Barang Konsumsi Adalah: Pengertian, Kategori, dan Perbedaannya dengan Barang Modal

Barang konsumsi
Barang Konsumsi Adalah: Pengertian, Kategori, dan Perbedaannya dengan Barang Modal. Photo by Pixabay
Waktu baca: 4 menit

Apakah kamu pernah mendengar tentang barang konsumsi? Kali ini MinCair akan membahas tentang barang konsumsi adalah dan manfaatnya. Hal ini penting supaya kamu bisa memanfaatkan barang sesuai dengan fungsinya.

Pengertian Barang Konsumsi

Apa yang dimaksud dengan barang konsumsi? Penting bagi kamu untuk mengetahui dengan baik mengenai barang konsumsi. Hal ini akan membantu kamu untuk membeli barang-barang yang kamu butuhkan.

Barang konsumsi adalah produk yang dibeli oleh konsumen. Dalam artian, barang-barang tersebut memiliki nilai guna yang tinggi. Sehingga keberadaannya sangat penting untuk mencukupi kebutuhan konsumen.

Biasanya barang konsumsi sangat mudah untuk dipasarkan karena disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Contoh pasar barang konsumsi toko atau tempat berjualan barang-barang yang dibutuhkan oleh konsumen.

Barang-barang konsumsi akan dilihat dan dibeli oleh konsumen sesuai dengan kebutuhannya. Sehingga keberadaannya sangat dibutuhkan sebagai pemenuhan kebutuhan. Barang konsumsi yang dibutuhkan dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Kategori dan Contoh Barang Konsumsi

Setelah mengetahui mengenai pengertian barang konsumsi, maka kamu perlu mengetahui mengenai kategori dan contohnya. Hal ini penting untuk diketahui supaya bisa menentukan barang konsumsi kamu sendiri.

Kategori dan contoh barang konsumsi adalah, sebagai berikut:

1. Shopping Goods

Pertama adalah kategori Shopping Goods yang memerlukan pertimbangan sebelum kamu membelinya. Dalam artian barang ini bukan barang-barang prioritas. Tetapi, keberadaan barang tersebut tetap dibutuhkan sebagai pelengkap.

Contoh barang konsumsi shopping Goods adalah kendaraan dan perangkat elektronik. Kamu perlu mempertimbangkan fungsinya sebelum membeli barang-barang tersebut. Hal ini penting supaya kamu tidak membeli barang yang tidak diperlukan.

2. Convenience Goods

Kategori lain dari barang konsumsi adalah Convenience Goods yang terdiri dari barang-barang yang mudah ditemukan. Dalam artian, barang-barang tersebut sering dibeli dan memiliki harga terjangkau.

Contoh dari barang Convenience Goods yaitu barang-barang konsumsi yang digunakan langsung habis diantaranya; makanan, minuman, dan kebutuhan lainnya. Kamu bisa mendapatkan jenis barang ini dengan mudah. 

3. Specialty Consumer Goods

Kamu akan lebih susah menemukan kategori Specialty Consumer Goods. Jenis barang ini lebih sulit ditemukan karena diproduksi khusus. Kamu hanya bisa menemukannya dalam jumlah terbatas.

Contoh Specialty Consumer Goods adalah barang-barang mewah yang hanya bisa dibeli oleh kalangan elit. Misalnya, mobil mewah, rumah mewah, dan perhiasan. Jenis barang tersebut biasanya dapat dipilih sebagai cara untuk investasi.

4. Unsought Consumer Goods

Kategori terakhir dari barang konsumsi adalah Unsought Consumer Goods. Jenis barang ini biasanya belum banyak dikenal, sehingga jarang terpikirkan untuk membelinya. Biasanya barang-barang ini hanya dibeli untuk memenuhi kebutuhan khusus.

Contoh barang konsumsi apa saja? Untuk kategori Unsought Consumer Goods contohnya adalah asuransi. Kamu jarang memikirkan untuk membeli asuransi, namun keberadaannya sangat penting.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Barang Ekonomi? Cek di Sini!

Perbedaan Barang Konsumsi dan Barang Modal

Selain barang konsumsi, kamu juga perlu mengetahui tentang barang modal. Barang modal adalah segala jenis barang yang keberadaannya untuk membantu proses produksi. Sehingga keberadaannya sangat penting untuk menunjang pengadaan produk.

Terdapat beberapa perbedaan barang konsumsi dan barang modal yang perlu kamu ketahui, sebagai berikut:

1. Berdasarkan Fungsinya

Fungsi barang konsumsi yaitu untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Sehingga keberadaanya sangat dibutuhkan oleh konsumen. Kamu bisa mendapatkan barang konsumsi dengan mudah sesuai dengan kebutuhan kamu.

Sedangkan, fungsi dari barang modal adalah untuk membantu proses produksi barang. Sehingga keberadaannya sangat penting untuk menunjang kegiatan produksi. Dalam artian, keberadaannya berfungsi untuk mendatangkan keuntungan bagi produsen.

2. Berdasarkan Target Pasarnya

Target pasar barang konsumsi adalah konsumen yang memerlukan barang. Sehingga keberadaan barang konsumsi sangat banyak dan mudah untuk ditemukan. Biasanya kamu bisa menemukannya dengan mudah di toko terdekat dari rumah kamu.

Sedangkan, target pasar barang modal adalah produsen. Jenis-jenis barang ini banyak digunakan untuk membantu produsen menciptakan barang. Keberadaannya sangat penting untuk mendatangkan keuntungan melebihi modal yang digunakan.

3. Berdasarkan Manfaatnya

Manfaat barang konsumsi berguna untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Sehingga sangat bermanfaat untuk menunjang kehidupan konsumen. Manfaat utamanya adalah memberikan kemudahan konsumen untuk menyelesaikan masalah sehari-hari.

Manfaat barang modal adalah berguna bagi produsen. Keberadaan barang modal bisa membantu produsen mendapatkan keuntungan. Sehingga keberadaannya sangat penting untuk meningkatkan kualitas produk.

4. Berdasarkan Tujuan Pembelian

Tujuan pembelian dari barang konsumsi adalah untuk pengguna pribadi. Dalam artian, barang tersebut tidak dapat digunakan untuk memproduksi barang yang lain. Sehingga disebut sebagai barang akhir yang hanya akan sampai ditangan pembeli saja.

Sedangkan, tujuan pembelian dari barang modal adalah digunakan untuk menghasilkan produk. Dalam artian, keberadaannya sangat penting untuk menciptakan pendapatan dari proses produksi.

5. Berdasarkan Strategi Pemasaran

Jika dilihat dari strategi pemasarannya, maka barang konsumsi dipasarkan menggunakan strategi business to consumer. Biasanya perusahaan akan menjualnya untuk kepentingan konsumen.

Sedangkan strategi marketing dari barang modal adalah business to business. Sehingga pemasarannya dari perusahaan sat uke perusahaan lainnya. Biasanya hal ini disesuaikan dengan kebutuhan produksi yang dilakukan oleh produsen.

Contoh Barang Modal

Berdasarkan pengertian barang modal, maka kamu akan mudah menemukan contoh barang modal. Biasanya barang modal banyak ditemukan di perusahaan produksi. Misalnya adalah alat-alat produksi, perangkat komputer, dan sebagainya.

Supaya kamu tidak kesulitan menemukan contoh barang modal, maka hal penting yang harus diingat adalah barang produksi. Segala barang yang dapat menghasilkan produk dapat disebut sebagai barang modal.

Dapat dikatakan bahwa barang modal ini sebagai barang awal yang membantu proses produksi. Tanpa barang modal, maka proses produksi tidak akan bisa dilakukan. Sehingga, kamu perlu menyiapkan barang modal sebelum memproduksi sesuatu.

Contoh Perusahaan yang Menjual Barang Konsumsi

Perkembangan teknologi yang semakin canggih memungkinkan kamu menemukan barang konsumsi dengan mudah. Bahkan, kamu tidak perlu datang ke tempat penjualnya langsung. Kamu bisa membeli barang konsumsi secara online.

Terdapat beberapa perusahaan yang menjual barang konsumsi, sebagai berikut:

1. Perusahaan Makanan

Contoh perusahaan yang menjual barang konsumsi adalah perusahaan makanan yaitu Wings Food dan Indofood. Perusahaan ini akan memberikan kemudahan bagi konsumen untuk mendapatkan makanan yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan konsumen.

2. Perusahaan Ponsel

Perusahaan lain yang menjual barang konsumsi adalah perusahaan ponsel Apple, Oppo, dan Samsung. Perusahaan ini menyediakan perangkat komunikasi yang populer dan digemari konsumen. Sehingga kamu tidak akan kesulitan untuk menemukan ponsel terbaru.

3. Perusahaan Minuman

Kamu juga bisa memperhatikan perusahaan minuman seperti Aqua, Cleo, Ades dan sebagainya. Perusahaan ini akan menyediakan kebutuhan konsumen untuk mendapatkan minuman yang berkualitas terbaik.

Demikianlah pembahasan mengenai barang konsumsi adalah dan fungsinya yang perlu kamu ketahui. Penting sekali untuk memahami fungsi dari barang konsumsi supaya kamu bisa memilih barang terbaik. Hindari perilaku konsumtif dan belilah barang sesuai kebutuhan.

Artikel Lainnya