Tips Fotografi Saat Traveling, Menjalankan Hobi Sekaligus Menghasilkan Pundi

tips fotografi klikcair
Waktu baca: 5 menit

Tips fotografi merupakan hal yang wajib. Terlebih foto merupakan benda yang bisa menjadi penggambaran sebuah pengalaman nyata akan sebuah momen, salah satunya adalah momen traveling. Tidak heran jika kegiatan traveling dan fotografi tidak bisa dipisahkan.

Saat traveling, kamu akan menemukan pemandangan baru yang belum pernah kamu lihat sebelumnya. Pemandangan tersebut tentu akan sangat sayang apabila tidak diabadikan dengan bidikan kamera. Untuk menghasilkan foto yang baik, kamu harus tahu tips fotografi. Tips fotografi ini tidak hanya menghasilkan foto yang bagus, namun berpotensi juga untuk menghasilkan uang. Apa saja tips fotografi yang harus kamu tahu? Simak ulasannya di bawah ini:

Tips Fotografi Saat Traveling Agar Hasil Lebih Bagus

Berpikirlah Berbeda

Kamu harus memiliki sudut pandang yang berbeda dari kebanyakan orang. Dengan sudut pandang yang berbeda, kamu bisa menemukan sudut pandang yang unik dan mungkin sudut pandang tersebut tidak disadari oleh orang lain. Dengan begitu kamu akan menghasilkan foto yang bagus.

Perhatikan Keseluruhan Objek yang akan Kamu Ambil

Tips fotografi lainnya adalah menerapkan aturan tak tertulis tentang peletakan objek dalam frame sebuah foto. Banyak yang bilang komposisi sepertiga dapat membuat foto kamu lebih menarik. Namun banyak juga yang berpendapat Golden Ratio atau menempatkan objek diperbandingan 1.6 dalam frame adalah yang terbaik. Semuanya terserah pada kamu karena tidak ada yang salah dalam peletakan objek yang tepat.

Simpel dan Sederhana

Pastikan objek yang kamu ambil tampak sederhana dalam foto. Tips fotografi ini terbilang penting karena biasanya sesuatu yang simpel dan sederhana lebih memiliki kesan yang kuat dibanding sesuatu yang rumit.

Cari Bingkai Alami

Bingkai alami sangatlah beragam, mulai dari pohon, daun, jendela, bahkan pintu. Meski begitu, terkadang sulit menentukan posisi yang pas untuk membawa serta bingkai alami tersebut di dalam foto. Namun bila kamu menemukannya, maka jangan sia-siakan hal tersebut. Kamu bisa memotret objek utama dari dalam rumah melalui jendela. Atau, kamu bisa memotret objek utama yang berada di antara dua pohon. Posisi tersebut akan memberikan kesan pohon sebagai bingkai di kedua sisi foto.

Tegaskan Skala Dengan Sebuah Objek

Dengan adanya penggambaran skala dalam sebuah foto, orang yang melihat foto tersebut dapat memprediksi dimensi foto yang kamu ambil. Manusia biasanya menjadi objek mempertegas dimensi sebuah foto.

Jangan sampai Ketinggalan momen Golden Hour

Momen yang satu ini memang tidak boleh dilewatkan. Sore hari adalah salah satu momen dengan cahaya terbaik. Matahari tengah berada dalam cakrawalanya sehingga objek yang terkena cahaya tersebut akan mendapatkan dimensi terbaik. Untuk itu, saat kamu traveling, cobalah untuk berjalan-jalan di sore hari sambil menikmati senja.

Kamu Bisa Mencoba Berbagai Teknik

Teknik fotografi memang sangat dibutuhkan untuk menghasilkan foto yang menarik, salah satunya adalah teknik panorama. Teknik ini akan sangat berguna saat kamu akan mengambil gambar yang luas namun dengan lensa yang tidak lebar. Kamu bisa memanfaatkan mode yang tersedia ataupun dengan mengambil gambar satu per satu sehingga gambar tersebut saling ber-overlay hingga akhirnya bisa dijadikan satu dengan software editing foto.

teknik fotografi
Teknik fotografi yang berbeda via @pawelskor

Hindari Mengambil Foto di Tempat yang Penuh dengan Orang-Orang

Sebelum kamu berencana mengambil foto di sebuah lokasi, kamu harus melihat hasil bidikan orang lain di lokasi tersebut. Hal ini dilakukan untuk menghindari hasil foto yang mainstream. Usahakan untuk mengambil angle yang berbeda dari yang orang lain ambil. Dengan begitu, hasil foto kamu akan lebih original dibandingkan dengan foto orang lain. Tips fotografi yang sangat membantu bukan?

