Apa yang Dimaksud dengan Barang Ekonomi? Cek di Sini!

Barang ekonomi
Apa yang Dimaksud dengan Barang Ekonomi? Cek di Sini! Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan barang ekonomi? Lalu ada juga istilah barang bebas dan barang illith. Lantas apa itu barang bebas dan barang illith? Apa saja contoh dari masing-masing barang tersebut?

Jadi untuk dapat bertahan hidup, setiap manusia akan membutuhkan barang sebagai sarana penunjang. Di dalam praktiknya jenis barang dibagi menjadi 3 jenis, yaitu barang ekonomi dan barang bebas serta satu lagi barang illith.

Nah agar kamu paham maksud dan contoh dari pembagian jenis barang di dalam ilmu ekonomi, silahkan simak terus informasi di bawah ini apa yang dimaksud dengan barang ekonomi?

Pengertian Barang Ekonomi

Jadi apa yang dimaksud dengan barang ekonomi? Barang ekonomi adalah barang yang menjadi sarana pemenuhan kebutuhan manusia dalam mempertahankan hidupnya. Barang tersebut untuk mendapatkannya harus melalui pengorbanan sumber daya ekonomi.

Jadi misalkan untuk melindungi tubuh manusia memerlukan pakaian. Pakian ini tidak bisa diperoleh begitu saja, namun harus dibeli dengan uang. Tentu saja agar memiliki uang manusia harus bekerja terlebih dahulu.

Barang ekonomi ini memiliki jumlah yang terbatas, oleh karena itu barang ekonomi dapat mengalami kelangkaan. Secara lebih detail, barang ekonomi ini dibagi lagi menjadi 2 jenis barang, yaitu barang konsumsi dan barang produksi.

1. Barang Konsumsi 

Barang konsumsi adalah semua barang yang berfungsi sebagai alat pemenuhan kebutuhan hidup manusia. Barang konsumsi ini ada dua macam, yaitu:

  • Barang Konsumsi Tahan Lama.

Contohnya adalah tanah, rumah dan kendaraan.

  • Barang Konsumsi Tak Tahan Lama.

Contohnya adalah makanan dan minuman.

2. Barang Produksi 

Selanjutnya ada yang dinamakan sebagai barang produksi. Barang produksi adalah barang yang harus mengalami tahapan proses produksi agar dapat menjadi barang guna pemenuhan kebutuhan hidup manusia.

Salah satu contoh dari barang produksi adalah benang yang harus diolah untuk menjadi kain. Kain tersebut kemudian harus diproses agar menjadi pakaian.

Nah setelah tahu apa yang dimaksud dengan barang ekonomi, lantas apa sajakah contoh-contoh barang ekonomi?

Contoh Barang Ekonomi

Dari uraian apa yang dimaksud dengan barang ekonomi di atas disebutkan jika barang ekonomi memiliki keterbatasan jumlah serta memiliki harga. Keterbatasan jumlah tersebut dapat menimbulkan kelangkaan barang. Hal itu karena demand lebih tinggi dari supply yang ada.

Agar lebih jelas, di bawah ini beberapa contoh barang ekonomi yang Kamu gunakan dalam kegiatan sehari-hari.

1. Makanan Atau Minuman

Kedua barang ini merupakan kebutuhan utama manusia agar dapat bertahan hidup. Untuk mendapatkan makanan dan minuman ini maka Kamu harus membayar dengan harga tertentu. Hal tersebut karena makanan dan minuman tak tersedia begitu saja. 

2. Pakaian

Pakaian juga termasuk barang kebutuhan utama manusia. Selain untuk melindungi tubuh, pakaian juga menjadi sarana identitas manusia. Sama halnya dengan makanan dan minuman, jumlah pakaian ini terbatas dan memiliki harga.

3. Tempat Tinggal

Tempat tinggal manusia biasanya berbentuk bangunan yang memiliki struktur yang dapat digunakan untuk berteduh dan melindungi diri. Untuk mendapatkan tempat tinggal tersebut maka manusia harus membayar sejumlah harga.

4. Jasa kesehatan

Jasa kesehatan dimasukkan juga ke dalam barang ekonomis karena pada saat Kamu membutuhkannya harus mengeluarkan sejumlah harga.  Selain itu jasa kesehatan juga memiliki keterbatasan jumlah sebab hal itu didapatkan melalui tenaga dokter. 

