Mengenal Apa Arti Rekber dan Cara Kerjanya

Ilustrasi orang bertransaksi menggunakan rekber
Mengenal Apa Itu Rekber dan Cara Kerjanya. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Saat kamu berbelanja di e-commerce, tentunya kamu pernah mendapatkan notifikasi untuk segera mengkonfirmasi jika barang yang kamu pesan sudah diterima bukan?

Pilihan pembayaran saat berbelanja di e-commerce juga sangat beragam pilihannya.

Saat berbelanja di e-commerce, kamu juga tidak pernah mengirim dana pembayaran langsung ke rekening yang beratasnamakan pihak penjual. Kamu selalu diarahkan untuk melakukan pembayaran sesuai dengan rekening bank yang sudah disediakan.

Tahukah kamu bahwa semua hal tersebut terjadi karena adanya penggunaan rekening bersama atau rekber?

Apa sebenarnya arti rekber tersebut? Berikut ulasan lengkap mengenai rekening bersama.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Rekening Koran dan Kegunaannya

Apa Itu Rekening Bersama (Rekber)

Ilustrasi rekening bersama
Apa itu rekening bersama. Photo by Pixabay

Arti rekening bersama atau rekber merupakan rekening yang beratasnamakan lebih dari satu orang. Biasanya rekening ini digunakan oleh mitra kerja ataupun pasangan.

Jika digunakan untuk kebutuhan mitra kerja, rekening bersama memiliki fungsi sebagai pihak ketiga. Rekening bersama memiliki peran sebagai penyimpan dana selama bisnis antara mitra kerja berlangsung.

Proses kerja rekening bersama tentunya sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak. Namun pada umumnya, saat ada transaksi pembelian dari pembeli, dana tersebut tidak dilangsung diterima oleh pihak penjual. Dana tersebut akan disimpan terlebih dahulu di rekening bersama.

Setelah pihak pembeli menerima barangnya dan sudah mengkonfirmasikannya, maka uang yang ada di rekening bersama akan ditransfer ke rekening penjual. Sehingga semua pihak akan mendapatkan keutungan dari transaksi ini. Pihak pembeli mendapatkan barang yang dibeli, pihak penjual mendapatkan uang pembayaran dan pihak layanan rekening bersama mendapatkan komisi dari pelayanannya.

Seperti gambaran yang sudah dijelaskan, rekening bersama sering digunakan oleh perusahaan e-commerce. Tidak hanya itu, bank juga menjadi salah satu penyedia layanan rekening bersama.

Jika rekening bersama digunakan untuk kepentingan pasangan maka fungsinya menjadi dana cadangan. Pemilik rekening bersama dapat melakukan transaksi dan laporan keuangannya dapat diakses bersama.

Bagaimana Cara Kerja Rekening Bersama?

Kemudahan menabung di bank
Cara kerja rekening bersama. @pampouks

Cara kerja rekening bersama pada dasarnya sangatlah mudah. Secara singkatnya, cara kerja dari rekening bersama adalah pihak penyedia rekber akan menjadi perantara antara pihak penjual dan pembeli.

Dalam kegiatan ini tentunya harus memiliki rekening bank bahkan dapat membuka rekening bank lebih dari satu. Rekening bank tersebut akan menyimpan dana hingga transaksi antara kedua belah pihak sudah terjalin dengan baik.

Namun lebih rincinya, cara kerja rekening bersama sebagai berikut;

  • Pihak pembeli yang membeli suatu produk di toko online tentunya harus melakukan pembayaran. Dana dari pembayaran tersebut akan dikirimkan oleh pihak pembeli ke rekening yang disediakan oleh pihak penyedia layanan rekening bersama.
  • Pihak penyedia layanan rekening bersama dapat menyediakan baik satu ataupun lebih akun rekening bank yang akan digunakan untuk menyimpan dana dari konsumen. Konsumen berhak memiliki salah satu dari bank yang sudah disediakan.
  • Pihak penyedia layanan rekening bersama akan memberi tahu pihak penjual bahwa dana dari pembeli sudah masuk ke dalam rekening bersama. Oleh karena itu, pihak penjual harus segera mengirimkan produk yang dipesan oleh pihak pembeli.
  • Setelah barang diterima oleh pihak pembeli, maka pihak pembeli harus melakukan konfirmasi kepada pihak pemberi layanan rekening bersama.
  • Setelah pihak pembeli melakukan konfirmasi, maka pihak penyedia layanan rekening bersama akan memindahkan dana pembayaran ke akun rekening penjual.

Keuntungan dan Kerugian dari Rekening Bersama

perusahaan yang terdaftar di OJK.
Keuntungan rekening bersama. Photo by Pexels

Tujuan dari adanyanya layanan rekening bersama adalah untuk membantu dan melindungi antara pembeli dan penjual saat bertransaksi online. Tidak hanya itu, rekening bersama juga memiliki keutungan seperti;

  • Menjaga dan meningkatkan rasa kepercayaan antara pihak pembeli dan pihak penjual saat ingin membeli dan menjual barang secara online.
  • Meningkatkan kredibiltas pihak penjual dimata pembeli.
  • Menghindari potensi adanya kecurangan diantara kedua belah pihak.

Dibalik keuntungannya, tentunya setiap sistem ataupun layanan tetap memiliki kekurangan. Sebagai pihak penjual dengan adanya sistem rekening bersama dapat menghambat aliran kas (cash flow). Hal ini dikarenakan dana akan tertahan di rekening bersama hingga adanya konfirmasi dari pihak pembeli.

Demikian penjelasan singkat mengenai arti rekber, cara kerja, dan keuntungan serta kerugiannya. Semoga menambah wawasanmu.

Artikel Lainnya