Bank Sentral: Pengertian, Tugas, Fungsi, dan Perannya

Gedung bank
Bank Sentral: Pengertian, Tugas, Fungsi, dan Perannya. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Jika selama ini kamu hanya mengenal bank dengan warna ungu,hijau, oranye, biru dan masih banyak lagi bank dengan warnanya masing-masing. Tapi sudah tahukah kamu kalau ada bank yang mengatur ekonomi dan keuangan suatu negara. Bank itu adalah Bank Sentral. Lalu apa itu bank sentral? Apa tugas bank sentral? Untuk lebih lengkapnya cek info di bawah ya.

Apa itu Bank Sentral?

Mungkin ada yang bertanya, apa itu bank sentral? Bank sentral adalah suatu instansi yang bertanggung jawab terhadap mengatur ekonomi suatu negara, tidak hanya soal ekonomi saja tetapi juga turun naiknya nilai mata uang dari negara tersebut atau secara bahasa ilmiahnya adalah inflasi.

Pentingnya menjaga inflasi oleh suatu negara merupakan salah satu bentuk agar negara tersebut bisa bertahan dalam tatanan dunia internasional. Apakah kamu pernah mendengar suatu negara yang memiliki mata uang hampir sama dengan harga beberapa telur?

Itulah bentuk dari perlunya bank sentral yang mengatur mata uang dan kestabilan ekonomi dari suatu negara. Selain itu bank sentral ini juga menjaga dan menciptakan kegiatan dari setiap bank yang ada agar bisa berjalan secara baik dan tidak merugikan masyarakat.

Bank sentral sampai hari ini hanya dimiliki oleh pemerintah ya,sejauh ini belum ada bank sentral swasta ya. Bank sentral milik Indonesia sendiri adalah Bank Indonesia,untuk lebih lengkapnya nanti akan dibahas secara tersendiri ya.

Tugas Bank Sentral

Sekarang kamu sudah tahu kalau di antara banyak bank tersebut masih ada bank sentral yang mengatur semua agar tercipta kestabilan dan keamanan. Tapi apakah kalian merasa sudah sangat mengerti tentang tugas dari bank sentral itu sendiri. Berikut beberapa info untuk menambah wawasan kalian terkait tugas dari bank sentral itu sendiri.

Bank sentral ini mempunyai tugas yaitu:

  • Mengatur peredaran uang

Pernah tidak kamu berpikir, kenapa negara tidak mencetak uang sebanyak mungkin,kemudian dibagikan kepada masyarakatnya agar tidak ada lagi yang namanya kemiskinan. Nah kalau kamu pernah berpikir seperti itu, maka sudah seharusnya ada bank sentral.

Keberadaan dari bank sentral sendiri untuk mengatur peredaran uang, perlunya menjaga peredaran uang agar tidak mengakibatkan inflasi mata uang.jika banyak mata uang yang beredar maka nilai mata uang itu akan anjlok dan menjadi tidak berharga lagi.

Oleh karena itu diperlukan bank sentral untuk mengaturnya, karena bisa sangat merugikan negara kalau nilai mata uangnya inflasi. Sebelumnya juga sedikit gambaran di atas dimana harga tertinggi dari mata uang suatu negara hanya bisa membeli beberapa telur saja.

Itulah sedikit gambaran jika tidak adanya bank sentral sehingga terjadinya inflasi dari mata uang. Jadi sudah terjawab bukan kenapa uang tidak dicetak sebanyak mungkin.

  • Pengawas dan Pembuat kebijakan moneter

Bank sentral mempunyai tugas untuk mengawasi dan memberikan kebijakan moneter. Maksudnya disini adalah menjaga kestabilan ekonomi reo dan makro,agar harga dari setiap barang bisa menjadi stabil.

Pernah tidak kamu merasakan harga dari cabe atau yang belakang ini terjadi adalah harga minyak goreng yang melonjak naik. Jika harga bahan baku saja sudah naik,apalagi harga dari produknya.

Oleh karena itu, untuk menjaga stabilitas ekonomi,bank sentral membuat kebijakan yang menguntungkan bagi semua pihak. Agar tidak ada dusta diantara kita.

