuangan

Belajarlah mengelola keuanganmu menjadi beberapa bagian. Contohnya pisahkan gajimu dan gunakan 30% nya untuk kehidupan sehari-hari dan 20 % nya untuk kebutuhan sosialisasi, seperti nongkrong bersama teman-teman dan kolega. Untuk 50 % berikutnya bagi juga menjadi beberapa bagian, gunakan 15% untuk pendidikan, 10% untuk kebutuhan liburan dan sisa 25% akhir untuk berinvestasi.

  • Tidak harus membeli oleh-oleh

Mengingat budget liburanmu yang harus dihemat, hal-hal seperti membeli oleh-oleh adalah tidak wajib. Oleh-oleh terbaik adalah memori dan foto-foto yang bisa mengabadikan momenmu saat berlibur. Untuk oleh-oleh, cukup belikan untuk orang tua atau orang yang kamu anggap paling penting saja, tidak ada kewajiban untuk membeli oleh-oleh buat semua teman dan kolega dari tempatmu bekerja.

Berikut diatas adalah beberapa tips gaji 3 juta liburan ke luar negeri, yang tentu saja bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan liburanmu dan gaji yang kamu dapat dalam satu bulannya. Rencanakan dengan baik dan pastikan kamu pulang dari liburan dalam keadaan segar dan makin siap dalam menghadapi pekerjaan kembali.

Artikel Lainnya