Baca juga: Mengenal Pengertian dan Contoh Barang Komplementer

Pengertian Barang Bebas

Kamu sekarang pasti sudah paham apa yang dimaksud dengan barang ekonomi, bukan? Selain barang ekonomi ada juga yang disebut sebagai barang bebas. Barang bebas disebut juga sebagai barang non ekonomi.

Mengapa non ekonomi? Karena sifat yang dimilikinya berbanding terbalik dengan barang ekonomis. Untuk mendapatkan barang bebas tidak perlu ada usaha atau pengorbanan yang harus dilakukan. Singkatnya Kamu tak perlu membayar sejumlah uang untuk memperolehnya.

Jadi pengertian barang bebas adalah, barang yang merupakan sarana penunjang kehidupan manusia namun tanpa dibutuhkan usaha untuk mendapatkannya. Jumlah barang bebas ini pun sangat tak terbatas karena disediakan langsung oleh alam dalam jumlah besar.

Akan tetapi dalam beberapa kasus, barang bebas juga dapat menjadi barang ekonomi lho. 

Misalkan air bersih di pegunungan atau pedesaan merupakan barang bebas. Manusia dapat memanfaatkannya tanpa harus mengeluarkan uang. Namun air bersih pegunungan akan menjadi barang ekonomis di perkotaan, karena ada harga yang harus dibayarkan.

Contoh Barang Bebas

Banyak sekali contoh barang bebas yang dapat Kamu temui. Yang paling gampang adalah oksigen. Oksigen atau udara ini dapat dimanfaatkan oleh manusia setiap saat untuk dapat bertahan hidup tanpa harus membayar.

Namun oksigen dapat berubah menjadi barang ekonomis, ketika dibutuhkan oleh manusia yang membutuhkan penangan kesehatan tertentu. Misalkan bagi pasien yang mengalami gangguan pernafasan.

Pengertian Barang Illith

Seperti yang sempat disinggung di atas, di dalam ilmu ekonomi, barang pemuas kebutuhan manusia dibagi menjadi tiga jenis, yaitu barang ekonomi, barang bebas dan yang terakhir adalah barang illith. 

Mirip dengan pertanyaan apa yang dimaksud dengan barang ekonomi? Kamu pasti juga penasaran apa itu barang illith? Jadi barang illith adalah barang yang dapat digunakan sebagai sarana pemenuhan kebutuhan manusia yang belum banyak dimanfaatkan secara maksimal.

Barang illith ini bila berada pada jumlah yang tepat dapat menjadi sarana pemenuhan kebutuhan manusia. Akan tetapi sebaliknya jika jumlahnya berlebih maka akan membawa dampak buruk bahkan dapat mengancam keselamatan manusia.

Sedangkan jika barang illith ini berada dalam jumlah yang terlalu sedikit atau langka, maka dapat mengganggu keberlangsungan hidup manusia. Jadi kadar, porsi atau jumlah barang illith harus benar-benar pas.

Barang illith ini sebagaimana barang bebas, bukan hasil produksi manusia. Barang illith ada dan disediakan oleh alam sehingga manusia berkewajiban menjaga agar barang ini tak rusak atau tercemari.

Contoh Barang Illith

Contoh barang illith antara lain adalah matahari, air, sinar, api, udara dan oksigen. Agar Kamu lebih paham, berikut penjelasannya masing-masing. 

1. Air

Sebenarnya air adalah barang bebas, akan tetapi ketika air berwujud air mineral di dalam botol plastik, maka sifatnya berubah menjadi barang ekonomis. Sedangkan air juga dicontohkan sebagai salah satu barang illith karena air memiliki 3 sifat barang illith.

Jika air berada dalam porsi yang pas, maka akan bermanfaat bagi manusia. Jika air dalam jumlah yang sedikit, maka manusia akan sengsara. Sedangkan jika air datang dalam jumlah besar, misalkan banjir, maka dapat mengancam nyawa manusia.

2. Api

Sudah pasti api akan dibutuhkan manusia, namun tentu harus dalam porsi yang pas. Karena jika dalam porsi berlebih, contoh kebakaran, akan meningkatkan potensi ancaman nyawa bagi manusia. 

3. Sinar Matahari

Contoh selanjutnya adalah sinar matahari dimana barang ini sangat dibutuhkan dalam porsi pas. Jika berlebihan justru akan berbahaya karena menyebabkan bencana kekeringan, sedangkan jika kurang maka manusia akan sengsara.

Nah bagaimana? Sekarang sudah paham kan apa yang dimaksud dengan barang ekonomi, barang bebas dan barang illith? Semoga uraian ini dapat membantu Kamu memperluas wawasan ya.

Artikel Lainnya