Mengenal Apa Itu Rekening Koran dan Kegunaannya

Orang sedang kalkulator
Mengenal Apa Itu Rekening Koran dan Kegunaannya. Photo by Pexels
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Banyak orang yang salah memahami apa itu rekening koran. Yang pasti, rekening koran ini menjadi bukti yang sangat penting untuk beberapa hal. Ini disebabkan kamu wajib melampirkan rekening koran ini ketika ingin melakukan beberapa kegiatan atau membuat dokumen tertentu. Dan itu bukan tanpa alasan. Pasalnya, rekening koran ini menjadi bukti bagaimana kondisi kesehatan keuangan kamu.

Lalu, apa sebenarnya rekening koran itu dan apa saja kegunaannya?

Sekilas Mengenai Rekening Koran

Rekening koran
Rekening koran. Photo by Cermati

Sebelum lebih jauh tentang apa fungsi dari rekening koran, kamu harus tahu dulu apa sih rekening koran ini. Banyak lho yang ternyata menyamakan antara rekening koran dengan buku tabungan. Dan ini bukan tanpa alasan. Kebanyakan dari mereka menyamakan keduanya lantaran keduanya didapatkan dari bank.

Apakah itu benar? Faktanya tidak. Buku tabungan itu buku rekening tabungan yang diberikan saat seseorang pertama kali membuka tabungan di sebuah bank. Buku tabungan tersebut digunakan sebagai tanda bahwa seseorang menjadi nasabah di suatu bank.

Lain hal dengan rekening koran. Ini rekaman semua transaksi yang seseorang lakukan melalui bank, mulai dari transaksi masuk seperti menabung atau transfer dari orang lain atau transaksi keluar yang meliputi pembayaran tagihan dan transfer ke luar.

Lalu, sekarang pertanyaannya adalah bagaimana cara untuk bisa mendapatkan rekening koran? Mudah sekali. Jika kamu diharuskan menyertakan rekening koran ketika kamu ingin membuat sebuah dokumen, kamu hanya perlu ke bank terdekat. Mintalah petugas bank untuk print rekening koran. Dalam hal ini, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi seperti buku tabungan yang asli, KTP, dan kartu debit.

Kamu harus tahu juga beberapa bank menetapkan biaya cek rekening koran. Besar biayanya berbeda-beda mulai dari Rp 2.500 hingga Rp 10.000 per lembar.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa itu rekening koran?

Baca juga: Prosedur Mengurus Buku Tabungan Hilang

Apa Saja Kegunaan Rekening Koran?

Kalkulator dan beberapa lembar kertas
Kegunaan rekening koran. Photo by Pexels

Ada beberapa hal yang seseorang diwajibkan untuk menyertakan atau menyerahkan rekening koran, seperti

  • Ketika Mengajukan Visa

Kamu ingin ke luar negeri? Salah satu syaratnya adalah memiliki visa. Kamu harus membuat visa di imigrasi. Dan ternyata pihak imigrasi menyaratkan agar kamu menyertakan rekening koran.

Apa sih tujuannya? Ini bertujuan agar memastikan bahwa kamu memiliki dana yang cukup ketika berada di luar negeri. Ini sebagai langkah antisipasi agar kamu tidak kekurangan uang saat berada di negara orang lain. Jadi, persyaratan seperti ini sangat bisa dimaklumi, kan?

  • Ketika Ingin Mendapatkan Legalitas di Mata Hukum

Siapa saja tidak ingin memiliki pengalaman buruk seperti harus bersengketa dengan orang atau pihak lain. Apalagi sengketa tersebut harus dibawa ke ranah hukum.

Namun, jika itu terjadi dan sengketa tersebut terkait dengan keuangan, hakim biasanya akan meminta bukti seperti rekening koran. Ini diminta ketika ada data keuangan yang ditransfer melalui rekening.

  • Ketika Ingin Mengajukan Pinjaman

Kamu ingin mengajukan pinjaman? Salah satu syaratnya adalah menyertakan rekening koran. Untuk apa? Untuk memastikan pihak pemberi pinjaman bahwa kamu memiliki keuangan yang sehat. Dari sini juga pemberi pinjaman tahu apakah kamu mampu untuk mencicil pinjaman atau tidak.

  • Ketika Ingin Mengikuti Lelang

Lelang bisa dilakukan oleh pihak swasta atau pemerintah. Jika kamu ingin ikut serta sebagai peserta, biasanya kamu diminta untuk menunjukkan rekening koran. Sama seperti lainnya. Tujuannya adalah untuk mengetahui kemampuan finansial kamu dalam mengikuti lelang.

  • Ketika Diadakan Audit Keuangan

Rekening koran tidak hanya dimiliki oleh individu tapi juga badan usaha seperti perusahaan. Ketika keuangan sebuah perusahaan akan diaudit, auditor akan meminta rekening koran sebagai salah satu bahan rujukan atau referensi untuk menilai keuangan perusahaan.

Sekarang, kamu sudah tahu apa itu rekening koran lengkap dengan kegunaannya. Dan ternyata ini merupakan lembar kertas yang sangat penting, bukan? Ada legalitas yang sangat tinggi yang ternyata bisa digunakan untuk hal-hal yang sangat penting, seperti membuat visa dan bahkan bukti hukum. Jadi, jika kamu memiliki rekening koran, simpan baik-baik. Gunakan dengan sebenar-benarnya.


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai