Tips Hadapi Promo Akhir Tahun Agar Kantong Tidak Jebol

Poster diskon
Tips Hadapi Promo Akhir Tahun Agar Kantong Tidak Jebol. Photo by Freepik
Waktu baca: 3 menit

Promo akhir tahunan kerap diberikan. Ini menjadi momen bagi masyarakat untuk melakukan pembelian. Sayangnya, promo seperti ini sering membuat seseorang kalap. Supaya tidak terjadi lagi, kamu bisa menerapkan tips untuk hadapi promo akhir tahun ini.

Faktanya, berbagai pusat perbelanjaan sering menawarkan diskon akhir tahun besar-besaran. Tujuannya agar produknya laku terjual sebelum pergantian tahun.

Sejalan dengan kondisi tersebut, momen ini pun sering dimanfaatkan untuk berburu produk impian. Tetapi, kamu harus cermat dalam mewujudkan impian tersebut. Yakni, kendalikan diri dan pastikan untuk mengelola keuangan sebaik mungkin.

Pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi tips untuk hadapi promo akhir tahun secara bijaksana. Tujuannya agar keuangan keluarga tetap stabil sehingga tidak menyulitkan dalam pemenuhan kebutuhan harian.

Baca juga: Ingin Belanja Online Lebih Mudah? Yuk Simak Tipsnya di Sini

Tips Hadapi Promo Akhir Tahun

Diskon
Tips Hadapi Promo Akhir Tahun. Photo by Freepik

Di tengah ramainya penawaran produk murah seperti di promo 11.11 atau semacamnya, kamu harus cerdas dalam membelanjakan uang. Jangan sampai penawaran produk yang murah malah merugikan diri sendiri. 

Jika dihadapkan pada promo seperti ini, lakukan beberapa hal berikut ini agar keuangan tetap terjaga.

1. Buat List Produk Impian

Tidak ada salahnya untuk melakukan pembelian di momen ini. Karena, banyak sekali diskon yang bisa dimanfaatkan untuk menghemat biaya pembelian.

Meskipun begitu, tetaplah berpikir secara sadar. Ini juga lebih penting untuk mengendalikan diri dari kalap melakukan pembelian.

Sewaktu dihadapkan pada momen seperti ini, langkah terbaiknya adalah membuat list produk yang ingin dibeli. Fungsinya supaya kamu hanya fokus membeli barang yang dibutuhkan, bukan barang yang diinginkan.

2. Periksa Barang yang Sudah Kamu Miliki

Langkah selanjutnya adalah memeriksa barang yang hendak dibeli. Perhatikan apakah barang tersebut sudah dimiliki atau belum. Jika memang sudah dimiliki, baiknya dihapus dalam daftar pembelian.

Atau, bisa juga masuk dalam kategori pembelian utama. Syaratnya, barang tersebut memang sudah usang dan perlu diperbarui lagi.

3. Cari Tahu Harga Aslinya

Sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu di momen promo, lakukan riset mengenai harga sebenarnya dari produk yang diincar. Cari tahu harganya dan bandingkan mengenai nilai potongan harga yang diperoleh.

Hal ini sangat diperlukan supaya kamu tidak tertipu dengan potongan harga yang ditawarkan. Karena, ada sebagian penjual yang sengaja menaikkan harganya lebih dahulu sebelum memasang promo sekian persen.

4. Siapkan Anggaran untuk Belanja

Tips lainnya adalah mempersiapkan anggaran untuk belanja. Ini harus dipersiapkan secara matang. Persiapan ini memungkinkan kamu untuk membelanjakan anggaran sesuai dengan kemampuan.

Perlu diingat bahwa anggaran belanja setiap orang itu berbeda-beda. Cobalah lihat dari anggaran belanja bulanan secara rutin. Dari sini, kamu bisa mengenali biaya yang harusnya dikeluarkan pada momen tersebut.

Jika memang ingin mengeluarkan dalam jumlah besar, usahakan agar menahan diri untuk membeli sesuatu di bulan sebelumnya. Asumsinya, anggaran belanja di bulan sebelumnya tidak dihabiskan. Melainkan disimpan untuk berbelanja di bulan penuh promo.

Sederhananya, uang yang dibelanjakan pada bulan promo tersebut memang diperuntukkan untuk belanja. Dengan begitu, kestabilan dari keuangan masih akan terjaga.

5. Hindari Pembelian Impulsif

Momen di mana pusat perbelanjaan menawarkan promosi produk besar-besaran, kamu harus bijaksana dalam melakukan pembelian. Usahakan agar tidak melakukan pembelian secara impulsif meskipun anggarannya tersedia.

Lakukan pembelian yang terfokus pada barang yang dibutuhkan. Kemudian, usahakan untuk membeli seperlunya. Yakni, tidak berlebihan yang membuat kamu bisa melewatkan pembelian produk yang lainnya.

Contohnya beli busana 1 buah saja. Itu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan fashion. Sisa uangnya bisa dialokasikan untuk membeli produk bermanfaat lainnya.

6. Hindari Bayar di Akhir

Tips terbaik untuk hadapi promo akhir tahun adalah dengan menghindari metode bayar di akhir. Ini dicontohkan dengan memanfaatkan kartu kredit.

Sebagai informasi saja, kartu kredit ini telah dimudahkan dalam pengajuannya. Ini memungkinkan seseorang bisa memilikinya. Tentunya, bisa memanfaatkannya untuk transaksi.

Tetapi, hal ini tidak disarankan penggunaannya pada hari di mana banyak promo diberlakukan. Alasannya untuk menghindari kebiasaan menghamburkan uang saat belanja.

Betapa tidak, kemudahan dalam bertransaksi secara non tunai terkadang membuat seseorang lupa akan konsekuensinya. Ketika dirinya merasa masih bisa membayar, maka kartu kredit ini akan terus digunakan.

Risikonya, kamu akan menanggung hutang yang cukup besar. Ini bisa menyulitkan dalam pelunasan. Bahkan, membuat catatan kredit semakin buruk.

7. Uninstall Aplikasi

Kenyataannya, tidak sedikit dari kita yang maunya check out melulu ketika melihat produk ditawarkan lebih murah. Jika kamu termasuk orang yang seperti ini, tidak ada salahnya untuk uninstall aplikasi terlebih dahulu.

Tips ini berguna untuk menghindari kebiasaan membeli tanpa pikir panjang. Bahkan, memungkinkan pengguna untuk tidak memperoleh notifikasi dari ecommerce atau semacamnya.

Di samping uninstall, coba berhenti langganan di sebuah aplikasi. Tujuannya juga sama. Yakni, menghentikan pemberitahuan mengenai adanya promo dari pembelian produk.

Setelah dinilai sudah terkontrol, kamu bisa mempertimbangkan untuk menginstallnya. Nantinya, gunakan secara bijak agar keuangan keluarga bisa stabil.

Demikianlah beberapa tips yang bisa diterapkan untuk hadapi promo akhir tahun. Terapkan secara tepat agar tidak tergiur dengan promo yang bisa membuat kantong kering.

Mungkin Anda juga menyukai