Rencanakan Traveling Sendiri VS Agen Perjalanan: Mana yang Pas untuk Kamu?

Serunya traveling sendiri
Waktu baca: 5 menit

Menikmati hari, menikmati hidup dan bersenang-senang adalah salah satu hal yang dicapai oleh setiap orang. Tidak ada orang yang mau dirundung oleh stres atau pun masalah yang silih berganti menyerang diri karena bukannya menikmati hidup, malah membuat hidup menjadi lebih sulit untuk dijalani.

Persoalan ekonomi juga  menjadi salah satu hal yang harus dibenahi setiap waktu. Ketika masih kecil, rasanya tidak ada beban ekonomi yang harus dipikirkan. Semua berjalan normal dan cenderung mulus karena ada orang tua yang selalu membantu. Tapi ketika kamu sudah semakin dewasa dan memiliki pekerjaan yang menyita waktu sepanjang hari, dari hari Senin hingga Jumat, bahkan terkadang weekend juga harus mengurus kerjaan, ekonomi adalah masalah yang cukup pelik.

Untungnya setiap perusahaan pasti memiliki jatah cuti yang bisa diambil agar memberikan kamu waktu untuk menikmati hari dan bersenang-senang. Di sanalah muncul waktu yang bisa kamu luangkan untuk traveling. Pasti ada perasaan bahagia ketika kamu bisa sementara lepas dari segala bentuk pekerjaan dan melihat bagaimana indahnya tempat liburan yang nantinya kamu kunjungi.

Jalan-jalan, mencari tempat wisata menarik, berbelanja dan wisata kuliner biasanya akan selalu dilakukan ketika sedang liburan. Mau ke luar negeri atau pun di dalam negeri, rasanya sama saja karena yang terpenting adalah lepas dari pekerjaan untuk sementara waktu.

Ketika mau liburan, maka merencanakan apa saja yang harus dilakukan di sana selalu membawa excitement tersendiri. Bahkan sebelum melakukan itu, untuk memilih mau pergi ke kota atau negara mana saja sudah membuat kamu merasakan kebahagian.

Baca juga: Backpacking ke Jepang Ternyata Tidak Mahal!

Tapi pada dasarnya, tidak semua orang bisa melakukan traveling seorang diri, ada pula yang perlu menggunakan jasa agen perjalanan agar jadwal dan tempat-tempat yang mau dikunjungi bisa tertata dengan baik tanpa menimbulkan masalah yang biasanya terjadi ketika sedang liburan seperti tidak bisa mengunjungi semua tempat karena jadwal yang buruk, terlalu lama berada di satu tempat hingga masalah transportasi yang terkadang tidak terlalu diperhatikan ketika sedang liburan.

Untuk itu, ada orang yang lebih memilih memakai jasa agen perjalanan, tapi ada juga yang lebih menyukai traveling sendiri. Sekarang, mana yang paling pas untuk kamu?

Keunggulan traveling sendiri

Pertama, masuk ke keunggulan masing-masing pilihan. Berbicara mengenai traveling sendiri, kamu banyak mendapatkan keunggulan yang akan terasa sekali sepanjang perjalanan. Ketika memilih traveling sendiri, kamu bisa memilih tempat wisata yang sesuai dengan kesukaan kamu. Jika kamu suka pantai, kamu bisa memilih beberapa macam pantai yang bisa kamu segera kunjungi. Jika kamu suka berbelanja, kamu bisa memilih pusat pembelanjaan yang ingin kamu datangi. Pada dasarnya, semua sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

Selain itu, keunggulan lainnya adalah kamu bisa mengenal diri kamu seperti apa ketika dalam perjalanan liburan. Kamu juga tidak perlu bergantung kepada orang lain yang artinya, kamu menjadi lebih mandiri dan menghilangkan rasa takut karena semua yang kamu jalani saat liburan sesuai dengan apa yang sudah kamu rencanakan sejak awal.

Dan keunggulan terakhir dari traveling sendiri adalah kamu tidak memiliki beban. Ya, kamu bisa bebas pergi ke manapun yang kamu mau tanpa perlu mencari persetujuan dari orang lain dalam perjalanan sehingga kamu benar-benar memaksimalkan waktu liburan. Semua kendali ada di tangan kamu sendiri.

Dengan traveling sendiri kamu mempunyai kontrol penuh atas liburan kamu
Dengan traveling sendiri kamu mempunyai kontrol penuh atas liburan kamu via @anete_lusina

Berbeda dengan merencanakan traveling sendiri, memakai agen perjalanan juga memiliki keunggulan yang cukup menggoda. Pertama, kamu hanya perlu membayar sesuai dengan yang diminta di awal dan kamu tinggal duduk manis saja karena semua jadwal liburan kamu di sana sudah diatur oleh agen. Kedua, kamu tidak perlu repot-repot membuat penjadwalan mau ke mana tiap harinya.

Ketiga, ketika sedang liburan, kamu hanya perlu mengikuti apa yang sudah dijadwalkan saja. Dan yang terakhir, masalah transportasi ketika liburan tidak perlu kamu pikirkan lagi karena pastinya sudah disediakan oleh agen. Pada intinya, dengan menggunakan agen perjalanan, kamu mengurangi beban cukup besar dalam liburan karena kamu tinggal bergantung dengan agen perjalanan saja.

