Aplikasi Translate Gratis Untuk Liburan di Luar Negeri

Liburan ke luar negeri bisa menggunakan aplikasi translate.
Waktu baca: 4 menit

Saat liburan tiba, pasti kamu ingin berkunjung ke berbagai lokasi wisata yang menarik termasuk ingin berkunjung ke luar negeri. Jika kamu memilih untuk berlibur ke luar negeri, sudah pasti kamu harus bisa mengerti bahasa dari negara tujuanmu. Walaupun kamu menguasai bahasa Inggris, namun biasanya penduduk lokal akan kesusahan dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Beruntungnya, kini banyak bertebaran aplikasi translate gratis yang bisa kamu gunakan selama berlibur di luar negeri.

Aplikasi translate tersebut pasti akan membantumu selama liburan. Misalnya, kamu ingin memesan makanan atau mencari alamat, kamu bisa menggunakan aplikasi tersebut. Lalu, aplikasi translate apa saja yang tersedia secara gratis dan bisa digunakan di smartphone mu? Berikut daftarnya.

Google Translate

Google Translate
Google Translate bisa membantumu menerjemahkan saat kamu liburan ke luar negeri. Photo by pcworld

Siapa yang tidak mengenal Google Translate? Penerjemah yang disediakan oleh salah satu raksasa teknologi, Google, telah tersedia di ponsel pintar. Google Translate bisa digunakan untuk menerjemahkan lebih dari 103 bahasa secara online dan 59 bahasa secara offline.

Untuk penggunaannya pun terkesan mudah. Sebagai contoh jika kamu ingin mengetahui terjemahan dari tanda peringatan di fasilitas umum, kamu tidak perlu menuliskan ulang. Cukup gunakan terjemahan melalui kamera lalu tanda itu bisa kamu pahami dengan mudah.

Namun, untuk terjemahan menggunakan kamera baru tersedia 37 bahasa saja. Penggunaannya cukup mudah, kamu arahkan saja kamera ponselmu ke tulisan yang ingin diterjemahkan, lalu tunggu sampai hasilnya muncul. Pengguna android maupun iOS bisa mengunduh Google Translate secara gratis di masing-masing app store.

TripLingo

TripLingo
Salah satu aplikasi terjemahan yang bisa kamu gunakan, yaitu TripLingo. Photo by TripLingo

TripLingo bisa dikatakan sebagai aplikasi terjemahan yang tidak biasa. Pasalnya, selain menerjemahkan, TripLingo juga bisa mempelajari adat istiadat dan budaya negara tujuanmu. Dengan begitu, kamu akan dengan mudah mengetahui kebiasaan orang di negara tujuanmu sehingga miskomunikasi bisa berkurang.

Untuk menggunakannya, kamu cukup mengunduh paket negara yang akan dikunjungi. Setelah itu, kamu akan mendapatkan penerjemah lewat gambar, kosa kata, dan gambaran tentang kebudayaan negara tersebut. Selain itu, aplikasi ini juga bisa berjalan secara offline. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika kamu tidak mengakses jaringan internet.

Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di App Store dan Google Play. Namun, untuk bisa menikmati konten premium, kamu harus membayar sebesar 39,99 dollar Amerika untuk 3 bulan.

Baca juga: Rencanakan Traveling Sendiri VS Agen Perjalanan: Mana yang Pas untuk Kamu?

iTranslate

iTranslate
iTranslate merupakan salah satu aplikasi penerjemah yang populer. Photo by Pinterest

Selain Google Translate, ada aplikasi penerjemah yang tidak kalah populer yaitu iTranslate. Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 50 ribu kali di App Store dengan mayoritas memberikan skor bintang 4-5.

Keunggulan dari aplikasi ini ialah mampu menerjemahkan lebih dari 100 bahasa yang berbeda. Selain itu, iTranslate bisa dikatakan lebih praktis dari aplikasi lain. Bahkan, iTranslate bisa disambungkan ke berbagai perangkat seperti smartwatch sehingga memungkinkan pengguna menerjemahkan bahasa hanya dari jam tangan yang dipakainya.

Untuk menikmati fitur premium, kamu harus membeli dengan harga 39,99 dollar Amerika per tahun. Namun sebenarnya fitur gratis yang diberikan juga sudah lengkap seperti bisa menerjemahkan secara offline, bisa terjemahan lewat suara, dan bisa terjemahan website. Aplikasi ini bisa diunduh di App Store dan Google Play.

Papago

Papago aplikasi translate
Papago membantumu saat berlibur ke negara-negara di Asia. Photo by english.chosun

Jika kamu akan berlibur ke negara-negara di Asia, seperti Korea, Jepang, dan China, aplikasi Papago sangat cocok untuk digunakan. Hal itu dikarenakan aplikasi ini mampu menerjemahkan tulisan kanji maupun tulisan dengan aksara asli dari negara tujuan ke dalam bahasa dan aksara yang mudah dimengerti.

Selain dalam bentuk teks, terjemahan juga bisa dilakukan dalam bentuk suara. Jadi, suatu ketika kamu ingin ngobrol dengan orang Korea, kamu cukup menyodorkan aplikasi ini dan nantinya akan menerjemahkan ke bahasa yang lebih mudah untuk dipahami. Jika kamu berminat menggunakannya, kamu bisa mengunduh secara gratis di App Store dan Google Play.

Microsoft Translator

Microsoft translator
Aplikasi penerjemah yang dibuat oleh Microsoft. Photo by notebookcheck

Selain Google, Microsoft juga memiliki aplikasi penerjemah yaitu Microsoft Translator. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di App Store dan Google Play.

Itu tadi lima aplikasi yang bisa kamu unduh secara gratis agar bisa membantumu selama liburan di luar negeri. Dengan begitu, kamu bisa menikmati liburan dengan paripurna dan tak ada hambatan yang berarti untuk bersenang-senang.

You may also like...

Leave a Reply