Cara Cepat Mengumpulkan uang untuk Traveling

Mengumpulkan uang untuk traveling
Waktu baca: 3 menit

Rutinitas yang kamu jalani sehari-hari seringkali membuatmu merasa penat. Jika sudah seperti itu, sudah pasti akan memengaruhi kinerjamu di kantor. Untuk menanggulanginya, kamu harus mengambil cuti dan liburan atau menurut anak zaman sekarang lazim disebut dengan traveling.

Namun untuk traveling tak jarang kamu harus menyiapkan biaya yang lumayan banyak. Memang ada pilihan untuk menjadi backpacker yang mana biaya traveling bisa lebih ditekan. Sayangnya tidak semua orang bisa melakukan hal itu karena harus memiliki tekad yang kuat dan tahan banting selama dalam perjalanan dengan budget yang minim. Kamu harus menyesuiakan dana untuk akomodasi, makan, dan lain-lainya.

Maka dari itu, jika kamu menginginkan traveling dengan nyaman kamu bisa mencoba untuk mengumpulkan uang terlebih dahulu. Agar mengumpulkan uang untuk traveling bisa lebih cepat, kamu bisa ikuti beberapa cara di bawah ini.

Buat perencanaan anggaran

Mengumpulkan uang untuk traveling
Membuat perencanaan anggaran untuk mengumpulkan uang agar bisa traveling. Photo by @stilclassics

Membuat perencanaan anggaran bisa dilakukan agar kamu dapat mengetahui berapa lama harus menabung untuk biaya traveling ke tujuan yang diinginkan. Kamu bisa mulai menyisihkan beberapa persen gajimu dari awal dan menyimpannya di rekening yang berbeda. Selain itu, kamu juga bisa mengurangi biaya transportasi atau konsumsi sehari-harimu dan menyimpan sisanya.

Jangan keluarkan uang untuk hal yang gak penting

Keperluan tidak penting
Jangan gunakan uang untuk keperluan yang tidak penting. Photo by Pexels

Mengeluarkan uang untuk hal-hal yang gak penting memang agak sulit untuk dilakukan. Kamu juga tidak bisa memprediksi pengeluaran apa saja yang akan terjadi dalam sebulan. Namun, kamu harus bisa memastikan keuanganmu tetap terkendali walaupun ada keperluan mendadak. Kendalikan diri untuk tidak mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak perlu. Lebih baik, uang itu ditabung agar bisa cepat terkumpul biaya untuk traveling.

Baca juga: Rencanakan Traveling Sendiri VS Agen Perjalanan: Mana yang Pas untuk Kamu?

Manfaatkan promo

Promo dan diskon
Memanfaatkan promo dan diskon agar lebih hemat. Photo by @jjying

Biasanya, kamu dalam sebulan pasti dapat ajakan dari temanmu untuk nongkrong di tempat-tempat yang mahal. Kamu boleh saja menolak demi menghemat pengeluaran, namun jangan terlalu sering menolak ajakan tersebut karena bisa jadi akan merusak hubungan sosialmu dengan lingkungan sekitar. Maka dari itu salah satu alternatif yang bisa dilakukan ialah memanfaatkan promo-promo yang ada. Kamu bisa mencari berbagai promo dengan mudah karena telah banyak platform yang menyediakan informasi tersebut.

Jual barang yang tidak terpakai

Barang yang tidak dipakai
Pilih barang yang tidak terpakai untuk dijual agar menambah uang. Photo by Pixabay

Kalau kamu punya banyak barang yang tak terpakai, daripada jadi barang yang terbengkalai lebih baik kamu menjual barang-barang tersebut. Kamu bisa menjual barang-barang itu melalui platform online yang saat ini sudah banyak tersedia seperti Carousell, Tokopedia, dan marketplace sejenis. Namun, kalau bisa kamu harus memilih barang-barang yang masih layak untuk dijual agar bisa mendapatkan dana yang lumayan besar.

Jadikan hobimu untuk hasilkan uang

Hobi
Jadikan hobimu bisa menghasilkan uang. Photo by Pexels

Setelah mengetahui biaya yang akan dikeluarkan melalui perencanaan keuangan yang sudah kamu lakukan, kamu bisa memanfaatkan hobimu untuk mencari tambahan biaya traveling. Apalagi jika hobimu memiliki hubungan dengan traveling, misalnya jadi vlogger atau blogger. Dengan begitu, lokasi travelingmu bisa jadi konten yang bisa dikreasikan dengan baik dan bagus.

Mungkin kamu akan merasa sedikit kesulitan melakukan beberapa tips di atas, namun kamu jangan menyerah. Kamu pasti bisa mengumpulkan uang dengan cepat untuk traveling ke destinasi yang diinginkan. Selamat mencoba.

You may also like...

Leave a Reply