Itulah keunggulan dari rencanakan traveling sendiri dengan memakai agen perjalanan. Sekarang saatnya berbicara mengenai kelemahan keduanya.

Kelemahan traveling sendiri

Ketika sudah berbicara mengenai keunggulan, maka pasti ada sisi kelemahan yang terdapat di kedua pilihan tersebut. Ketika kamu memilih untuk rencanakan traveling sendiri, maka kamu perlu repot saat membuat jadwal. Kamu harus memperhatikan betul waktu serta lokasi mana saja yang ingin kamu kunjungi agar tidak saling bertabrakan atau malah bisa membuat kamu terburu-buru ketika sudah liburan.

Kemudian kamu juga merasakan tidak memiliki teman mengobrol sepanjang perjalanan. Ketika kamu sendirian, maka kamu hanya mengharapkan diri kamu sendiri saja. Tidak ada yang bisa kamu bagikan kebahagiaan saat liburan itu.  Bagi kamu yang suka foto pun, kamu tidak memiliki teman yang tidak bisa kamu jadikan ‘tukang foto’. Pada akhirnya, kamu harus berusaha untuk memfoto diri sendirian atau malah meminta bantuan orang lain yang berada di sana.

Dan kelemahan terakhir adalah kamu tidak bisa melakukan cost sharing. Biasanya saat kamu memiliki teman saat liburan, kamu bisa membagi ongkos transportasi dan ongkos lainnya yang cukup berguna juga dalam usaha untuk berhemat. Melihat beberapa kelemahan dari rencanakan traveling sendiri, mungkin kamu mulai tidak tertarik dengan hal ini, tapi sebelum mengambil keputusan, mari lihat kelemahan dari memakai agen perjalanan.

agen perjalanan agar lebih santai
Atau bisa juga kamu membiarkan agen perjalanan yang mengurus semua tripmu via @robertbye

Seperti dilansir MSN kelemahan agen perjalanan mencakup masalah pemilihan tempat wisata yang tidak kamu sukai sehingga perjalanan akan terasa kurang menyenangkan. Lalu ada beberapa masalah yang terkadang tidak bisa diselesaikan oleh agen perjalanan yang artinya adalah kamu harus menyelesaikan masalah itu seorang diri dan terakhir adalah penjadwalan yang mereka buat. Uang yang sudah kamu bayarkan ke mereka memberikan arti kamu sebaiknya mengikuti apa yang mereka jadwalkan dan lakukan setiap waktu.

Di samping itu, biaya harus dibayarkan tentu relatif lebih mahal. Memang kamu sudah membayar untuk semua hal selama perjalanan, tapi dana yang harus dipersiapkan juga lebih besar. Dan ketika berbicara mengenai liburan, maka masalah biaya adalah persoalan yang cukup penting untuk dihemat.

Membaca barisan kelemahan yang muncul dari kedua pilihan tersebut, terlihat jelas bagaimana masing-masing pilihan memiliki kelemahan yang saling bertolak belakang. Dan ini malah membuat kamu bingung, bukan? Sekarang mari membedah perbedaan rencanakan traveling sendiri dengan menggunakan agen perjalanan yang bisa membuat kamu mendapatkan keputusan terakhir yang terbaik untuk kamu.

Perbedaan

Membedah perbedaan rencanakan traveling sendiri dengan menggunakan agen perjalanan, maka kamu bisa menarik kesimpulan yang jelas. Dengan rencanakan traveling sendiri, kamu akan mendapatkan kebebasan yang bisa kamu dapatkan tanpa perlu diganggu oleh pihak lain, tapi itu artinya ada rasa kesepian yang melanda di tengah-tengah perjalanan. Tidak ada yang bisa menjadi teman ngobrol, berbagi cerita dan juga menjadi ‘tukang foto’ untuk kamu. Dan ketika kamu menggunakan agen perjalanan, pastinya kamu tidak merasakan hal itu sepanjang liburan.

Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi berbagai tempat wisata yang sesuai dengan keinginan kamu, tapi berbanding 180 derajat, agen perjalanan malah membuat kamu tidak bisa bebas memilih tempat wisata. Semua yang sudah ada di jadwal terkadang tidak sesuai dengan kesukaan kamu. Hal itu bisa dihindari ketika melakukan rencana traveling sendiri.

Jadi intinya, kedua pilihan itu tidak ada yang sempurna. Ada kelemahan yang harus kamu jalani, tapi ada keunggulan yang bisa kamu nikmati sepanjang waktu liburan. Pada akhirnya semua sesuai dengan kesukaan kamu sendiri. Membaca penjelasan dari kedua pilihan itu, apakah kamu sudah menentukan mana yang terbaik untuk kamu?

Jika kamu suka kebebasan dan tidak memikirkan kesepian sepanjang perjalanan, kamu bisa memilih rencana traveling sendiri. Tapi bagi kamu yang ingin semua teratur dan tidak perlu memusingkan masalah jadwal, maka agen perjalanan adalah pilihan yang paling tepat, tapi perlu diingat, tidak semua sesuai dengan keinginan kamu.

Itulah keunggulan, kelemahan dan perbedaan rencanakan traveling sendiri vs menggunakan agen perjalanan. Dengan membaca tulisan di atas, semoga kamu bisa menentukan pilihan yang paling pas untuk kamu sehingga kamu bisa lepas sejenak dari kepenatan aktivitas sehari-hari.

You may also like...

Leave a Reply