Cara Seimbangkan Hidup dan Karier Agar Tidak Alami Burn Out

Seimbangkan hidup dan kerja agar tidak burn out.
Waktu baca: 2 menit

Semua orang memang membutuhkan pekerjaan dan karier agar bisa menjalani kehidupan ini dengan baik. Namun, ada kalanya seorang pekerja harus bisa seimbangkan hidup agar tidak mengalami burn out. Istilah burn out merupakan kondisi saat seseorang terkuras tenaga fisik serta mental. Psychology Today mengatakan kondisi itu akan memberikan dampak negatif pada kesehatan, mudah sinis dan menyendiri, hingga merasa tidak efisien dan kurang pencapaian. Sehingga, kondisi itu menyebabkan seseorang tidak bisa berkegiatan dengan efektif, baik dalam kehidupan sehari-hari ataupun saat bekerja. Burn out bisa terjadi jika tidak ada keseimbangan antara kehidupan pribadi dan jam kerja. Tidak semua orang bisa menyadari hal ini dengan cepat. Jika kamu tidak ingin mengalami burn out, berikut beberapa cara untuk seimbangkan hidup pribadi dan karier.

Menyesuaikan diri dengan peraturan

Sebagai karyawan sudah sepantasnya mengikuti peraturan yang sudah tersedia di perusahaan. Kamu harus mulai mencoba tegas kepada diri sendiri untuk terus mengikuti aturan kerja. Masuk dan pulang juga harus tepat waktu. Jangan terlalu asik bersantai di kantor sehingga pekerjaan terbengkalai dan selesai tidak tepat waktu. Diluar jam kerja, pergunakanlah waktumu dengan baik untuk melakukan hal-hal positif dan penting yang dibutuhkan oleh diri sendiri.

Susun jadwal

seimbangkan hidup agar terhindar dari burn out
Atur jadwal agar kamu tidak mengalami burn out. Photo by @esteejanssens

Penyusunan jadwal sangat penting agar kamu menjadi bijaksana dalam memilih mana hal yang bisa dilakukan sesuai jadwal tersebut. Usahakan tidak ada perubahan jadwal karena hal yang tidak mendesak atau tidak penting.

Ambil cuti dan jangan lupa istirahat

Ambil cuti sebanyak yang kamu butuhkan. Jangan peduli dengan omongan dari orang lain di kantor. Jika dirimu bahagia, pekerjaan sudah pasti akan berjalan dengan lancar. Tapi kalau kamu merasa tertekan, pekerjaan seperti apapun pasti akan berantakan. Setelah ambil cuti, jangan lupa untuk istirahat karena setiap orang pantas mendapatkannya. Berbagai studi mengungkapkan bahwa dengan beristirahat bisa berguna untuk menjaga produktivitas dan kesehatan.

Nah itu lah cara agar kamu tidak merasakan burn out. Sah-sah saja jika kamu jadi pekerja keras, namun bukan berarti melupakan kebahagiaan diri sendiri. Jadi, jangan lupa lakukan hal di atas ya.

You may also like...

Leave a Reply