Bawalah Kamera Paling Baik yang Kamu Punya

Kamera terbaik di sini bukan berarti kamera yang mahal, akan tetapi kamera yang dapat digunakan. Semua fitur dan kemampuan kamera tersebut sudah kamu kuasai dengan baik meski hanya sebuah kamera ponsel. Meski hasil dari sebuah foto dapat ditentukan oleh sebuah alat, namun rasa dari sebuah foto hanya dapat ditentukan oleh yang membidik foto tersebut. Foto yang bagus akan kalah dengan foto yang memiliki sebuah rasa.

Baca juga: Yuk, Cari Tahu Lensa Kamera yang Tepat untuk Dapat Foto Hits

Selain tips fotografi yang baik, traveling pun membutuhkan banyak hal-hal lain yang harus dipertimbangkan. Salah satunya adalah biaya traveling. Di zaman sekarang ini kamu masih bisa menghasilkan uang meski sibuk traveling, kenapa bisa? Kamu bisa mendapatkan uang dengan cara investasi, salah satunya adalah investasi milenial seperti peer to peer lending dan lainnya. Investasi tersebut mendorong kamu untuk menghasilkan uang tanpa merebut waktu traveling pun.

Nah, selain berinvestasi di p2p lending, kamu juga bisa menghasilkan uang dari bidikan foto yang kamu hasilkan. Tentunya, untuk foto yang akan dijual, kamu harus menggunakan kamera yang berkualitas baik, bukan kamera smartphone. Sebab, kualitas foto dari kamera sungguhan akan lebih baik. Lalu, bagaimana cara menjual hasil bidikanmu. Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa kamu tempuh untuk menghasilkan uang dari bidikan-mu, beberapa caranya adalah di bawah ini:

Tips Menghasilkan Uang dari Foto Hasil Huntingmu Saat Traveling

Jual Foto Kamu di Pustaka Gambar Stok

Ada beberapa pustaka gambar stok yang bisa kamu pilih seperti Getty Images, Shutterstock, dan Stocksy. Biasanya agen periklanan, merek, publikasi dan situs web akan menggunakan gambar stok untuk tujuan publisitas dan komersial. Ini merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan uang dengan cepat.

Kamu Bisa Membuat Blog Fotografi ataupun Youtube

Tips fotografi yang lainnya adalah membuat saluran Youtube ataupun blog untuk membagi pengetahuan kamu seputar tips fotografi. Bila kamu berhasil menciptakan konten yang menarik, maka kamu akan memiliki banyak pengikuti di media sosial. Hal ini dapat menghadirkan peluang iklan, lokakarya fotografi dan lainnya.

blog pribadi fotografi
Buat blog pribadi bertemakan fotografi via @igormiske

Sikat Semua Kontes Fotografi

Kamu bisa mengikuti berbagai kontes fotografi di wilayah kamu. Hal ini supaya kamu lebih banyak terekspos dan memperluas lingkaran di komunitas sosial fotografi kamu. Kamu tentu tidak akan pernah tahu siapa yang akan kamu temui saat mengikuti sebuah kontes fotografi. Dari kontes tersebut mungkin kamu akan mendapatkan sejumlah uang bila kamu menang.

Menjadi Asisten Fotografer Profesional

Tips fotografi selanjutnya dalam menghasilkan uang adalah menjadi asisten fotografer profesional. Di sini, kamu tidak hanya mendapatkan penghasilan tapi juga mendapatkan pengalaman dari fotografer profesional secara langsung. Tentu, berguru pada mentornya langsung akan lebih baik dibandingkan dengan kamu menyimak tutorial di internet. Bekerja sama dengan fotografer profesional pun membuat kamu mendapatkan banyak kenalan orang-orang yang bergelut di bidang fotografi.

Baca juga: Jangan Asal Motret, Ini 5 Cara Menghasilkan Uang dari Fotografi

Itulah bagaimana cara kamu traveling tapi tetap menghasilkan uang. Menghasilkan foto yang bagus menurut kamu saja itu tidak cukup, kamu harus tahu bagaimana caranya menghasilkan foto yang dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. Makanya, tips fotografi di atas harus kamu terapkan supaya dapat menghasilkan pendapatan dari traveling-mu.

Namun di samping menghasilkan uang, kamu juga jangan terlalu terfokus pada hal itu. Kamu pun harus menikmati waktu traveling-mu. Kamu bisa mengajak orang terkasih, keluarga atau teman terdekatmu supaya traveling yang kamu jalani lebih bermakna. Semoga dengan tips di atas, kamu bisa mendapatkan pengetahuan baru. Selamat mencoba.

You may also like...

Leave a Reply