  • Mengatur dan menstabilkan transaksi pembayaran

Kamu pasti tahu berbagai jenis platform yang menyediakan jasa pembayaran online,nah perlu diketahui nih kalau bank sentral yang mengatur sistem pembayaran ini. Tidak hanya pembayaran secara online saja ya tetapi offline juga.

Kemanapun kamu pergi,selama masih dalam negeri maka sistem pembayarannya diatur oleh bank sentral.hal ini dilakukan agar tidak adanya tuntutan karena telah merugikan pelanggan. Untuk itu tugas dari bank sentral adalah mengatur dan menstabilkan transaksi pembayaran.

  • Bank Sumber Dana

Kenapa disebut sebagai bank sumber dana? Karena jika bank-bank yang lain terlepas itu milik pemerintah maupun swasta sedang membutuhkan suntikan dana segar dan kesulitan untuk mencarinya maka pilihan terakhirnya adalah bank sentral ini.

Baca juga: Mengenal Lebih Dalam Apa Itu Bank Indonesia

Fungsi dan Peran Bank Sentral

Selain berbicara akan tugas bank sentral, selanjutnya akan membahas fungsi dan peran dari bank sentral. Jika melihat dari fungsi bank sentral adalah sebagai polisi lalu lintasnya transaksi pembayaran,dimana sesuai dengan tugas di atas yaitu untuk mengatur sistem pembayaran baik itu online maupun offline.

Fungsi kedua dari bank sentral adalah sebagai bankir,maksudnya bankir disini adalah sebagai pemodal yang meminjamkan sejumlah dana kepada bank yang membutuhkan. Tidak hanya sampai sebagai bankir saja tetapi fungsi lainnya adalah sebagai penasihat pemerintah.

Jika kamu lihat lagi tugas dari bank sentral adalah untuk menjaga mata uang dan stabilitas ekonomi maka perlunya kolaborasi pemerintah dengan bank sentral agar tercipta ekonomi yang stabil di masyarakat.

Perlu kalian ketahui juga kalau nilai mata uang itu adalah cadangan devisa negara,karena itu fungsi terakhir dari bank sentral adalah menjaga cadangan devisa negara. Nah jadi itu beberapa fungsi dari bank sentral, tapi bagaimana kalau berbicara peran bank sentral.

Peran bank sentral sangatlah penting karena menitik beratkan kepada perekonomian suatu negara, dimana telah disebutkan pada tugas dan fungsinya. Jadi jika kamu ingin mencoba mencari kerja yang lebih keren dari bank-bank lainnya maka bisa mencoba untuk melamar di bank sentral.

Untuk di Indonesia sendiri bank sentralnya adalah Bank Indonesia, untuk sedikit informasi terkait Bank Indonesia sendiri kamu bisa membacanya di bawah ini ya.

Bank Sentral di Indonesia

Bank Indonesia yang merupakan bank sentral yang dimiliki oleh pemerintah, bank ini sendiri bukan seperti bank yang lainnya dan sudah dijelaskan di atas ya. Pada bagian ini kamu akan melihat sedikit informasi terkait dan bisa jadi referensi kamu kalau ingin mencoba melamar sebagai pegawainya.

Bank sentral yang ada di Indonesia awalnya dibangun oleh bangsa Belanda dengan nama De Javasche Bank pada tahun 1800-an. Kemudian setelah merdeka,adanya keinginan untuk mempunyai bank sentral sendiri dan terlepas dari pemerintahan Hindia Belanda, sekitar tahun 1968 dibentuklah Bank Indonesia.

Alasan dibentuknya Bank Indonesia selain karena nama, karna sistem dari bank belanda yang tidak cocok dengan rencana pemerintahan kedepannya. Makanya dilakukan perubahan agar sesuai dengan tujuan dari pemerintahan.

Jika ditanya apa tugas bank sentral dan bank Indonesia berbeda? Maka jawabannya adalah sama karena bank sentral itu hanyalah sebutan umumnya saja dan di setiap negara pasti memiliki bank sentralnya masing-masing. Bank Indonesia adalah bank sentral yang dimiliki oleh Indonesia.

Jadi sekarang sudah paham bukan itu itu secara definisi, tugas, fungsi dan peran dari bank sentral sendiri?

Artikel Lainnya