Ketahui Cara Mudah Melihat BI Checking Secara Online dan Offline

Ilustrasi seseorang sedang melihat dokumen BI Checking
Ketahui Cara Mudah Melihat BI Checking Secara Online dan Offline. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Dalam kehidupan sehari – hari, melakukan peminjaman uang ke pihak bank menjadi salah satu hal yang wajar dialami oleh setiap orang yang membutuhkan dana mendesak untuk kepentingan tertentu. Meski demikian, proses pengajuan pinjaman ke pihak bank biasanya akan mengharuskan nasabah calon debiturnya untuk memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. 

Dalam hal ini, pihak bank biasanya akan mengecek kredibilitas calon debitur melalui BI Checking agar mengetahui riwayat kredit dari calon peminjam. Berbicara mengenai hal ini, tahukah kamu bagaimana cara melihat BI Checking secara online maupun offline sebelum meminjam ke pihak bank?

Apa itu BI Checking

Ilustrasi seseorang sedang melihat dokumen BI Checking
Pengertian BI Checking. Photo by Pexels

Untuk memudahkan dalam proses pinjaman uang ke pihak bank, seseorang perlu untuk mengetahui status / riwayat pembayaran kredit yang pernah dilakukan sebelumnya. Sehingga dalam hal ini, dapat diartikan bahwa BI Checking sendiri merupakan suatu informasi yang memperlihatkan riwayat lancar atau tidaknya pembayaran kredit yang dilakukan oleh seseorang yang tercatat dalam sebuah Sistem Informasi Debitur. 

Dalam sistem tersebut, biasanya akan tersimpan secara lebih detail dan rinci mengenai beberapa informasi yang diakses pihak bank atau lembaga terkait selama 24 jam full non stop mengenai identitas lengkap debitur, kisaran pembiayaan yang diterima, agungan, penjamin serta kolektibilitas. Meski demikian, bagi debitur yang ingin melakukan pengecekan BI Checking, diharuskan untuk mengajukan permohonan pengecekan terlebih dahulu. 

Dalam hal ini, bagi kamu yang mungkin berniat ingin mengajukan pinjaman di bank tertentu, maka bisa dipastikan bahwa pihak bank nantinya akan mengecek terlebih dahulu status / riwayat BI Checking dari si peminjam tersebut. Kendati demikian, kamu juga perlu tahu bahwa mengenai leasing seperti FIF atau Adira dikatakan belum tentu masuk BI Checking.  

Hal ini dikarenakan, ada beberapa perusahaan leasing yang umumnya tidak memasukkan BI Checking sebagai komponen penting dalam proses pengajuan kredit. 

Baca juga: Prosedur Mengurus Buku Tabungan Hilang

Cara Melihat BI Checking

Seorang wanita menyerahkan dokumen
Melihat BI Checking secara offline. Photo by Pexels

Pada umumnya, melihat riwayat BI Checking bagi seorang calon debitur dapat dilakukan dengan mudah baik itu secara online maupun secara offline. Agar kamu lebih jelas dalam memahaminya, maka bisa menyimak tips cara melihat riwayat BI Cheking di bawah ini. 

Cara melihat BI Checking secara online

Bagi kamu yang ingin mengecek riwayat kredit debitur ke Bank Indonesia, kini dapat melakukan BI Checking secara online melalui aplikasi SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan). Adapun prosedur yang bisa dilakukan saat melihat BI Checking secara online yakni sebagai berikut :

  • Menyiapkan dokumen – dokumen penting 

Langkah pertama dalam mengecek BI Checking secara online yakni menyiapkan beberapa dokumen penting seperti fotokopi identitas diri (KTP bagi WNI, paspor bagi WNA, surat kuasa asli dilengkapi identitas pemohon asli jika dikuasakan).

  • Melakukan pengisian formulir antrean BI Checking online 

Dalam melakukan pengisian formulir antrean ini, pastikan kamu melakukannya di hari dan jam kerja untuk dapat memperoleh layanan dengan mudah dan cepat.

  • Memverifikasi data diri melalui email 

Setelah mengisi formulir antrean, kamu nantinya akan diminta untuk melakukan verifikasi data diri melalui email masuk dan menghubungi nomor WhatsApp pihak OJK (Otoritas Jasa Keuangan) – SLIK untuk menyelesaikan tahap verifikasi data.

  • Mengecek email yang masuk

Terakhir, kamu nantinya akan mendapatkan balasan email masuk untuk dapat menganalisis sendiri riwayat hasil BI Checking yang telah dikirim oleh pihak OJK – SLIK melalui email yang kamu daftarkan sebelumnya. 

Tips melihat BI Checking secara offline (tatap muka)

Tidak hanya menyediakan layanan pengecekan BI Checking secara online, disini kamu juga bisa mengecek status BI Checking tersebut secara offline atau tatap muka. Di mana, kamu tinggal mendatangi langsung kantor OJK pada hari dan jam kerja untuk memperoleh layanan informasi yang diinginkan. Adapun untuk prosedur yang harus dilakukan saat akan melakukan pengecekan BI Checking secara offline ini yakni sebagai berikut :

  • Mendatangi langsung kantor OJK 

Pertama, Anda diminta untuk datang langsung ke kantor OJK dengan membawa beberapa dokumen penting yang akan diserahkan kepada petugas OJK seperti misalnya identitas diri untuk debitur pribadi dan berbagai dokumen penting yang harus dilengkapi.

  • Proses pengecekan dan validasi data oleh pihak petugas OJK

Apabila semua data yang dibawa sudah sesuai dengan syarat dan ketentuan, maka pihak petugas OJK akan melakukan pencetakan hasil iDEB.

  • Proses konfirmasi dan penyerahan iDEB

Jika hasil BI Checking sudah dicetak, maka petugas OJK akan memberikan hasil cetak iDEB kepada pihak debitur disertai dengan tanda terima yang wajib ditandatangani oleh pihak pemohon.

  • Pembacaan hasil iDEB

Setelah semua prosedur dilakukan, maka kamu nantinya bisa melihat sendiri bagaimana status BI Checking yang ada di situs OJK. Bagi kamu yang bingung dalam membaca hasilnya, bisa meminta bantuan petugas.Demikianlah beberapa cara melihat BI Checking yang bisa kamu lakukan secara online maupun offline paling gampang sebelum melakukan proses pengajuan pinjaman ke pihak bank terkait.

Artikel Lainnya