10 Cara Belajar Bahasa Inggris Mudah dan Cepat 

belajar bahasa inggris mudah
10 Cara Belajar Bahasa Inggris Mudah dan Cepat. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Belajar bahasa Inggris saat ini memang sangat dianjurkan karena ini akan bermanfaat untuk kamu yang ingin berkomunikasi dengan orang luar negeri. Bahasa Inggris termasuk bahasa Internasional yang perlu dipelajari sejak Bagaimana belajar bahasa Inggris mudah? 

Hal tersebut dapat dilakukan dengan melihat tips belajar bahasa Inggris yang akan dijelaskan berikut ini. Apabila kamu sudah mahir berbahasa Inggris, maka ini sangat berguna untuk berbagai sektor, seperti dunia kerja, akademis, pengenalan budaya, dsb. 

10 Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah 

Belajar bahasa Inggris mudah bukanlah sesuatu yang tidak mungkin. Kamu bisa belajar sejak dini agar penguasaan bahasa Inggris menjadi lebih cepat. Bahkan, dari bayi pun, belajar bahasa Inggris bisa dilakukan. 

Bayi lebih cepat menyerap bahasa sehingga lebih mudah diajari dua bahasa sekaligus. Selain itu, kamu juga bisa belajar dengan menggunakan 10 metode berikut ini. 

1. Pakai Alat Bantu Visual 

Visual juga lebih cepat untuk ditangkap sehingga cocok sebagai langkah-langkah belajar bahasa Inggris dari nol. Belajar menggunakan gambar sampai dengan video lebih mudah ditangkap sehingga kamu bisa menghubungkan visual tersebut dengan kata-kata dan memprosesnya di otak lebih cepat. 

Caranya dengan belajar bahasa Inggris mudah dengan menyebutkan bagian anatomi manusia dari foto menggunakan bahasa Inggris. Bagi yang masih muda, gambar kartun yang lucu juga akan menjadi daya tarik tersendiri untuk belajar bahasa Inggris. 

Sedangkan cara belajar bahasa Inggris untuk orang dewasa bisa menggunakan gambar atau foto yang nyata dan tunjuk bagian anggota tubuh yang ingin ditebak kata bahasa Inggrisnya. 

2. Dengarkan Musik Bahasa Inggris 

Belajar bahasa Inggris mudah dan tidak membosankan bisa dilakukan dengan mendengarkan musik. Musik adalah media yang banyak digunakan untuk sekalian belajar bahasa Inggris. 

Selain itu, kegiatan ini adalah belajar bahasa Inggris yang menyenangkan dibandingkan harus belajar bahasa Inggris dari buku. 

Kamu bisa memilih musik kesukaan yang berbahasa Inggris. Selanjutnya, dengarkan saat ada kesempatan seperti di mobil, radio, atau di jalan. Setiap lirik bahasa Inggris pada lagu memiliki lirik yang menggambarkan emosi senang atau sedih. 

Pilih salah satunya dan dengarkan kata-katanya dengan seksama sehingga bisa paham apa isi dari lirik lagu tersebut. Bisa juga dengan melihat lirik dan terjemahannya kemudian, belajar untuk bernyanyi atau mengucapkan kata-kata tersebut dengan baik. 

Baca juga: Apa Itu Interpersonal Skill dan Pelajari Manfaat untuk Hidupmu

3. Baca Teks Bahasa Inggris 

Lebih cepat belajar bahasa Inggris mudah apabila banyak membaca teks bahasa Inggris. Dengan terbiasa membacanya, kamu bisa paham bagaimana cara mengucapkannya sampai dengan banyak kosakata yang akan diingat. 

Untuk membaca teks bahasa Inggris sangat mudah dilakukan karena tersedia di berbagai media. Contohnya di koran, majalah, bungkus makanan, sampai dengan novel bahasa Inggris yang disukai. 

Dengan demikian, ini akan membuatmu lebih meningkatkan akurasi dan kelancaran dalam membaca teks serta menambah wawasan kosa kata lebih banyak lagi. 

4. Menonton Televisi dan Film 

Cara cepat belajar bahasa Inggris lainnya yaitu dengan menonton televisi atau film. Tayangan yang menarik tidak akan membuatmu bosan untuk belajar karena merupakan media menyenangkan dan justru menarik untuk dilihat. 

Menguasai bahasa Inggris menjadi lebih mudah karena kamu bisa mendengarkan mereka berbicara. Pelafalan dan artikulasi yang dilontarkan di film ini juga secara otomatis membuatmu lebih  fokus dan mencoba untuk mengartikannya. 

5. Catat Kosakata Baru 

Untuk kamu yang ingin cara belajar bahasa inggris dari nol, penting untuk selalu mencatat apabila ada kosakata bahasa Inggris baru yang didapatkan. Setiap membaca atau mendengar kata bahasa Inggris baru yang tidak kamu ketahui artinya, catatlah kalimat tersebut. 

Lalu, cari artinya dan belajarlah untuk mengulangi kata tersebut agar melekat di pikiran. Coba juga untuk merangkai kosakata tersebut menjadi rangkaian kalimat utuh sehingga diketahui cara pemakaiannya dengan benar. 

6. Lihat Video Bahasa Inggris dengan Topik Menarik 

Tidak hanya menonton film dan televisi saja, kamu juga bisa belajar bahasa Inggris di rumah dengan melihat video tertentu. Misalnya melihat documentary sebuah mitos atau fakta menarik. Bisa juga dengan melihat talk show, wawancara dengan tema yang disukai. 

Dengan begitu, ini tidak akan membuatmu terlihat jenuh dan dapat berhasil untuk belajar bahasa Inggris cepat.

7. Daftar Kursus Bahasa Inggris 

Kursus bahasa Inggris sudah ada banyak yang bisa ditemukan baik secara daring atau offline. Untuk belajar bahasa Inggris mudah bisa menggunakan kursus ini agar lebih membantumu. Ada banyak kursus yang menawarkan berbagai tingkatan bahasa Inggris baik pemula atau mahir. 

Ada juga yang digunakan untuk menulis, membaca, bahasa Inggris untuk bisnis, dsb. 

8. Berteman dengan Orang Luar Negeri 

Cara untuk belajar bahasa Inggris gratis adalah dengan berteman dengan orang asing yang sudah mengerti bahasa Inggris secara native. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan informasi yang lebih akurat mengenai penataan bahasa dan cara mengucapkannya. 

Cara mendapatkan teman luar negeri saat ini sudah sangat mudah yaitu dengan memakai media sosial yang kamu miliki. 

9. Ubah Bahasa di HP Menjadi Berbahasa Inggris 

Ubah setelah bahasa di perangkat yang kamu miliki menjadi bahasa Inggris. Tujuannya adalah agar lebih terbiasa lagi menggunakan bahasa Inggris dalam keseharian secara tidak langsung. 

10. Sering Praktek Bahasa Inggris 

Terakhir adalah sering melakukan praktek bahasa Inggris dengan berbicara menggunakan bahasa Inggris kepada teman untuk memperlancar artikulasinya. Minta bantuan teman untuk mendengarkan atau melakukan dialog bahasa Inggris. 

Demikian penjelasan cara belajar bahasa Inggris mudah yang akan membantu untuk cepat memahami dan lancar berbahasa Inggris. Dengan mengetahuinya, ini akan bermanfaat untuk masa depan nantinya karena pekerjaan banyak yang tidak terlepas dari pemahaman bahasa Inggris.

Mungkin Anda juga menyukai