Ini Perbedaan Backpacker dan Traveler, Jangan Salah Arti!

Gambaran seorang backpacker
Ini Perbedaan Backpacker dan Traveler, Jangan Salah Arti! Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Bagi sebagian orang yang suka berpetualang, istilah backpacker dan traveler mungkin sudah populer. Kedua istilah itu sering kali disamakan artinya. Akan tetapi, perlu diingat traveler dan backpacker sangat berbeda. Terdapat perbedaan backpacker dan traveler.

Mungkin sebagian orang mengetahui perbedaan keduanya, namun masih banyak juga orang belum bisa memahami perbedaanya. Jika kamu tertarik mengetahui lebih lanjut mengenai perbedaan backpacker dengan traveler, artikel ini akan menjelaskan secara lebih rinci.

Apa Itu Backpacker?

Sebelum mengetahui perbedaan backpacker dan traveler, Kamu diharuskan mengetahui pengertian keduanya dahulu. Backpacker adalah sebuah kata yang diadopsi oleh Bahasa Asing. 

Kata dasar backpacker sendiri ialah backpack yang bermakna tas ransel. Pada dasarnya istilah backpack populer digunakan oleh para turis sebagai sebutan untuk tas bawaan mereka.

Jadi, dapat dikatakan kembali backpacker merupakan seseorang yang melakukan kunjungan destinasi wisata dengan membawa semua kebutuhan perlengkapannya menggunakan tas ransel dengan tujuan mengakomodasikan semua kebutuhannya.

Para backpacker sendiri biasanya melakukan tour luar negeri dan luar negeri dengan mudah dan murah. Maka dari itu, banyak orang mulai tertarik untuk menjadi seorang backpacker. 

Apa Itu Traveler?

Setelah mengetahui pengertian dari backpacker, Kamu juga diharuskan untuk memahami apa itu traveler. Meskipun traveler ini banyak diketahui semua orang, namun masih banyak orang yang belum bisa membedakan antara backpacker dengan traveler Indonesia.

Perlu untuk diketahui, traveler adalah seseorang yang melakukan kunjungan wisata secara sendiri dengan melakukan berbagai cara. Salah satu cara tersebut yakni menggunakan layanan jasa travel. 

Saat ini ada banyak paket wisata luar negeri murah yang bisa Kamu gunakan. Tentunya paket tersebut sudah termasuk dengan harga tiket, hotel, dan akomodasi lainnya. 

Jadi, saat ini traveler sudah tidak asing lagi bagi semua kalangan. Kamu juga bisa memilih tempat wisata luar negeri murah sesuai dengan keinginan.

Baca juga: Cara Cepat Mengumpulkan uang untuk Traveling

Perbedaan Backpacker dan Traveler

Seperti yang diketahui, perbedaan backpacker dan traveler sering kali membuat sebagian besar orang keliru. Oleh karena itu, sangat penting untuk Kamu mengetahuinya. Berikut ini merupakan perbedaan mendasarnya.

1. Perbedaan dari Segi Pengalaman

Hal yang membedakan antara pekerjaan traveler dan backpacker yaitu terletak pada segi pengalamannya. Umumnya backpacker cenderung menghindari sesuatu aktivitas mainstream dibanding dengan traveler.

Selain itu, para backpacker juga cenderung menghindari berbelanja di tempat wisata yang dapat menguras dompet. Berbeda dengan halnya traveler yang harus membuat rencana perjalanan terlebih dahulu. 

Para traveler juga diharuskan untuk memperhitungkan besaran biaya dan hambatan pada perjalanan wisata. Pada poin ini sangat tertera jelas adanya perbedaan mendasar antara pekerjaan backpacker vs traveler.

2. Perbedaan dari Segi Perlengkapan 

Setelah mengetahui apa yang membedakan traveler dengan backpacker pada poin pertama, adapun perbedaan dari segi perlengkapan. Seperti yang diketahui banyak orang, backpacker sangat identik dengan membawa tas ransel.

Hal tersebut merupakan sebuah persiapan yang dilakukan untuk menghindari banyaknya pengeluaran selama di perjalanan. Salah satu contoh perlengkapan backpacker adalah tas tahan air. 

Penggunaan barang tersebut bertujuan agar perlengkapan lebih tahan lama. Tidak hanya itu saja, penggunaan sepatu flat juga biasanya banyak digunakan agar lebih nyaman ketika berjalan. Berbeda halnya dengan traveler.

Umumnya mereka hanya memerlukan perhatian pakaian hingga kehigienisan dari produk yang digunakan. Dengan kata lain, para traveler harus mengeluarkan uang lebih.

3. Perbedaan dari Segi Lokasi

Tidak kalah penting dari perbedaan lainnya, adapun ciri khas backpacker dan traveler yaitu dari segi lokasi. Perlu untuk diketahui, seorang backpacker biasanya cenderung lebih menyukai perjalanan dari satu lokasi ke lokasi lainnya. 

Hal tersebut bertujuan agar menjaga pengeluaran seminim mungkin. Untuk lokasi sendiri, para backpacker lebih memilih kota-kota besar. Meskipun tujuan utama para backpacker adalah berwisata, namun mereka juga memiliki jiwa bebas.

Sedangkan pada traveler, pada dasarnya jadwal perjalanan mereka sudah diatur oleh pemandu wisata. Para traveler juga dapat memilih paket wisata sesuai dengan harga dan destinasi yang diinginkan. Jadi, tidak heran pengeluaran traveler lebih besar dibanding backpacker.

4. Perbedaan dari Segi Alasannya

Setiap perjalanan tentunya memiliki tujuan dan alasan, sama halnya dengan backpacker dan traveler. Seorang backpacker umumnya bepergian tanpa adanya rencana terlebih dahulu, mereka cenderung akan mengunjungi tempat-tempat baru yang menarik.

Backpacker pada dasarnya tidak menggunakan layanan pemandu wisata. Berbeda halnya dengan traveler yang melibatkan bantuan pemandu wisata. Para traveler biasanya sudah merencanakan rencananya terlebih dahulu.

Tidak hanya itu saja, traveler juga dilakukan karena suatu tujuan tertentu. Baik itu liburan, berkunjung ke rumah kerabat, maupun perjalanan bisnis. Jadi, memang perbedaan backpacker dan traveler sangat terlihat secara jelas dan lebih nyata.

Nah, itulah beberapa hal yang membedakan antara pekerjaan backpacker dengan traveler. Setelah melihat penjelasan tersebut, perbedaan keduanya sangat terlihat jelas. Perbedaan tersebut dari segi pengalaman, perlengkapan, lokasi, hingga alasannya.

Tidak hanya itu saja, saat ini banyak para traveler menggunakan jasa pemandu wisata untuk mempermudah perjalanan ketika berlibur. Jadi, sudah tau perbedaan mendasar backpacker dan traveler, bukan?

Mungkin Anda juga menyukai