Kawasan Industri di Indonesia yang Banyak Dilirik Investor Dalam maupun Luar Negeri 

KOta Industri di Indonesia
Kawasan Industri di Indonesia yang Banyak Dilirik Investor Dalam maupun Luar Negeri. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Mengapa banyak investor yang ingin menaruh modal di Indonesia? Salah satu alasannya adalah semakin banyaknya kawasan industri di Indonesia. Ini dianggap sebagai pertanda bahwa kegiatan ekonomi di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia terus berkembang.

Sebenarnya, tidak hanya Indonesia saja yang memiliki kawasan industri yang terus meluas. Di negara lain pun sama. Akan tetapi, jumlah penduduk Indonesia yang sangat banyak serta tingginya return of investment yang menggiurkan membuat Indonesia menjadi pilihan terbaik untuk berinvestasi. 

Lalu, mana saja daerah industri di Indonesia yang diprediksi terus mengalami perkembangan di masa depan?

Baca juga: Apakah Kamu Tahu Contoh Perdagangan Bebas di Indonesia? Simak Ya!

Daftar Kota Industri di Indonesia

  1. Gresik, Jawa Timur 

Pernah dengar nama Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE)? Memang benar ini adalah kawasan industri yang relatif baru. Pasalnya, daerah ini baru diresmikan pada tahun 2021. Akan tetapi, ini langsung menyabet predikat sebagai kawasan industri di Indonesia yang paling luas. Luasnya mencapai 2,961 hektare.

Lokasi kawasan ini berada di Jawa Timur. Lebih tepatnya di Kota Gresik. Seperti yang sudah banyak orang ketahui, Jawa Timur terutama Gresik merupakan daerah industri yang sudah beroperasi sejak lama. Baru kemudian adanya JIIPE membuat Gresik memiliki kawasan industri yang sangat modern. 

Kawasan ini dikelola oleh PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera. Diprediksi ada kontribusi dari segmen bisnis yang mencapai 38% ke laba kotor pada tahun 2025 yang akan datang. Apalagi kawasan ini ditopang oleh produsen-produsen yang jumlahnya sangat banyak di sekitar Jawa Timur pada khususnya, dan di Jawa Timur pada umumnya

  1. Bekasi 

Jika orang mendengar nama Kota Bekasi, mereka kemungkinan besar akan membayangkan sebuah kota yang penuh dengan perkantoran dan pabrik. Dan itu memang benar. Salah satu kawasan industri yang ada di Bekasi adalah Kawasan Industri Jababeka.

Sama seperti JIIPE, Kawasan Industri Jababeka merupakan kawasan industri yang relatif baru. Hanya saja, ini menjadi kawasan yang banyak dikunjungi para investor dan mereka ingin segera berinvestasi. Pasalnya, di sinilah yang akan menjadi salah satu pusat manufaktur, teknologi, dan industri. Ini bakal menjadi kawasan industri bergengsi khususnya di tiga bidang tersebut.

Luas kawasan ini mencapai 2,267 hektare. Berada di daerah dekat dengan kota Jakarta, kawasan ini menjadi sangat strategis untuk perkembangan bisnis.

  1. Morowali, Sulawesi Tengah

Jangan salah. Bukan hanya di Jakarta atau di Jawa saja yang menjadi kota dengan kawasan industri terbesar di Indonesia. Di luar Jawa juga ada. Contohnya di Morowali, Sulawesi Tengah.

Kota yang terkenal dengan wilayah lautnya ini memiliki cukup banyak kawasan industri yang luar biasa. Misalnya saja Kawasan Industri Morowali. Kabarnya, ini dinobatkan menjadi daerah industri terbesar nomor 5 se-Indonesia.

Di kawasan ini, Anda akan menemukan pabrik-pabrik yang kebanyakan memproduksi dua komoditi, yaitu nikel dan stainless steel. Seperti yang sering dijelaskan oleh pemerintah, nikel merupakan produk yang sangat seksi saat ini. Banyak negara yang membutuhkan nikel, salah satunya nikel dari Indonesia. Inilah yang membuat Kawasan Industri Morowali sepertinya tidak pernah sepi dari kegiatan produksi.

  1. Riau

Kota yang satu ini dikenal sebagai kota dengan perputaran uang yang sangat tinggi. Ada banyak sekali industri yang bergerak di sana. Hal ini pula yang membuat para investor tidak lupa untuk mengunjungi Kota Riau. Salah satu daerah industri yang mereka kunjungi adalah Kawasan Industri Dumai. 

Kawasan Industri Dumai dikelola oleh Wilmar. Ada beberapa perusahaan besar yang berada di kawasan ini, seperti PT Aneka Gas Industri. Ini merupakan perusahaan gas industri pertama yang ada di Indonesia sekaligus yang terbesar hingga saat ini. Perusahaan ini sudah memiliki jaringan distribusi yang sangat luas. Tidak hanya Riau tapi juga di seluruh wilayah Indonesia.

  1. Banten

Sama halnya seperti Bekasi, Banten juga merupakan kota penyangga Ibu Kota Jakarta yang memiliki banyak kawasan industri. Apa yang paling terkenal? Tidak salah jika kita menyebut Modern Cikande Industrial Estate. Dengan luas lahan mencapai 3.175 hektare, pantas jika ini dimasukkan menjadi salah satu contoh kawasan industri terbesar di Indonesia.

Di sinilah kawasan di mana kamu bisa menemukan tidak hanya perusahaan nasional melainkan juga perusahaan multinasional. Kabarnya, di sini menjadi kawasan dengan jumlah industri terbanyak di Indonesia.

Menurut berita, kawasan ini memang didesain untuk memenuhi kebutuhan dan program yang dicanangkan oleh pemerintah. Pemerintah memiliki arahan agar kawasan industri seksi di mata investor lokal maupun mancanegara. Dan Modern Cikande Industrial Estate mampu memenuhi standar dari program tersebut.

Pusat industri banyak ditemukan di wilayah Indonesia. Akan tetapi, 5 kawasan industri itulah yang paling banyak dilirik investor saat ini. Memang kelima kawasan tersebut relatif baru. Hanya saja, desain yang modern serta lokasi yang strategis membuat kawasan tersebut menjadi incaran banyak investor.

Meskipun demikian, investor tidak hanya akan memilih kawasan berdasarkan di mana kota tersebut berada. Ada pertimbangan lain seperti stabilitas politik, kondisi alam di daerah tersebut, dan lain sebagainya. Yang pasti, kawasan industri tersebut di atas terlihat sangat menarik bagi para investor. Apakah kamu juga sudah mulai tertarik? Setidaknya kunjungi terlebih dahulu kota-kota tersebut baru kemudian kamu bisa menentukan pilihan. 

Mungkin Anda juga menyukai